BAGIAN 9

94 35 13
                                    

“Demi apa?! Jadi lo mau DIJODOHIN sama nyokap bokap lo?” pekik Oca. Gadis satu itu memang kebiasaan membuat Alesha panic attack. Oca hanya syok saja ketika Alesha bercerita singkat mengenai perjodohannya.

Shuttt! Jangan keras-keras Ocaa. Ntar semua pada curiga kalo gue mau nikah muda,” lirih Alesha.

Untung saja perjalanan mereka menuju kantin belum seramai biasanya. Sebab kelas mereka sudah diistirahatkan lebih awal dari sepuluh menit yang lalu. Alesha tidak ingin masalah perjodohannya terbongkar ke satu sekolah.

“Bentar-bentar, lo mau nikah muda? Enak dong, Aleshaa Humairaa,” ujar Tiara. Sahabat Alesha yang biasa dipanggil kentir ini memang berbeda. Karena hanya Tiara saja satu-satunya siswa yang ngebet nikah muda, tapi sayangnya tidak ada restu dari pihak orang tua.

“Enak dari mananya kentirrrr? Emangnya lo udah pernah mengalami?” skak Oca. Ia sebenarnya malas meladeni Tiara yang begitu absurd baginya.

“Ya belum sih. Tapi nikah muda tuh enak, Ca. Lu bayangin aja, kita nggak perlu pusing-pusing belajar lagi. Hidup kita udah bebas dari deadline. After nikah nanti nggak ada lagi tuh, yang namanya belajar kebut semalem. Ya… kecuali kalo suami minta jatah setiap malem. Itu beda lagi prinsipnya, hehehe.”

Oca memutar bola matanya malas sambil bersedekap dada. “Ck. Bukan gitu juga kentirrr. Lo dapet opini itu dari mana sih? Sini gue jelasin ya, bukan berarti nikah muda itu menjadi hambatan untuk kita melanjutkan pendidikan. Pendidikan itu enggak dilihat dari status pernikahan. Sekarang banyak kok yang nikah muda tapi tetap aja ngelanjutin pendidikannya. Cuman menurut gue ribet aja.”

Dua sejoli yang selalu debat untuk mempertahankan pendapatnya dan tak ingin kalah. Sampai kapan perdebatan ini berakhir jika tidak ada yang mau mengalah. Alesha sampai dibuat pusing saja mendengarnya.

“Yaudah, kalo nggak mau ribet, ngurus rumah tangga aja kan enak, nggak usah ngapa-ngapain,” ujar Tiara enteng.

“Iya itu kan elo, beda frekuensi kalo sama gue,” balas Oca.

Alesha menghela napas pelan lalu memijit keningnya. Berada di tengah mereka hanya membuat kepalanya nyut-nyutan. “Udah laa, yang mau dijodohin itu gue, tapi kenapa jadi kalian yang ribut sendiri?”

“Tau tuh, si kentir emang suka bikin emosi gue mulu,” ucap Oca yang dibalas Tiara dengan mulutnya berkomat-kamit, seperti ‘Nyenyenye’.

“Azzam tau soal perjodohan lo ini?” tanya Oca pada Alesha.

Alesha menggeleng. “Gue akan cerita tapi nunggu waktu yang tepat,” jawabnya.

“Emangnya cowok yang mau dijodohin sama lo, lo udah tau orangnya kayak apa?” tanya Tiara dengan mimik wajah serius.

Alesha mencibir. Ia menghentakkan kakinya kesal. “Jelas gue tau. Orang hampir setiap hari tuh cowok ke rumah gue. Dan dia tuh udah akrab banget sama Ayah. Kayak sweet couple gitu,” ujarnya merasa geli.

“Terus lo terima gitu aja perjodohan ini?” tanya Oca.

Dengan cepat Alesha membantah. “Ya enggak lah. Gue belum mau ngomong sama Ayah dan Bunda soal ini. Rasanya masih kecewa aja sama mereka. Dan asal kalian tau, mereka tuh ngejodohin gue sama cowok yang umurnya lebih tua dari gue. Kan kesel banget, hiks, hiks.”

“Serius?! Jadi umurnya enggak sepadan sama lo? Kalo gue jadi lo udah BIG NO sih. BIG NO, NO DEBAT. Karena tipe suami gue ya- yang setara gitu sama gue. Enggak lebih tua ataupun muda. Ngerti nggak sih?” ujar Oca.

“Ocacaca, selera setiap perempuan itu berbeda ya. B e r b e d a. Dan kalo gue jadi lo nih ya Sha, gue terima aja tuh perjodohannya. Gue kasih tau ya, kalo cowok umurnya lebih tua dari yang cewek, justru itu lebih sempurna. Dia lebih terlihat dewasa, bisa membimbing kita dan pastinya lebih mapan,” balas Tiara.

CALON IMAMKU BADBOYTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang