Setelah beberapa part yang aku publish, aku menyadari bahwasanya penting untuk membuat chapter khusus mengenai hal penting dari cerita ini agar pembaca tidak salah lapak atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.
1. Mature Content
dari awal publish sebenarnya aku sudah buat di kolom kategori kalau cerita ini memiliki konten dewasa tapi kayaknya masih ada yang belum benar-benar paham dengan kategor ini, dan berakhir dengan komen yang agak tidak mengenakan.
Jadi, aku mau negasin kalau konten dewasa itu ga melulu soal sex scene atau yang berbau ambigu-ambigu tapi juga termasuk pada perbedaan cara pandang, perbedaan latar belakang budaya dan pada hal-hal sensitif lainnya yang cukup membuat sebagian besar pembaca tidak nyaman. Adanya ketidaknyamanan ini yang kemudian membuat rating cerita dipersempit menjadi 18 tahun keatas.
Kenapa 18 tahun keatas? karena didasarkan oleh hukum negara dan juga faktor psikologis, mereka yang berusia 18 tahun keatas sudah dianggap dewasa dan dapat berpikiran terbuka sehingga bisa memilah mana hal yang baik dan tidak.
Kalau belum 18 tahun tapi sudah bisa berpikiran dewasa gimana kak?
Ya gapapa, kalau kalian sudah cukup terbuka dengan hal-hal sensitif dan mampu memilah mana yang baik dan tidak, aku juga tidak akan melarang kalian untuk baca cerita ini.
Kenapa harus dibikin konten dewasa sih kak? Ya karena plot dan alur ceritanya sangat kental dengan hal-hal sensitif maniezz,, lagian mana ada cerita hamil di luar nikah dikasih ke audience umur 10 tahun :( digeplak kpai saya.
2. Harsh word/Kata-kata kasar
ini juga yang paling sering aku jumpai di beberapa part terakhir wkwkwkk padahal mah di keterangan cerita juga udah aku kasih warning soal kata-kata kasar tapi masih ada yang salty soal ini (i can differentiate between yang becanda dan yang beneran salty) jadi please, kalau emang kalian ga nyaman dengan kata-kata kasar yang aku gunain apapun alasannya, just leave this story.
Gapapa kok kalau kalian ga baca cerita ini:) ga bakal ngaruh ke nilai sekolah atau kuliah atau kerjaan kantor kalian
3. Kalau tidak nyaman, gausah dilanjutin bacanya yaaa
Ini bukan karena aku sebel atau kesel tapi ini demi kalian juga. Aku suka baca dan aku paham bagaimana sebuah cerita atau buku bisa mempengaruhi cara berpikir kita, jadi kalau emang kalian ga terbiasa dengan tema dari cerita ini dan merasa ga nyaman, aku sarankan untuk tidak melanjutkan cerita.
last not least, kalau point-point diatas gaada masalah di kalian, then selamat membaca
KAMU SEDANG MEMBACA
[01] PREGNANCY (jjh.lmb)
FanfictionDua garis merah yang tertera di alat pendeteksi kehamilan, membuat Lisa tidak mempercayai penglihatannya. Pusat sarafnya menolak untuk percaya, namun fakta tetap tidak berubah: ia hamil. Seharusnya Lisa bahagia, namun hal itu tidak dapat ia rasakan...