Sejak tanggal 2 Maret 2020, Indonesia di landa pandemi Covid-19, ketika dua orang terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang. Presiden Republik Indonesia pun mengumumkan kebijakan baru, yaitu di berlakukannya sekolah daring guna mengurangi mobilitas sosial. Saat di berlakukannya sekolah daring, Hana memasuki kelas 7 semester 2, sekolah daring pun tetap berlanjut sampai Hana kelas 8. Hana bersekolah di MTsN 1 Mulia. Yaitu sekolah yang jarak nya bisa terbilang cukup dekat dari rumahnya.
Saat pembagian kelas, Hana melihat nama-nama yang akan sekelas dengannya melalui file pdf yang dibagikan oleh gurunya.
"Sekelas sama siapa? Ada yang satu kampung gak?" tanya Mama Hana penasaran.
"Ada, sama Luna," jawab Hana singkat.
"Nanti mau duduk bareng sama Luna?" ujar sang Mama.
"Enggak la, mau sama yang lain aja," sahut Hana.
"Biar punya temen baru juga," imbuhnya.
"Dulu pengen sekelas sama orang satu kampung sekarang malah gak mau," kata Mama.
"Kan maunya dulu bukan sekarang," ucapnya membela diri.
"Itulah Allah, pasti akan mengabulkan permintaan tapi gak cepet seperti makan cengek yang langsung pedes," ujar sang Mama lembut memberi pengertian.
Flashback on kelas 7 semester 1 :
Saat Hana melihat Daftar Nama yang akan sekelas dengannya yang di tempel pada kaca kelas. Nala dan Isma datang menghampiri Hana.
"Kamu duduk sama siapa Han?" sapa Nala dengan pertanyaan.
"Gak tau, kamu?" jawab Hana.
"Isma," ucap Nala sambil tersenyum lebar.
"Dihh kalian ma enak ada temen satu kampung," ujar Hana iri.
"Lah barang saya enggak ada temen Na," lanjutnya dengan raut wajah sedih.
"Gapapa, kamu duduk sama Hera aja mau nggak? Orangnya juga baik," kata Nala menghibur Hana dengan memberikan teman untuk duduk satu bangku.
"Kamu kenal?" tanya Hana polos.
"Iya, pas MOS sekelas," jawab Nala.
"Rumahnya dimana?" ujar Hana.
"Emangnya kenapa?" tanya Isma.
"Gamau sama orang yang rumahnya jauh, nanti kalau ada kerpok ribet," jawab Hana memberi penjelasan.
Isma mengangguk. "Iya juga sih,"
"Rumahnya deket kok, di pukanode," ujar Nala memberitahu.
"Yauda mau, yang mana orangnya?" sahut Hana.
"Tu, ayok samperin," ucap Nala sambil menarik lengan Hana tidak sabar untuk masuk ke dalam kelas.
Singkat cerita seperti itu. Akhirnya Hana pun duduk dengan Hera.
Glosarium
MOS = Masa Orientasi Siswa
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA.
Kerpok pasti uda pada tau, singkatan dari kerja kelompok
KAMU SEDANG MEMBACA
Ibuku Sahabatku (On Going)
Teen FictionApa yang ada dipikiranmu jika mendengar "Gadis Cupu"? Gadis yang diam saja dan pasrah saat dibully, namun disisi lain dia juga menjadi salah satu siswa berprestasi dan mengharumkan nama sekolah. Apa yang sebenarnya terjadi? Siapa yang membullynya? M...