3. Buka Mata Buka Hati

940 50 4
                                    

Juwita mendesah kasar. Kakinya menendang kaki meja terdekat. Kesal sekali rasanya. Kenapa harus membahas kejadian menyakitkan seperti itu untuk membuatnya menyerah? "Akh, kenapa harus nikah, sih?!" gerutunya dalam sepi. Dia pun meninggalkan sofa dan meja pelengkap itu untuk menuju tempat ternyaman di ruangan istirahat khususnya. Tubuhnya merebah di atas kasur yang empuk. Matanya menatap langit-langit lama. Pikirannya bercabang.

Suara dering ponsel membuatnya terbangun. Dia meraih benda pipih tersebut. Nama yang tertera di layar membuatnya mendengkus. "Kenapa telepon?" tanyanya agak judes karena masih kesal.

"Coba gue tebak. Kalau Kakak kayak gini, tuh, biasanya habis dapet pertanyaan 'kapan nikah' atau 'kamu mau sama dia enggak'. Correct me if I'm wrong." Suara itu membuat Juwita mendecak dan memutar bola mata. "Kan, gue bener. Hahaha. Mekanya, Kak. Cepetan cari gandengan sana." Tak ada jawaban dengan cepat berarti seniornya itu sedang menahan diri. Dia jadi girang kalau begini.

"Lo diem aja, ya, Hellen. Gue enggak selera debat."

"Gak ada yang ngajak debat astaga. Frustasian amat jadi orang." Nada riang gadis itu memenuhi telinga Juwita. Dia jadi tidak tega sudah menjawab dengan sewot tadi.

"Sorry. Gue beneran lagi kepikiran ini. Mana Mama bawa-bawa umur Papa lagi." Dia menghela napas. "Apa gue beneran nikah aja, ya?"

"Woy, Kak! Ya iyalah. Anda ini bagaimana. Ya emang Kakak harus nikah. Emang mau jadi perawan tua?"

"Udah keles."

Hellen terdiam. Sepertinya dia salah bicara. "Ma-maksud gue, emang mau terus-terusan gitu?" Dia menggosok telapak tangannya di atas paha. Khawatir yang diajak bicara masih sensi. Bisa tamat dia kalau mereka bertemu.

"Ya, enggak juga. Gue cuma gak bisa mikirin kalau nikah kayak gimana gitu, loh. Secara, gue enggak punya kenalan dan gue udah umur segini masih perawan," Juwita mencurahkan isi hatinya.

"Bagus, dong, Kak, masih perawan. Artinya Kakak masih terjaga." Hellen ingin melonggarkan hati sahabatnya.

"Lo pasti ngerti apa yang sebenernya gue maksud. Apalagi yang diinginkan Mama itu bukan sekedar pernikahan gue." Juwita menghela napas masygul. "Gue harus gimana."

"Buka hati, Kak. Buka hati. Siapa tahu sebenernya banyak yang udah kepingin deketi Kakak tapi Kakak malah menghindar dan gak buka pintu sama sekali."

Apa yang dikatakan Hellen sama dengan papanya tadi. Sudah lama dia tidak merasakan yang namanya jatuh cinta. Mungkin sekitar sepuluh tahun? Ah, dia hanya teringat dengan seniornya di bangku SMA yang sangat keren itu. Lalu, dia juga harus merasakan patah hati karena seniornya sudah memiliki kekasih. Itu cinta dan patah hati pertama yang harus dia rasakan secara bersamaan. Setelahnya, dia hanya mengagumi orang-orang di sekitarnya dan menolak para lelaki yang ingin menjalin hubungan kasih dengannya.

"Harus banget, ya, gue nerima Pak Karsa?" Itu adalah nama pria yang pernah menyatakan cinta kepada Juwita. Salah seorang pebisnis yang cukup disegani. Tentu saja dia juga mengajak Juwita membangun rumah tangga.

"Jangan, anjir. Ya, enggak Pak Karsa juga kali, Kak. Lo mau jadi istri pak tua kayak gitu? Ih, jangan, Kak. Dari lagatnya aja udah kelihatan kalau mata keranjang. Skandalnya banyak. Jangan, Kak. Jangan."

Juwita tertawa. "Gue juga enggak seputus asa itu juga kali." Dia merebahkan dirinya di kasur lagi. "Lo tahu, Len? Gue bahkan jadi mikir mau kawin kontrak aja."

"Lo gila, sih, Kak. Jatuh cinta beneran baru tahu rasa lo."

"Iya, gue mikir gitu juga. Terus gue enggak bisa mikir jalan keluar apa pun."

"Udah dibilang buka hati, Kak. Kakak juga cantik, kaya, rajin. Pasti banyak yang mau."

Juwita memandangi langit-langit dengan tatapan kosong. "Iya, Len. Semoga."

Jadi Istri DudaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang