Puasa Pertama

1K 75 8
                                    

"Ummi mau kemana?"

Tatapan bertanya itu Hafidah berikan pada sang Ummi kala wanita dewasa itu hendak pergi keluar rumah.

"Ke pasar, kamu mau ikut? Sekalian Ummi mau beli bahan buat takjil nanti"

"Hafidah mau ikut, tungguin!"

Kaki nya beranjak cepat menuju kamar, memakai jilbab panjangnya juga kaos kaki yang tidak pernah tertinggal.

Hafidah Humairah, Gadis 18 Tahun yang tumbuh dengan sikap polos juga cerianya itu sudah menjadi ciri khas diri.

Terkadang wanita itu juga menjadi begitu cerewat di waktu-waktu tertentu.

"Ummi tunggu di luar ya, jalan kaki aja sekalian olahraga pagi"

"Iya Ummiii" Teriaknya begitu terdengar. Suaranya.. Bahkan tidak ada bedanya dengan sang Ummi.

Pagi hari di awal puasa memang sudah menjadi rutinitas Utfah pergi ke pasar untuk membeli bahan takjil.

Tetapi, bukankah seorang Ibu Rumah Tangga memang selalu pergi ke pasar ataupun tukang sayur untuk membuat lauk pauk? Ya, itu memang benar.

Namun di bulan Ramadhan ini sudah menjadi bulan yang berbeda dari bulan lainnya. Utfah akan membali banyak bahan makanan takjil untuk berjualan juga membagikan sebagian untuk sebagian orang di pinggir jalan.

Ya, ini sudah menjadi kebiasaan di keluarga mereka.

"Hafidah siap! Ayo Ummi nanti keburu rame pasar nyaaa"

Wajah Hagidah terlihat begitu semangat, senyum lima jari dengan mata yang sedikit menyipit itu terlihat sangat menggemaskan.

"Pasar mah emang rame atuh Fidah.."

Anak itu hanya terkikik geli dengan kaki mereka yang mulai melangkah keluar rumah.

Senyum juga kekehan itu terus terlihat atas lontaran candaan kecil yang anak gadis nya itu berikan.

"... Nanti lebaran ke bandung kan Ummi? Hafidah kangen nenek"

"Kamu tiga tahun di bandung masih kangen sama nenek? Baru minggu kemarin pulang.. Gak kangen Ummi?"

"Kangen ih! Fidah tiga tahun di sana kan buat sekolah Ummi... Hafidah kangen juga sama temen-temen Hafidah"

"Fira katanya mau pindah.. Atuh kapan pindahnya?"

"Lusa.. Tapi Fidah mau ke Bandung! Disana enak kalo keluar rumah ketemu pohon-pohon.. Disini kalo keluar rumah ketemunya bangunan rumah lagiii"

"Iya nanti lebaran ke rumah nenek, itu mah wajib atuh. Sekalian jenguk Kakek, semalem Ummi mimpiin Kakek kamu"

Anak itu menoleh dengan mata yang menatap sang Ummi penasaran. Lantas kalimat pertanyaan itu terucap begitu banyak dengan perasaan ingin tahunya yang begitu menggebu.

"Ummi mimpi apa? Fidah udah lama engga mimpiin Kakek, Hafidah kangen Kakek ih! Ummi kalo mimpiin Kakek, bilang Hafidah kangen Kakek ya? Ya Allah... Ih! Kangen!"

"Kalo kangen do'ain Kakek atuh.. Inget pesan Kakek dulu kan? Hafidah juga harus gitu kalo Ummi udah─"

"Ish! Ummi engga usah di lanjutin, Hafidah belum bahagiain Ummi sama Abi. Hafidah belum sukses. Ummi sama Abi gak boleh pergi, Ummi sama Abi harus ada kalo Hafidah nikah nanti, Ummi sama Abi juga harus ada kalo Hafidah nanti punya anak.. Do'ain Hafidah juga supaya Hafidah dapet suami yang Sholeh!"

Senyuman itu terukir dengan hati yang tersentuh atas ucapan anak gadis nya itu, walau Hafidah begitu cerewet tetapi dengan panturan nya barusan,

Hal itu membuat hatinya sedikit menghangat.

CAKATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang