Hm. Assalamualaikum epribadeh!
Jumpa lagi kita di work ini mwehehe. Nggak masalah sepi, tapi seenggaknya ada satu dua yang baca. Khususnya bagian ini harus banget ada yang baca!
Em.. to the point kalau plagiat itu tindakan kriminal. Dengan mencopy/mengambil sebagian atau seluruh isi cerita itu sama saja dengan kalian membunuh penulis aslinya. Eummm syekalihh.
Bukan cuma karya yang best seller loh yang bisa di plagiat, tapi juga karya kecil seperti kita. Karena plagiat itu bukan cuma lihat seberapa banyak yang baca, tapi seberapa bagusnya isi cerita.
Akhir-akhir ini ada kasus plagiat gitu 'kan, ya? Nah, otomatis kita (penulis yang lagi berusaha mati-matian supaya dapet pembaca) nggak mau dong karyanya diambil si PLAGIAT.
/lirik sebelah 👀
Emang gak ada yang plagiat cerita gua, tapi siapa tau aja kan cerita kecil di luar sana lagi dipantau sama si plagiat buat diambil sebagian. Eheheh😅
Mau nggak karyamu di plagiat?
Apalagi si plagiat nanti justru malah lebih sukses dari kita. Padahal hasil maling. Dan, sedihnya si penulis asli dihujat sama pembaca setianya si plagiat. Coba kalau kalian yang ada di posisi penulis aslinya. Bakalan down enggak?
Demi cerita doang sampe begadang, kepala puyeng, sampe sakit beberapa hari tapi tetep nyoba nulis. Eh, justru malah di maling. Setelah kena maling, dituduh plagiat. Kena hujat, dehh.
Kasus plagiat bukan hal sepele, loh, ya! Konsekuensinya bisa jadi kamu di blacklist sama semua penerbit. Nahkan, mantap!
Dan, please. Kalau kamu ingin sukses menjadi penulis yang hebat, coba dimulai dari nol. Jangan jadi plagiat terus nyoba hilangin jejak. Omegot syekalih kalo seperti itu.
Setiap penulis punya hak (baik itu pemula sekali pun) sebab mereka menulis menggunakan otak, bukan salin sana-sini. /senyum sok manis.
Boleh terinspirasi, tapi jangan dimodifikasi juga, dong. Dan buat kamu penulis pemula, jangan nyerah cuma viewers dikit banget. Jangan!
Emang kadang ngerasa down dan mikir negatif kalo cerita kita kurang ada yang baca, tapi coba deh semangat dan coba terus dari kegagalan.
Gua kadang juga sama, ngerasa kalo gua itu gak sehebat penulis lainnya. But, gua bakalan terus nyoba supaya karya gua ada yang mengapresiasi minimal satu atau dua orang, lah. Nggak muluk, sih, cuma lebih meminta untuk dihargai.
Bukan karena kita penulis pemula, viewers juga nggak jutaan. Terus bebas buat di plagiat sana-sini sama si plagiat?
Enggak, dong! KITA JUGA ADA HAK! Mikir pake otak. Bukan hasil nyalin, doang!
Untuk sekarang saling menghargai aja ya. Dan jangan minta feedback atau boomvote. Aku nggak butuh banyak vote, tapi karena hasil gituan🙏
Aku butuh pembaca yang bener-bener tulus serta menghargai karya yang tak seberapa milik aku ini.
Bukan minta timbal balik:)
KAMU SEDANG MEMBACA
My Brother, My Boyfriend [COMPLETED] ✔
Teen FictionIni adalah kisah manis antara Serena dan Erland yang berselimut dosa dan dendam. *** copyright © 2021 by @dinosaurussx_ [jadilah pembaca yang budiman, jangan plagiat! Because, cari ide gak segampang ngupil.] . Start: 10 Oktober 2020 Finish: 15 Maret...