Sejujurnya, aku biasanya bukan orang yang mudah panik saat menghadapi berbagai keadaan darurat (berwisata ke masa lalu tidak masuk hitungan, hati orang yang tidak panik saat menghadapi hal seperti itu terlalu kuat), kecuali satu hal, yang membuatku sangat cemas, bahkan sampai insomnia.
"Dimana rumahmu?"
"Tepat di tengah gang, P'Phop. Di depan pagar kayu berwarna coklat, ini dia. " Aku menunjuk arah pada pemilik mobil Benz putih yang melaju menuju tujuan dengan kecepatan tinggi di lingkungan yang familiar, aku melihat orang-orang yang biasa berlari, bermain, dan tumbuh besar. Di tempat ini, jantungku berdebar semakin kencang tak terkendali.
"Apa ini rumah keluargamu?"
"Ya, aku akan menelepon ibuku dan memintanya membukakan pintu," gumamku sambil mengeluarkan ponselku dari saku celana, membuka kuncinya dengan tangan gemetar, dan menelepon ibuku yang sudah menunggu kami di rumah.
Dua minggu telah berlalu sejak ujian akhirku. Setelah aku tidak lagi terbebani dengan studiku, ini juga waktunya untuk menceritakan kepada orang tuaku tentang hubunganku dengan P'Phop. Minggu lalu, P'Phop mengajakku menemui orang tuanya, dalam kehidupan ini. Khun Phaya menjadi pengusaha real estate dan pengembang proyek apartemen skala besar di Bangkok dan sekitarnya, sedangkan bibi adalah pejabat senior di Kementerian Luar Negeri.
Awalnya aku khawatir apa orang tuanya akan menerima ku? Mungkin aku masih memiliki ketakutan yang tersisa tentang kehidupanku sebelumnya, tapi untungnya semuanya berjalan lancar. Mereka dengan hangat menghiburku dan jelas sangat puas denganku. P'Phop memberitahuku bahwa dia telah memberi tahu orang tuanya bahwa dia tidak menyukai perempuan ketika dia duduk di bangku sekolah menengah.
Begitu punya pacar, dia bilang akan mengajaknya menemui orang tuanya agar tidak membuat mereka takut, dan... kedua tetua itu sepertinya menganggapku sangat baik, jadi mereka sangat mencintaiku. Meski mereka sudah tidak punya lagi kenangan masa lalu, namun ikatan ini masih tertanam jauh di dalam jiwa, itulah sebabnya kita merasa sangat terhubung dengan mereka saat pertama kali bertemu.
Mengenai keluargaku, aku memberi tahu mereka segera setelah aku mulai berkencan dengan P'Phop. Mereka tidak terlalu keberatan jika aku berkencan dengan laki-laki, dan mereka mendesakku untuk segera membawanya pulang dan memperkenalkan mereka kepada mereka, meskipun aku sudah memberitahu mereka sebelumnya. Orang tuaku dengan senang hati saat aku akan membawa pacarku pulang, tapi entah kenapa aku menjadi gugup ketika mereka sangat ingin bertemu dengan P'Phop.
"Mae, aku di depan pintu rumah. Bisakah membukakan pintu? Kami akan memarkir mobil di dalam."
["Tentu, tunggu sebentar!"]
Suara di jung telepon sedikit bersemangat, aku menutup telepon dan mencoba menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri, tapi sepertinya tidak berhasil.
"Kau menghela nafas, ada apa?"
Orang yang duduk di kursi pengemudi bertanya dengan suara rendah Melihat ekspresi cemasku, P'Phop tersenyum di matanya.
"Entahlah, tiba-tiba aku menjadi gugup," gumamku pelan sambil menggosok tanganku dengan cemas.
Aku ingin tahu apa mereka yang pertama kali membawa pacarnya kembali menemui orang tuanya memiliki perasaan yang sama denganku? Gugup, khawatir, takut keluargaku tidak menyukai pacarku, dan takut pacarku merasa tidak nyaman dengan keluargaku. Walaupun aku sudah diberitahu sebelumnya, tapi melihat foto dan melihat orang sungguhan adalah dua hal yang berbeda. Aku merasa tidak enak tadi malam. Aku tidak bisa tidur dan berbaring ditempat tidur dan ternyata sudah jam 2 pagi aku tertidur.
"Tunggu sebentar, bukankah seharusnya aku yang gugup?"
P'Phop terkekeh pelan, mengulurkan tangannya dan mengusap kepalaku dengan penuh kasih sayang. Betul, seharusnya P'Phop yang gugup, kenapa aku harus mencuri naskahnya!