Setelah anak-anak khatam al-quran, tepatnya saat itu kami duduk di kelas 6 sd pengajian umi Ratna gapernah buka lagi, karena dia pindah rumah.
Tapi gue dan temen-temen, sama anak cowo juga tetep sering main bareng.
Main kejer-kejeran, petak umpet, sepak tekong, semuanya.
Main hamil-hamilan pun juga masih. Padahal kami udah kelas 8 smp.
Sampai malam itu, akhirnya kami ngumpul di rumah Echa dengan lengkap untuk terakhir kalinya.
Zaki ngga bisa nyembunyiin raut sedihnya dia. "pasti lo bakal jarang deh main kesini lagi, karena tante lo pindah"
Jojo medengus. "ya.. Mau gimana lagi?"
"kita semua pasti bakalan kangen sama lu, Jo" kini Rafael yang ngomong.
"gua juga bakal kangen sama kalian lah"
Jojo ngeliat gue yang diam tanpa suara. Jujur, gue sedih banget dia harus pergi. Karena gue ngga punya lagi temen berantem.
Dani meluk Jojo. "ngga kerasa udah bertahun tahun aja kita kaya gini"
"kita masih bisa ketemu aelah, nanti kalo sempat gue mampir" kata Jojo.
Dani mayunin bibirnya. "bakal kangen gue liat laki bini gelud"
"hilih" sindir gue.
Jojo senyum. "gue bakalan kangen jahilin lo"
Setelah kumpul-kumpul bubar dirumah Echa.
Gue duduk berdua sama Jojo di depan halaman rumah tante Jojo, karena ortunya gue lagi keluar rumah malam itu. Jadi disuruh nunggu di rumah Intan.
"pasti gue bakal kangen banget sama lo" kata Jojo tiba-tiba.
Gue mendengus. "apasih gajelas banget lo!"
"tante gue bakal pindah jauh loh ke Batam, padahal cuman pas main disini gua bisa ngeliat lo, dan ketemu sama lo. Karena rumah gue aslinya di luar kota"
"oh gak nanya. Intan mana sih? Males banget gue duduk bareng lo kaya gini" gue celingak-celinguk mencoba untuk ngga peduli.
Jojo senyum. "Dia di dalem, beresin kamar. Lo cuek-cuek sama gua ntar kangen loh"
"halah bacot. Malah gue bahagia karena gabakal ada yang gangguin gue"
Jojo berdiri dari duduknya. "asal lo tau, yang di bilang Zaki beberapa tahun itu emang bener"
Gue bingung dan nginget bagian mana yang gue lupa.
"gue sering gangguin dan jahilin lo, sampe lo benci sama gue. Karena gue suka sama lo"
"gue beneran suka sama lo. Karena abis ini gue rasa kita gabakalan ketemu lagi.. Ngga ada salahnya gua buat jujur kan?" tanya Jojo.
"seenggaknya lo harus tau, gue suka sama lo. Sampe detik ini"
"ngga tau kalo nanti, besok, atau setahun kemudian..."
[Flashback off]
Itulah malam yang paling gue inget.
Malam terakhir gue ngomong sama Jojo. Dia ngungkapin perasaannya ke gue, dengan gue yang diem doang tanpa ngomong apapun.
Dan diam adalah kesalahan terbesar gue.
Karena sebenernya gue juga suka sama Jojo, gue sadar sama perasaan gue sendiri setelah Jojo pergi.
Semenjak malam itu, gue ngga pernah lagi ngeliat muka Jojo.
Dan Jojo ngingkarin ucapan dia untuk datang dan berkunjung, gue selalu nunggu dia balik untuk bilang perasaan gue yang sebenernya ke dia secara langsung, supaya dia tau kalau gua juga suka sama dia.
Nyatanya itu mimpi gue doang, karena tahun udah berganti gue tetap ngga pernah ketemu dia.
Jojo bahkan ngga pernah ngehubungin salah satu dari kami melalui via apapun.
Sampai akhirnya gue denger kabar dia pacaran sama anak terkenal dari smp gue, hati gue sakit banget dan itu berakhir dengan gue yang nangis sejadi-jadinya di rumah Echa, ditemenin sama Aura juga.
Padahal gue selalu nunggu dia untuk balik, dan ngejaga perasaan gue. Akhirnya itu semua sia-sia.
Semenjak itu gue jadi ngebenci dia. Sangat.
Tahun berganti lagi dan lagi, hidup gue akhirnya berjalan normal. Sampai gue menginjak kelas sebelas SMA. Dia datang lagi.
Jo, gue udah bahagia tanpa lo. Kenapa lo harus balik lagi ke hidup gue?
KAMU SEDANG MEMBACA
MY OLD FRIEND [END]
Teen Fiction[SHORT STORY] 🚫yang humornya dolar ga usah baca Gendre : gaje, boring diawal doang aelah, mengandung banyak glukosa, moodboster lah ya, gasuka yang serius soalnya kalo serius itu perasaan aku ke kamu, receh kaya uang di saku, ga terlalu banyak dra...