Tipe : Repackage
Artis : LOONA
Rilis :
- 19 Februari 2019 (digital)
- 26 Februari 2019 (fisik)
Direkam : 2018–2019
Durasi : 35:54
Label : BlockBerry Creative
Distributor : Kakao M
Status Album :
- Normal A, B: Habis Cetak
- Terbatas A, B: Tidak Cetak
1. Pernyataan Umum
[XX] (multiple multiple, Hangul: 멀티플 멀티플), kadang-kadang bergaya [× ×], adalah album repackage dari mini-album debut [+ +] LOONA.Album ini dirilis secara digital pada 19 Februari 2019 bersama dengan video musik lagu utama, 'Butterfly'. Namun, perilisan album fisik ditunda; Versi normal A tersedia pada 21 Februari, sedangkan versi Normal B dan Terbatas A dan B dirilis pada 26 Februari. Pada titik tertentu, pencetakan beberapa edisi terhenti.
Edisi terbatas dari album ini mencakup 2 track tersembunyi: 'Stay With Me Babe' pada versi Limited A dan 'Daydream' pada versi Limited B. Kedua cuplikan tersebut berfungsi sebagai pratinjau dari album balada yang akhirnya dibatalkan, LOONA the Ballad.
2. Deskripsi
Meskipun [+ +] menggambarkan penjumlahan dasar satu sama lain, [XX] adalah perkalian terapan satu sama lain.3. Daftar Lagu
1. 'XX' - 0:48
2. 'Butterfly' - 3:57
3. '위성 (Satellite)' - 3:09
4. 'Curiosity' - 3:09
5. '색깔 (Colors)' - 3:15
6. 'Where you at' - 3:27
7. 'Stylish' - 3:29
8. 'Perfect Love' - 3:34
9. '열기' - 3:30
10. 'FavOriTe' - 3:14
14. 'Hi High' - 3:16
15. '+ +' - 00:58Trek tersembunyi
1. 'Stay With Me Babe' - 0:40 (Terbatas A)
2. 'Daydream' - 0:40 (Terbatas B)4. Fun Fact
- Lagu-lagu tersebut dibawakan di LOONAVERSE Concert sebelum resmi dirilis.
- Tiket konser LOONAVERSE habis terjual hanya dalam waktu beberapa menit.
- Album ini memiliki empat versi fisik:
~ Versi normal A : Photobook versi A dan 1 dari 12 versi photocard A.
~ Versi normal B : Photobook versi B dan 1 dari 12 versi photocard B.
~ Versi terbatas A : Photobook versi A, 1 dari 2 versi terbatas photocard dan lagu bonus A terbatas.
~ Versi terbatas B : Photobook versi B, 1 dari 6 versi terbatas photocard B dan lagu bonus B terbatas.
- Video musik untuk TXT Blue Orangeade menampilkan kode batang [XX] pada detik 1:47.
- Pada [+ +], '열기' terkadang berjudul '열기 (9)'. Pada [XX], '열기' adalah track kesembilan.
- Pada 17 Oktober 2019, 8 bulan setelah album dirilis, [XX] mencapai #1 di chart album semua genre iTunes di AS. Ini mengalahkan rekor asli #2 ketika dirilis. Rekor tersebut juga menjadikan LOONA girl grup Korea ke-3 yang pernah melakukannya, setelah Red Velvet dan TWICE serta menjadikan mereka grup kpop ke-7 (overall) yang mencapainya.
- LOONA menjadi girlgroup Korea pertama yang berhasil memuncaki chart iTunes US Album dan Single serta menjadi girlgroup kedua (worldwide) setelah Destiny Child yang berhasil melakukannya (Melalui album [XX] dan single '365' pada Desember 2019).
- MV 'Butterfly' masuk dalam salah satu MV Kpop dengan visual terbaik versi CNN Indonesia.
- Album [++] dan [XX] berhasil terjual sebanyak 100 ribu keping album (April 2019).
- Album [XX] berhasil menduduki #1 chart iTunes di 33 negara.
- Album [XX] telah diputar sebanyak 10 juta kali di Spotify (April 2019).
- 'Butterfly' masuk dalam '5 Lagu Yang Membuat Teman Menjadi K-pop Fan' oleh American Broadcast PBS' News Hour (Maret 2019).
- Menurut Nielsen Music, album [XX] sudah terjual sebanyak 3000 keping album di Amerika hanya dalam waktu 3 hari setelah rilis (Maret 2019).
- Total streaming keseluruhan album [XX] selama 10 hari setelah rilis di Genie adalah 497.825 stream (Maret 2019).
- LOONA berada di peringkat 4 Melon Artist Chart (Februari 2019).
- Album [XX] berhasil memuncaki tangga lagu Worldwide iTunes (Februari 2019).
- 'Butterfly' telah di streaming sebanyak 20 juta kali di Spotify (Mei 2020).
- Hanbit / Korean Orbit menyebut Butterfly sebagai Zombiefly karena posisinya di Melon Chart selalu naik turun di interval 93-100 setelah berhasil naik ke posisi 68 (Februari 2019).
- Belum 24 jam setelah rilis, semua lagu di album [XX] telah mencapai lebih dari 1000 hati di situs Melon (Februari 2019).
- Di chart Bugs dan Naver, 'Butterfly' berhasil menduduki top 10 dan top 5 di chart (Februari 2019).
- MV 'Butterfly' direkam di 5 negara dan 5 benua berbeda untuk menunjukkan kebebasan dan keberanian tiap wanita di dunia.
- Sebelum dirilis, hastag #LOONA_BUTTERFLY menjadi trending twitter di seluruh dunia (Februari 2019).
- Album [XX] limited A, berada di peringkat 9 di Synnara (Februari 2019).
- LOONA berhasil memecahkan rekor sebagai grup dengan poin tertinggi dalam pre-voting The Show untuk promosi 'Butterfly' (Februari 2019).
- MV 'Butterfly' pernah berada di peringkat 1 viewers MV Kpop terbanyak di Youtube dalam kurun waktu 24 jam sebanyak 2.4 juta views (Februari 2019).
- 'Butterfly' masuk Top 10 single / lagu di tahun 2019 menurut IZM, situs kritik musik terbesar di Korea Selatan (Desember 2019).
- Album [XX] pernah berada di posisi 8 di Heatseekers Albums dan mendapat 721.000 audio atas permintaan lagu-lagunya (Maret 2019).
- Album [XX] berada di posisi 6 chart Billboard World Digital Song dengan penjualan 2000 kopi album 2 hari setelah rilis (Maret 2019).Vomment ya!
KAMU SEDANG MEMBACA
WORLD OF LOOΠΔ
NonfiksiSay Hi! Fly Like A Butterfly🦋 BURΠ YOURSELF🔥 Don't kill my vibe, that's a NO NO! We're about to paint the town🏛 #Midnightfestival FI!P that 🌱 Go slow with the bass LOONA OT12 FOREVER🔥🔥🔥 Buat yang kepo atau sudah jadi Orbit mampir dulu yuk! Th...