Q : Gimana sih cara mengatur keuangan dan bisa hemat dan tidak mudah tergiur buat selalu jajan susuh banget woi kasih solusi nya?
Allah SWT berfirman.
"Innal-mubadzirina kaanu ikhwana as-syayathin," yang artinya: "Sesungguhnya para pemboros itu adalah saudara-saudaranya syetan" Q.S Al-Israa 15:27
Mengenai sikap hemat, Allah memerintahkan kita untuk memerhatikan dan menerapkan hidup sederhana sesui kebutuhan.
A : Nah ini satu keresahan juga ya bagi kita-kita supaya lebih bijak dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran dan bisa terkontrol dalam mengelola keungan tersebut apa lagi soal belanja online, jajanan belik itu belik ini keliatan yang lucu langsung punya hasrat untuk membeli, terkadang hasrat itu bertambah saat suatu barang di kenakan oleh idola kita, atau melihat dari sosial media penampakan-nenmpakan yang memanjakan mata dan perut jadi di sini sedikit saran buat kamu yang lagi resa mengatur pengeluaran yang khusus nya orang ngga tahan banget kalau nggak jajan sehari.
Sebenarnya kalau di lihat dari dua sudut pandang yang berbeda jajan ini bisa menjadi hal positif dan akan negatif kalau telah berlebihan betul nggak sih? Hal yang positif yang kita dapat kita mendapatkan kepuasan, memanjakan diri sejenak untuk diri kita, memberikan riwet kepada diri yang sudah leleh bekerja keras dan uangnya di gunakan untuk kesenangan diri agar hati bisa lebih baik dan pengatur mood agar bisa lebih baik lagi saat nyemil.
Jadi ini beberapa solusi buat kamu :
1. Tetapkan prioritas, berfikir minggu atau bulan ini ada barang-barang apa yang sangat kamu butuhkan redakan sejenak, atau kurangi debit jajan agar tidak sebanyak sebelum-sebelumya.
2. Liat lagi dari mana uang ini kamu dapatkan apakah uang ini dari hasil kerja/gajimu atau masih meminta dari kedua orang tua, terkadang untuk orang ekonomi menengah keatas ini tidak masalah bagi mereka, karena mereka ada uangnya tapi kenapa kita tidak mulai belajar dari sekarang mengatur keungaan agar tidak boros, melatih kedewasaan serta dapat menambah kulitas diri dan lebih baik, uang tersebut bisa di tabung untuk kepentingan mendesak di suatu saat nanti atau untuk suatu yang lebih bermanfaat dan tidak akan habis secara cuma-cuma.
3. Caraku sendiri yang sering aku terapkan adalah bawa bekal, minum dari rumah mingkin untuk sebagian ini hal yang merepotkan tetapi ini sangat-sangat membantu untuk kamu yang ingin hemat serta juga melatih kesabaran, dan untuk kamu belajar mandiri, terkadang coba untuk memasak sendiri makan atau cemilan yang kamu suka kalau kamu bisa dan hobi masak jangan malas ya hehe.
4. Stok jajan untuk satu bulan nah ini juga bisa kamu lakukan jadi dalam satu bulan kamu teleh menyetok cemilan di rumah agar tidak bolak-balik untuk datang ketoko dan tidak repot juga. Tapi sesuai kan juga dengan uangmu saat menyetok jangan berlebihan.
5. Misal kemarin baru saja jajan 50.000 untuk beberapa hari kedepan tahan untuk tidak jajan atau kurangi limitnya, juga kamu bisa melihat dari segi kesehatan seperti yang kita tahu makan-makan jajanan di luar yang banyak jenis nya itu serta jajanan kemasan yang tidak baik bagi kesehatan kalau terlalu sering di konsumsi.
Nah itu beberapa tips dari aku, yuk mulai dari hal-hal terkecil dari diri kamu untuk mulai pelan-pelan saja dan bisa mengotrol hasrat dan bisa mengatur keuangan dan bisa berhemat.
TBC
KAMU SEDANG MEMBACA
Ruang Tanya?
Non-Fiction[Q & A] "Tanyakan saja masalah apa yang sedang mengusikmu kini?" "Teruntuk kamu yang bertanya akan di jawab di sini!" Note : Setiap sudut pandang orang berbeda-beda jadi di sini aku berpendapat menurut kaca mataku. Dan tentu di bantu dari beberapa s...