Bab 6

42 8 0
                                    

Selamat Membaca

"Nah, ini nih," seru Rayna, mengagetkan Rexa yang baru saja memasuki kelas 11 MIPA 1. "Yang ditunggu akhirnya dateng juga,"

Rexa yang terkejut memegangi dadanya, sambil berusaha mendudukkan dirinya pada bangku di sebelah Rayna. Sedetik kemudian, Rexa sudah dikerumuni oleh teman sekelasnya. Terutama yang kemalasannya sudah terkenal sampai ke telinga guru-guru.

"Ngapain pada kesini, pengap gue woy jangan deket-deket," kata Rexa panik sambil berusaha mengusir teman-temannya yang mengerubunginya.

"Hehe, Re. Ajarin PR fisika dong," seru Johan.

"Hooh nih, kita pada gak paham,"

"Sini, gue ajarin. Btw, napa gak dari kemarin. Bukannya mau dikumpulin hari ini, ck ck ck," Rexa menggeleng-gelengkan kepalanya.

"Lupa gue, kemarin anak tetangga ngajakin mabar sih," Johan memutar bangku kosong di depan Rexa dan mendudukinya.

"Sama Jo, gue juga lupa. Tadi malam sempet inget sih kalo ada tugas. Tapi gue udah ngantuk banget gara-gara nyokap ngajakin nonton drakor sampe malem," balas Mia tak mau kalah.

Rayna yang daritadi sibuk membaca novel kesayangannya pun terganggu dengan celotekan antara Johan dan Mia. "Katanya minta diajarin, kenapa kalian bukannya nyimak ajaran Rexa malah sibuk sendiri. Kagak ngehargai ya lo," kata Rayna bersungut-sungut tak mau aktivitasnya terganggu.

Rexa memutar buku Johan yang semula ia coret-coreti, "Nih, caranya digambar dulu grafiknya biar paham. Dah, kalo kaya gini kan gampang nyimpulinnya. Lalu masuk ke rumus. Ini sama dengan ini. Ini kali ini bagi ini sama dengan...,"

"Eh Re, berhubung mau bel gue nyontek punya lo aja ya. Kan sama aja, lo udah ngajarin gue,"

Rexa menatap Johan tajam ingin rasanya ia menggigit cowok dihadapannya itu, "Udah susah susah gue ajarin eh akhir-akhirnya karna gak paham minta contekan. Dari awal kek bilang gitu. Gue gak bakal capek-capek ngomong sampe berbusa, ngitung sampe pegel, dan gue juga gak bakal mikir sampe butek begini pagi-pagi,"

"Elah sombong banget lo, kagak bisa diajak kerja sama,"

Rexa memukul meja, tidak terlalu kencang tapi cukup untuk membuat semua pasang mata menatapnya. Sedangkan Johan menggaruk-garuk belakang kepalanya, tak tau dimana letak kesalahannya.

"Kerja sama kata lo? Heh. Mikir deh pernah gak sih gue minta contekan sama lo?"

"Enggak sih, enggak pernah," kata Johan takut-takut.

"Kerjasama itu semua aktif, gue nyontek lo, lo nyontek gue. Kalo gue aja belum pernah nyontek lo jangan mimpi gue kasih contekan. Kerja sama itu mutualan saling membutuhkan, saling membantu, saling memberi... Bukannya jadi parasit. Lo untung gue rugi. Kalo minta ajari sini, gue gak masalah malah dapet untung karna bisa nambah amal jariyah, ya kan. Bukannya gue sombong ato sok suci tapi coba balikin ke diri lo deh, emang lo mau dicontekin terus padahal lo belum pernah nyontek dia sama sekali?"

"Sorry Re. Iya-iya gue ngaku salah,"

Rexa mengacungkan jempolnya, "Gue kasih apresiasi buat lo pertama karna lo berani minta maaf dan kedua lo berani ngomong di depan daripada di belakang," kata Rexa sambil menengok geng Luna di samping jendela kelasnya. Rexa yakin sekali jika tadi ia sempat mendengar Luna dan teman segengnya sedang menjelek-jelekkan dirinya kepada setiap siswa yang bertanya tentang keadaan kelasnya yang terlalu ramai itu.

Tiba-tiba telapak tangan Rexa terasa dingin, "Noh cobain dulu bobanya, biar adem," kata Altaf yang sudah berada di samping Rexa sambil memamerkan giginya. Rexa tertawa kecil, dan menerima pemberian itu.

AdeRa [End]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang