Di pagi hari, tepatnya bersamaan dengan adzan subuh berkumandang, ada jeje yang sudah tujuh kali menghela nafas lelah. Bukan karena sedang melakukan pekerjaan berat, tapi sepertinya lebih berat lagi karena pagi ini ia harus menjalankan rutinitasnya yaitu membangunkan di adik kembar.
Sebenarnya jeje ini agak gak tega bangunin Nana, teringat semalam anak itu tidur larut karena katanya harus kelarin tugas yang harus di kumpul hari ini. Jeje yang semalam memang setengah sadar hanya memaklumi, tapi sekarang dia menyesal karena semalam gak maksa nana buat segera tidur.
Masalahnya, sekarang tuh hari sabtu. Mana ada sekolah apalagi ngumpulin tugas.
"Na subuhan dulu, abis itu boleh deh tidur lagi" percobaan kesekian kalinya, jeje kali ini menarik kedua tangan sang adik, mendudukkannya dengan paksa.
Bukannya menurut dan bangun, nana malah mengerang kecil sambil mau rebahan lagi, tapi lebih dulu jeje tahan agar punggung nana tak menyentuh kasur lagi.
"Semalem tidur jam berapa sih? Gak biasanya begadang juga" tanya jeje sembari menyibak selimut yang menutupi badan Nana.
"Dua"
"DUA?! Lo abis ngerjain apa sampe malem banget begitu?" Pekik Jeje terkejut. Karena dia tau, Nana itu jarang sekali begadang, mentok mentok juga paling sampai jam 12, itu jarang banget karena kalau sampai ketahuan umi atau abi pasti kena omel.
Alih alih menjawab, Nana malah merentangkan tangannya dengan kedua mata yang masih terlihat lengket, berat sekali rasanya hanya untuk sekedar terbuka.
"Ngapain?" Tanya jeje dengan sebelah alis terangkat.
"Gendong, males jalan nanti ngegelinding pas di tangga"
Mendengar itu, jeje reflek menepuk bibir yang lebih muda "sembarangan banget kalau ngomong!" Tegurnya yang hanya di balas kekehan singkat sama Nana.
Gak mau mengulur waktu karena yang lain sudah di mushola, jeje pun akhirnya mengalah, ia duduk membelakangi Nana lalu mengisyaratkan anak itu untuk naik ke punggungnya.
Tentu saja hal itu membuat senyum Nana mengembang senang, tanpa pikir dua kali Nana pun memposisikan dirinya supaya Jeje mudah menggendongnya.
"Pegangan" titah Jeje sembari bangkit, tangannya secara otomatis menyangga badan nana supaya anak itu tidak jatuh.
"Berat badan lo turun ya? Kok agak ringan"
Sembari meletakan kepalanya di bahu Jeje, Nana bergumam pelan "iya kali, belum di kilo" jawabnya pelan.
"kalau umi tau pasti ngomel sih"
"Gapapa ngomel, yang penting sambil di kasih makan"
Keduanya tertawa bersama. Benar juga pikirnya, umi itu memang begitu-kalau dia tau ada anaknya yang kehilangan berat badan pasti langsung di tindak, alias selalu di omelin agar makan dengan teratur, selalu jadi alarm dadakan pengingat makan.
Ketujuhnya pernah mengalami bagaimana setiap hari tak pernah kosong notip dari umi yang mengingatkan makan, dan yang paling sering itu ya nana-karena nana tuh tipe yang mudah kehilangan berat badan tapi susah naiknya. Berbeda sekali dengan cacan yang mudah kehilangan berat badan tapi mudah juga menaikannya. Kalau yang lain sih normal, mau naikin atau nurunin keduanya sama sama gampang.
"Yaelah kayak bocah banget di gendong" cibiran itu berasal dari Cacan ketika melihat dua kembarannya sampai di depan mushola.
"Sirik ya lo" timpal Nana sambil turun lalu dengan langkah gontai berjalan ke tempat ambil wudhu.
"Ngapain sirik sama bocil"
"Gue bukan bocil!"
"Mana ada bukan bocil tapi masih minta gendong"
KAMU SEDANG MEMBACA
Double Say • NctDream
Fanfic[On Going] Sekedar daily life dari keluarga Feirley, tentang si sulung mamar, lalu empat kembar reren, jeje, cacan sama nana, dan terakhir dua bungsu lele sama jijis. Dan tentang masa lalu yang kembali muncul dan mengganggu mereka, sampah sekecil ap...