Chapter 5: Destiny

229 11 0
                                    



Malam itu, aku bermimpi aneh.

Suara langkah kaki yang keras membuat lantai berguncang dan tangisan orang-orang menggema ke seluruh area sekitar. Semuanya kacau balau, tapi aku tetap duduk di ruangan luas, tak bergerak; tidak peduli siapa yang masuk atau apa yang mereka katakan, bahkan tidak melihat sekeliling atau bahkan bernapas.

Aku tenggelam dalam alam mimpiku dan segala sesuatu di sekitarku tampak perlahan memudar. Dalam mimpi itu, aku seolah-olah sedang menikmati momen kebahagiaan, namun tiba-tiba tergantikan dengan hinaan dan kata-kata hinaan dari orang-orang di sekitarku. Sesuatu yang berat menekan dadaku dari lubuk hatiku yang terdalam, mengancam akan meledak kapan saja. Aku tidak tahan lagi.

Gambaran orang-orang menjadi buram. Meskipun aku mabuk dan hampir tidak sadarkan diri, kata-kata berbahaya itu terus mengalir dan menghantamku seperti ombak di pantai. Terkadang, aku bereaksi. Terkadang, aku mengabaikannya dan membiarkannya pergi. Perasaanku campur aduk, hampir tak terlukiskan. Sekarang aku merasa geram sampai gila, ingin menitikkan air mata kesedihan. Satu-satunya bagian yang dapat kuingat dengan jelas adalah aku masih memaksakan diri untuk tersenyum.

Aku menyalahkan takdir yang membuatku mengalami hal ini.

"Khun Klao...Khun Klao..."

Sebuah suara memanggil, terdengar sangat jauh. Perlahan, aku keluar dari alam mimpi, membuka mata, dan menatap balok kayu di atas kepalaku dengan ekspresi kosong.

"Chuay."

"Tolong bangun. Ini sudah pagi." Pelayan pribadiku...Maksudku pelayan pribadi Klao yang duduk di samping tempat tidur membangunkanku dengan sikap rendah hati. Aku menggenggam kepalaku dan mengalihkan pandanganku ke jendela. Langit masih gelap, namun kokok ayam yang nyaring menyadarkanku bahwa memang sudah waktunya untuk bangun.

Aku duduk di tempat tidur dan menghilangkan rasa kantuk saat aku mengambil sikap sementara Chuay menyiapkan perlengkapan mandi. Aku ingat bahwa aku sedang bermimpi tentang sesuatu, tapi begitu aku bangun, gambarannya berubah dan kabur. Yang tersisa hanyalah kesedihan mendalam yang sangat menggangguku dan aku tidak bisa dengan mudah menghilangkannya.

Apa yang aku impikan? Kenapa aku tidak bisa mengingatnya?

"Ayo cepat ke dermaga. Than Phraya telah memerintahkan Khun Klao untuk pergi memberikan persembahan kepada para biksu hari ini."

"Baiklah, ayo pergi," aku menghela nafas.

Menjauhkan mimpi yang terlupakan itu, aku bangkit dan pergi untuk berganti pakaian mandi yang sesuai untuk bersiap-siap mandi. Sejak aku sampai di sini, aku selalu harus bangun pagi, tubuh ku sudah terbiasa. Padahal, saat di asrama, aku akan bangun jam tujuh empat puluh lima untuk pergi ke kelas jam delapan pagi.

Aku segera mandi dan pulang ke rumah untuk mengganti pakaian yang diperuntukkan saat memberi persembahan kepada para biksu seperti yang diinstruksikan Phraya. Rasanya tidak aneh lagi. Pada awalnya, aku bahkan tidak bisa mengikat chong kraben ku sendiri dan Chuay bahkan harus membantu ku, tapi karena aku memakainya setiap hari, aku menjadi terbiasa dan bisa berpakaian sendiri. Aku merasa aneh jika pembantuku harus selalu membantuku, karena aku bukan anak kecil lagi. Namun, Chuay memberitahuku bahwa wajar jika bangsawan membiarkan pelayannya membantu mereka berpakaian.

"Hari ini, aku akan meninggalkanmu untuk menemani ibuku. Bersikaplah baik," P'Phop mengingatkanku setelah sarapan, saat dia berangkat kerja.

Meskipun aku dan P'Phop tidak mengatakan apa-apa, berita tentang aku yang menyelinap keluar dan menyelamatkan Khun Wanna dari para bandit sampai ke telinga Than Phraya dan Bibi (jika aku harus menebak, aku akan mengatakan itu melalui kata-kata penduduk desa dari mulut ke mulut).

Winter Part 2 - ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang