21. New Start

167 25 11
                                    

"Jooo makan Jooo ntar ga ayah kasih royal canin lagi nih,"

Ancaman bagus, hooman.

Main rumah-rumahan sama Kia dan Jojo—kucing putih seperti salju ini sebagai anak jadi keterusan sampai sekarang. Setelah gue menikah kemarin, dua bulan kemudian gue dan Kia kembali ke Jerman untuk jenguk Ayah sambil ngurus dokumen Jojo biar bisa dibawa pulang. Untung Ayah mau ngurusin dokumennya sih, jadi pas gue ke sana tinggal ambil Jojo aja dan menetap selama seminggu di flat.

Jojo nyamperin gue dengan langkah kecilnya setelah makanannya  dia gue tuang di mangkok khususnya. Malem-malem, ngambil libur, ngurus Jojo, dibikinin kopi sama Kia.. mantep abis. Gue menghidupi kehidupan sebagai bapak-bapak abis.

"Makan yang bener ye Jo, ayah banting tulang beli makanan kamu nih," kata gue sambil ngelus-ngelus Jojo.

"Apaan sih ini obrolannya," Kia baru sempet keluar karena abis mandi. Dengan bawa laptop dan segala berkasnya, ia kayaknya bakal begadang lagi nih. Soalnya akhir Agustus - awal September itu lagi musim ujian tengah semester.

Nah kerjaannya Kia ini bahkan kadang lebih ribet dari gue. Kalau masanya kenaikan kelas, gue suka bantuin dia input nilai, atau bahkan nyiapin kado buat murid yang jadi peringkat satu di kelasnya. Katanya biar anak didiknya yang lain termotivasi.

Gue sih, kalo jadi guru, pasti dimusuhin sama muridnya. Gue gabakal bersikap sebaik dan seramah Kia soalnya.

"Si Hira gimana ya. Kemarin aku denger dia udah berangkat ke rumah sakit," ujar Kia.

Iya juga ya. Kemaren gue di telp Jungkook antara jam 11 malem. Tapi gegara kemarin udah capek banget ngelayanin banyak pasien, gue abaikan aja telponnya dan ga buka hape lagi sepulang dari kerja. Kia begadang aja gue tinggal tidur.

"Bentar," gue ambil hp gue dan kembali ngeliat telponnya Jungkook semalem yang enggak gue angkat. Gue langsung chat aja.

 Gue langsung chat aja

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Ya, si Hira lahiran

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Ya, si Hira lahiran. Si Jungkook minta ditemenin katanya sendirian, kamu mau ikut ga?

"HAH?" Kia kaget.

"Hira lahiran. Mau ke RS ga? Kasian Jungkook dia nitip nasi ama aku," kata gue, ngulangin perkataan karena Kia barusan kaget.

Kia auto nutup laptop, "AYO!"

"Gapapa? Kerjaan kamu gimana?"

"Besok lagi aja! Ayo buru!!!"

Buset semangat banget, Bu. Gue dan Kia langsung siap-siap buat pergi ke rumah sakit dimana Hira mau bersalin.

.
.
.

Jojo gue titipin di rumah orang tuanya Kia buat sementara. Beruntung Ayah juga suka ngurus kucing karena gue gatau mau nitip dimana lagi. Soalnya gue juga gatau bakal nungguin Hira ampe bayinya lahir atau gimana. Tapi kalau Kia sih jangan tanya, dia pasti pengen liat bayinya Hira. Jadi otomatis gue juga ikut sama Kia.

Hadeuh, ngantuk bre. Untung besok gue masih libur.

Gue lagi nemenin Jungkook makan nasi bungkus yang tadi dia titipin ke gue. Sementara Kia masuk ke ruang rawat buat nemuin Mamanya Hira dan Hira sendiri.

Jungkook tu laper. Tapi dia kek pucet banget. "Laper? Lo dah nyiapin semuanya kan?"

"Yaiyalah gila, sebenernya kemaren malem gue nelpon tuh pengen nanya ama lo, si Hira udah kontraksi tapi kek masih bentar bentar gitu. Dan tadi pagi masih gelap si Hira bilang kontraksinya makin parah makanya gue bawa ke rumah sakit. Kirain lahirnya bakal hari ini, tapi keknya besok sih," kata Jungkook.

Gue ngangguk paham, "Hmm... Gitu.." gue liat HP.

31 Agustus. Besok 1 September.

"Lah, besok lo ulang tahun nying,"

"Ah," dia kembali memusatkan fokusnya sama nasi, "Kapanpun lahirnya gue bakal nangis lah," kata dia.

Gue ketawa kecil. Jungkook ini, ga nyangka gue. Yang selama ini jadi adek gue sekarang bakal jadi ayah. Aneh soalnya mukanya dia masih kaya bayi. Padahal udah kepala dua. Masa bayi mau punya bayi sih.

"Gimana, Kook?"

"Apanya?"

"Lo bentar lagi jadi orang tua," Tanya gue.

"Degdegan parah, kek mau mati. Padahal yang lagi ngerasain mau mati si Hira, kan," katanya santai, gampang banget bilang gitu. "Gatau deh, campur aduk banget perasaan gue," lanjutnya.

Kok kayak gaada panik-paniknya ya ni anak. Padahal pas di chat tadi kayak paniknya bukan main.

"Hm, gitu,"

Gue mengangguk. Belum paham, si. Tapi pengen juga ngerasain gimana rasanya jadi ayah dari bayi manusia, bukan kucing kaya Jojo.

"Jungkook, masuk gih. Temenin Hira, mama pulang bentar ya nanti kesini lagi, mau ngambil baju,"

Sesaat kemudian, ada mamanya Hira sendirian. Gue jarang liat bokapnya, mungkin karena beliau masih melaut—kalo kata Jungkook. Iya, bapaknya Hira kerja di laut. Gak lama kemudian gue liat Kia ngikut di belakang dan Jungkook langsung masuk buat nyusul Hira. Gue langsung nyamperin Kia dan salam ke mamanya Hira.

"Pada mau pulang?" Tanya Mama Hira.

"Saya kasian sama Jungkook, tante. Sendirian," kata gue. Kia menyetujui pernyataan gue.

"Emang besok pada ga kerja?" Tanyanya lagi.

"Saya sih masih libur, nih Kia yang lagi musim ujian..." Kata gue ngelirik ke Kia yang cengengesan.

"Gapapa tante, mau nemenin Hira aja..." Katanya.

Untung aja ujian di sekolahnya Kia itu online. Jadi bisa ditinggal. Coba kalo masih paper... Duh, tidur aja enggak bakal sempet kalo kata Kia.

"Yaudah minta tolong ya, nanti tante balik lagi kesini sebentar. Mau ngehubungin papanya Hira juga,"

Kia langsung semangat buat nemuin Kia lagi dan gue ngikut langkah cepetnya itu. Ya. Hira yang lahiran, gue yang deg-degan. Gimana kalo Kia coba, gue yang dokter aja keknya gabakal sanggup ngeliat dia kesakitan.

Duh, ya. Bener. Gabakal sanggup.

.
.
.

Berhubung Hira lahiran, ponakanku hari ini baru lahir juga 😚Thank you!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Berhubung Hira lahiran, ponakanku hari ini baru lahir juga 😚
Thank you!

SERENDIPITYTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang