pilihan

1.1K 73 5
                                    

Anta mencari waktu bertemu papa mertuanya. Tanpa sepengetahuan Aby. Mereka bertemu di sebuah  restoran tertutup.
Anta benar-benar sedih melihat istrinya kemarin. Ia merasa harus bicara dengan papa mertuanya.

Aby nggak akan menangis seperti kemarin jika itu bukan hal yang berat buat dia. Anta berniat membuat Aby melupakan masa lalunya.
Memang rasanya nggak benar memisahkan anak dengan papanya. Tapi rasa sakit Aby terlalu dalam. Kalo papa mertua nya tidak bisa memilih,maka Anta menawarkan Aby yang memilih.

"Saya minta maaf pa,ganggu waktu papa." Ucap Anta.
"Gpp Anta. Maaf sudah buat istri kamu menangis kemarin."
"Papa tau Aby menangis?"
"Papa mengenal putri papa. Dia bisa bicara dengan dinginnya dihadapan papa. Dihadapan siapapun dia akan menunjukkan keberaniannya. Tapi setelahnya dia akan menangis sendiri. Dari kecil selalu seperti itu. Setelah berantem dengan temannya,dia dengan berani melawan. Tapi setelah pulang dia menangis ke papa atau mamanya. Dia pasti mencarimu kemarin."

"Saya tau Aby memberi papa pilihan yang sulit. Pasti sulit melepas wanita yang papa cintai.
Saya sedih melihat wanita yang saya cintai menangis seperti kemarin. Dia merasa tidak dicintai oleh papa. Sedangkan cintanya untuk papa sangat besar"

"Kamu tau papa sangat mencintai Aby,Anta." Sanggah papa.

"Buat Aby kata-kata tidak pernah cukup,pa. Dia sudah merasa begitu saat papa meninggalkannya dulu. Dia perlu bukti. Dia perlu bukti papa mencintai dia lebih dari apapun,lebih dari siapapun. Saya tau papa juga mencintai istri papa sekarang. Pasti sulit memilih cinta pada istri atau cinta pada anak. Saya tidak mau melihat istri saya tambah kecewa. Itu akan mempengaruhi masa depan kami nanti. Saya memberinya pilihan. Hidup sederhana dengan saya atau hidup mewah tapi menyimpan rasa sakit. Dia sudah memilih. Dia memilih bersama saya. Dia mau melupakan masa lalunya. Dia mau meninggalkan semua yang berhubungan dengan papa. Saya minta maaf karena sudah memintanya memilih. Saya hanya tidak mau Aby lebih kecewa kalo papa nggak bisa memberikan apa yang dia mau. Sekali lagi maaf pa."

"Dia memilih kamu dibanding saya?" Tanya papa kecewa.

"Pilihannya bukan antara saya dan papa. Pilihannya hanya masa depan yang lebih baik atau masa lalu yang menyakitkan pa. Lukanya begitu dalam,pa. Mungkin hanya waktu yang bisa sembuhkan lukanya. Kalau papa bisa memberikan apa yang dia inginkan mungkin akan lain ceritanya. Tapi rasanya papa nggak mungkin lakuin itu."

"Kamu benar. Pilihan itu sulit buat saya. Adelia, istri saya ada cinta pertama saya."

"Dan papa adalah cinta pertama Aby."
"Papa dan Adelia saling mencintai sejak SMP. Kami pacaran sampai lulus kuliah. Ternyata orang tua saya tidak setuju dengan Adelia. Dia meninggalkan papa dengan membawa benih papa. Orang tua papa menyingkirkan Adelia dari hidup papa. Mereka menjodohkan papa dengan mama Aby. Mama Aby wanita yang baik sehingga papa bisa melupakan Adelia. Papa mencintai mama Aby. Sampai Adelia kembali membawa putri papa,Della. Della sakit kelainan jantung dari lahir karena usaha Adelia mengugurkan kandungannya. Papa merasa bersalah. Dan cinta papa untuk Adelia  ternyata masih ada. Papa salah dulu begitu saja meninggalkan Aby. Sehingga membuatnya seperti ini. Della saat itu butuh perhatian extra dari papa dan Adelia. Sehingga fokus papa hanya mereka. Lalu Adelia hamil lagi. Della meninggal. Kalo papa tinggalin Adelia, papa takut Adelia nggak akan sanggup lagi menghadapi tekanan. Dia sudah pernah tertekan karena orang tua papa,tertekan karena menjadi orang tua tunggal dengan anak yang sakit-sakitan,tertekan lagi karena anaknya meninggal. Kalo papa tinggalin lagi,dia nggak akan sanggup hadapinya. Sama seperti kamu,tidak akan bisa melihat wanita yang dicintai tertekan."

"Anta paham,pa. Saya mohon maaf pa memberikan Aby pilihan itu. Dengan begitu Aby akan meninggalkan perusahaan papa. Dia tidak bisa maju jika masih ada bayangan masa lalunya."

"Perusahaan itu milik nya. Papa memberikan itu untuk Aby. Jangan dilepaskan"

"Lebih baik papa jelaskan itu pada Aby. Saya tidak mau ikut campur soal itu. Saya hanya mau istri saya lepas dari masa lalunya."

"Dengan pilihan yang dipilihnya itu artinya papa nggak bisa ketemu Aby lagi?" Tanya papa pelan seolah baru mencerna semua pembicaraan ini.

"Saya rasa begitu,sampai luka itu sembuh."
"Tidak bertemu Aby juga hal yang sulit buat papa." Gumam papa.

"Ada yang harus dikorbankan,pa. Papa dan Aby yang bisa memilih maunya bagaimana. Saya hanya penengah bagi papa dan Aby. Saya hanya mau melindungi Aby dari sakit dan kecewa yang lebih besar. Saya hanya tidak mau dibilang suami yang mau menguasai istrinya oleh papa. Saya minta tolong sama papa,jangan sakiti istri saya lagi. Jangan buat dia terluka semakin dalam. Karena akan sulit bagi saya nantinya menyembuhkan luka itu."

"Kasih papa waktu buat berpikir."

" Saya harap keputusan papa yang terbaik. Dan pertemuan kita ini,saya harap Aby tidak perlu tau."

"Jaga putri saya. Saya sangat mencintai Aby."

"Iya pa. Saya pasti jaga Aby. Saya pasti lindungi Aby. Apapun keputusan papa nanti, saya harap papa bisa menjalani pilihan papa dengan baik. Saya permisi,pa."

*****

Love You and Always Love You (Complete)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang