Hujan terus turun tanpa henti bahkan setelah malam tiba, efektif menghilangkan panas terik. Aroma tanah basah yang bersahaja mengantarkan rasa ketenangan setelah hari-hari awal musim panas yang terik. Namun, meskipun cuaca di luar hangat, suasana di dalam rumah Phraya Phichai Phakdi terasa sedingin malam musim dingin.
Percakapan biasanya jarang terjadi pada waktu makan, tapi hari ini suasana terasa berat dengan keheningan yang canggung. Tatapan semua tetua tertuju pada dua individu muda yang bertanggung jawab menciptakan suasana tidak nyaman ini. Sejak pertengkaran mereka tadi, baik Phop maupun Klao tidak mengucapkan sepatah kata pun atau melakukan kontak mata satu sama lain.
"Paman, Bibi, permisi," terdengar suara lembut namun tegas dari orang yang duduk di samping Phop. Hanya dua baht [1] (12 menit) telah berlalu sejak mereka mulai makan ketika Klao sudah menundukkan kepalanya kepada orang tua Phop, dan undur diri. Dia meninggalkan meja dengan ekspresi tegas, meninggalkan piringnya yang setengah dimakan. Phop mengawasinya berjalan pergi.
Klao tidak menatap wajah Phop sedetik pun sejak pertengkaran mereka, jelas masih memendam kemarahan dan kebencian. Phop sendiri bukanlah orang yang mudah marah atau menyimpan dendam, tapi kali ini dia tidak bisa mengabaikan kepahitan yang masih membekas. Ketegangan yang nyata di antara keduanya tak luput dari perhatian orang-orang di sekitar mereka.
Tidak ingin meredam suasana lebih jauh, Phop memberikan hadiah Muen Harn kepada ayahnya, dan meminta izin untuk masuk ke kamarnya meskipun makanannya belum selesai.
Sambil menghela nafas panjang, dia menutup pintu kayu tebal di belakangnya dengan telapak tangannya. Phop biasanya menjaga rasa tenang dan rasional, sudah lama sekali sejak terakhir kali dia berdebat dengan siapa pun. Namun ketika menyangkut Klao, ketenangan dan pengendalian dirinya sangat terganggu. Phop begitu diliputi ketakutan bahwa Klao akan kembali ke perilaku sembrononya sehingga dia memarahi adiknya dengan kasar, sepenuhnya mengabaikan sudut pandang Klao. Kini Klao sangat marah padanya, padahal hubungan mereka baru saja membaik.
Kenapa, jika menyangkut dirimu, aku merasa gugup dan cemas sepanjang waktu?
Phop, yang biasanya matanya tajam, tanggap, dan selalu dipenuhi kecerdasan, kini tercermin dalam kebingungan dan kekhawatiran. Sejak masa muda mereka, dan setelah Klao kembali ke rumah ke Phra Nakhon, Phop selalu menjadi wali, selalu mengawasi dan merawat nongnya, memperlakukannya dengan penuh kasih sayang jika mereka berbagi darah yang sama. Namun setelah Klao muncul kembali baru-baru ini, Phop merasakan perubahan arus yang nyata. Selain itu, ia menemukan bahwa bukan hanya Klao yang mengalami transformasi, tapi dirinya sendiri juga.
Belum pernah dia menemukan kesenangan seperti itu saat menggoda nong-nya. Belum pernah sebelumnya dia merasakan dorongan untuk memprovokasi dia dengan main-main seperti yang dia lakukan pada teman-temannya pada kesempatan tertentu. Dia sangat ingin menyaksikan keindahan menawan wajah Klao saat mereka terlibat dalam olok-olok ringan dan pipinya yang memerah karena marah. Dia bisa memandang dan mengagumi Klao sepanjang hari, ingin mengetahui segalanya tentang dia. Aneh rasanya Phop begitu terpesona pada pria seperti Klao dan membuatnya terpikat. Dia tidak bisa lagi menolak.
Awalnya, dia mengamati Klao dari dekat hanya karena dia skeptis tentang siapa dirinya sebenarnya, tapi sekarang sepertinya itu bukan lagi tujuan utamanya. Klao di sisi lain tidak lagi terikat pada Phop seperti di masa kecilnya. Sebaliknya, kini dialah yang selalu ingin dekat dengan Klao.
Memang aneh.
Di luar, derai rintik hujan yang menerpa dedaunan bergema pelan. Phop duduk bersandar di tempat tidur, berusaha menemukan hiburan dalam sebuah buku, namun pikirannya menolak untuk fokus pada kata-katanya. Akhirnya, setelah bersusah payah, dia menutup bukunya dan membuka pintu kamarnya, lalu berjalan keluar menuju halaman.