19. LOOΠΔ Member Position

429 34 28
                                    

Buat kalian yang udah jadi kpopers dari lama pasti nggak asing sama yang namanya posisi seorang member di grupnya. Biasanya mereka dibagi jadi beberapa bagian, misal vokalis, dancer, rapper dan lain sebagainya.

Tapi waktu aku ngestan LOONA, semua itu nggak ada guys. Bener-bener nggak ada, sampe kadang aku bingung mana yang vokalis, siapa yang dancer dan lainnya. Karena banyak yang sotoy dengan bilang 'Heejin itu main vocal', 'Haseul itu lead rapper' dan lain-lain. Aku mau jelasin ya, LOONA sama sekali nggak punya bagian-bagian kaya gitu. Kecuali leader, maknae, maknae line sama unnie line.

Paham kan? Jadi LOONA nggak punya posisi official di grup selain yang udah disebutin. Tujuannya sih menurutku mungkin lebih ke perputaran. Jadi misal Jinsoul di comeback ini jadi lead vocal, di comeback selanjutnya mungkin jadi main rapper. Jadi menyeluruh gitu, merata, setiap membernya kebagian. Biar satu member kerjaannya nggak ngerap aja atau ngedance aja. Bisa dibilang juga berbagi tugas dan berbagi kesulitan (?) supaya tau sulitnya jadi ini itu gini dan lain-lain.

Tapi untuk sekarang masih belum berubah sih ya, katanya juga LOONA ada semacam universe baru yang kebuka dan kemungkinan posisi-posisi ini bakal berubah juga.

Oke, singkat aja. Disini aku mau jabarin posisi official sama posisi bikinanku sendiri. Kalo kalian nggak setuju, bisa langsung komen!

Official Position :

1. Leader
     - LOONA ⅓ : Haseul
     - OEC : Kim Lip
     - yyxy : Yves

Sebenernya Orbit banyak yang salah (mungkin aja malah aku yang salah, jadi mohon maaf) kalo Haseul itu leader LOONA, jadi seakan dia satu-satunya leader buat lingkup grup. Tapi menurutku enggak guys!

Karena LOONA terbagi menjadi 3 sub unit, setiap sub unit itu punya leader sendiri (udah official) yaitu Haseul di LOONA ⅓, Kim Lip di OEC, sama Yves di yyxy.

Jadi, karena LOONA udah debut jadi grup (ot12). Menurutku 3 leader tadi tetep ngejalanin tugasnya yaitu ngatur member di sub unit yang mereka pimpin. Tapi karena yang paling banyak disebut leader itu Haseul, kemungkinan susunannya gini.

1. Haseul
2. Kim Lip
3. Yves

Kenapa gitu? LOONA ⅓ bisa dibilang yang pertama dari 3 sub unit yang ada. Jadi otomatis leader LOONA ⅓ adalah leader pertama di LOONA dan punya pengalaman paling lama dari leader LOONA yang lain. Jadi karena itu susunannya juga bisa gini.

Kim Lip = Yves —> Haseul

= : posisi atau kedudukannya sama (misal sama-sama ketua tapi dalam bagian yang berbeda. Contoh, ketua bagian kebersihan sama ketua bagian keamanan).

—> : Punya posisi atau kedudukan yang lebih tinggi (misal, ketua kelas sama kepala sekolah).

Karena susunan diatas, kemungkinan Kim Lip sama Yves jadi leader itu masih dibawah komandonya Haseul, semacam co-leader gitu. Jadi tugas mereka sebenernya bantuin Haseul ngatur member atau ngasih speech dan lain-lain (misalnya waktu Haseul lagi absen kaya gini).

Tapi juga ada kemungkinan kedua dilihat dari tanggal lahir dan tahun. Tapi aku masih percaya buat susunan diatas karena lebih real seperti yang kita liat biasanya.

Terus kalo Yeojin gimana?

Buat Yeojin, sebenernya dia masuk ke member LOONA ⅓ karena debut di antara member ⅓. Jadi dia dibawah kepemimpinan Haseul.

Dan karena comeback So What dan Why Not Haseul nggak ikut promosi, tugasnya beralih ke Kim Lip sama Yves.

2. Maknae
Maknae-nya LOONA tentu aja Yeojin karena dia umurnya paling muda sendiri alias dia lahirnya paling terakhir diantara member LOONA lainnya.

Buat maknae line, ada Choerry, Olivia Hye, sama Yeojin (3 member paling muda di grup).

3. Unnie
Unnie-nya LOONA atau member paling tua di LOONA itu mbak Vivi. Sedangkan Unnie line-nya ada Vivi, Yves sama Jinsoul.

4. Center
Center LOONA itu Heejin untuk saat ini. Beberapa ada yang bilang udah official, tapi katanya bakal berubah nanti. Aku kurang tau sih, tapi aku liat beberapa kali mereka bilang kalo Heejin itu center LOONA dalam bentuk grup.






Unofficial Position (Buatanku sendiri atau aku susun sendiri) terserah kalian percaya atau enggaknya. Kalau kalian udah buat posisi versi kalian sendiri, boleh tulis di kolom komentar!

Disini aku susun buat yang vokalis, rapper, dancer dan posisi-posisi lainnya. Kebanyakan aku liat dari masa predebut, era debut mereka bingungin banget soalnya.

Vocalist line : Heejin, Haseul, Kim Lip, Jinsoul, Yves, Chuu

Rapper line : Heejin, Haseul, Yeojin, Jinsoul, Choerry, Gowon, Olivia Hye

Dancer : Heejin, Hyunjin, Yeojin, Vivi, Kim Lip, Choerry, Yves, Gowon, Olivia Hye

Visual : Heejin, Hyunjin, Vivi, Choerry, Jinsoul, Yves, Gowon, Olivia Hye

Center sub unit :
    - LOONA ⅓ : Hyunjin
    - OEC : Kim Lip
    - yyxy : Chuu

Face of the grup : Heejin, Yves, Chuu

Translator : Heejin (sedikit tau bahasa portugis), Haseul (fasih bahasa inggris), Vivi (fasih bahasa kanton, sedikit tau bahasa inggris), Choerry (sedikit tau bahasa inggris), Yves (sedikit tau bahasa inggris)

Juru bicara : Heejin, Haseul, Kim Lip, Yves, Chuu

Itu aja sih guys menurutku, sumpah bagian kek vocalist, rapper sama dancer tuh milihnya susah banget. Mereka semua bisa ngelakuin semua itu dengan baik, jadi jiwaku tuh kek ngerasa wajib masukin semua😭 tapi setelah dipikir baik-baik, mungkin kek gitu gambaran posisi LOONA saat ini menurutku. Kalo kalian punya versi kalian sendiri, jangan lupa komen ya!









Kalo ada yang mau nambahin, tulis aja guys!

Jangan lupa vomment!

WORLD OF LOOΠΔTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang