Suatu pagi yang lain, aku bangun dengan banyak pikiran melintas di benakku.
"Klao."
"...Ya?"
"Apa ada masalah?" sebuah suara rendah berbisik. Mata P'Phop dipenuhi kekhawatiran saat dia menatapku, yang duduk di sebelahnya, saat kami sarapan. Aku selalu memiliki nafsu makan yang baik setiap kali kami makan, tapi hari ini berbeda – aku tenggelam dalam pikiranku, benar-benar melupakan makanan lezat di hadapanku.
"Tidak ada," jawabku sambil tersenyum kecil, bahkan tidak meliriknya sekilas sebelum aku memasukkan sesendok nasi ke dalam mulutku. Meski aku tidak melakukan kontak mata dengannya, aku tahu tatapannya tidak pernah lepas dariku.
"Apa kau yakin kau tidak merasa tidak enak badan?"
Tanpa mengucapkan sepatah kata pun, dia mengulurkan tangannya dan meletakkan tangannya di dahiku. Perasaan hangat yang dibawanya membuat jantungku berdebar, dan aku segera memalingkan muka.
"Tidak ada apa-apa. Aku hanya... Sedikit mengantuk." Setelah aku memastikannya, orang di sampingku mengangguk. Aku menyapu mataku ke sekeliling dan melihat Than Phraya, pemilik rumah yang absen dari dinas pemerintahannya di Sam Khok, berinteraksi dengan Bibi, sebelum diam-diam melirik P'Phop, yang sedang menaruh makanan di piringnya sendiri. . Dalam hatiku, aku berharap dia segera selesai makan dan bergegas bekerja.
"Mae, aku pergi dulu."
"Boonraksa [1]. Selamat jalan. Mae akan pergi mengunjungi pasar pakaian, jadi jika lain kali aku pergi ke kuil, aku bisa membawa pakaian sebagai persembahan."
"Krap," kata P'Phop sebelum tersenyum kepada ibunya.
Khun Ying Prayong dan P'Phop berbincang singkat sebelum dia memanggil para pelayan untuk meninggalkan rumah terlebih dahulu. Adapun P'Phop yang hendak berangkat kerja menyebutkan bahwa ia lupa beberapa barang miliknya sehingga ia harus kembali ke kamarnya.
Aku duduk di tengah halaman, berniat menunggu semua orang pergi sebelum menjalankan tugasku sendiri, ketika polisi, yang muncul dari kamarnya, berjalan ke arahku.
"Klao."
Dia duduk di dekatku, bahu kami hampir bersentuhan. Tatapannya yang tajam dan tajam bertemu dengan mataku, menyebabkan jantungku berdetak lebih cepat. Aku mendapati diriku tidak mampu menahan tatapannya, jadi aku segera mengalihkan pandanganku dan berdeham untuk menghindari kegagapan saat berbicara.
"Apa kau tidak berangkat kerja?"
"Mau, tapi aku ingin bicara denganmu dulu."
Sebuah tangan tebal meluncur ke bawah untuk memegang salah satu tanganku. Mata pelayanku, Chuay, yang duduk tidak jauh dari situ, sedikit melebar. Dan Kong, pelayannya, mengedipkan matanya berulang kali. Bahkan jika para pelayan yang sebenarnya dekat dengan kami bereaksi seperti ini, tidak ada keraguan bahwa yang lain akan lebih terkejut jika mereka melihat hal yang sama.
"Tolong... lepaskan tanganku." Aku membuang muka dan dengan gugup mengamati sekeliling, takut lebih banyak orang akan melihatnya. Tapi tangan yang memegang tanganku malah menggenggamnya lebih erat lagi.
"Kalau ada yang melihatnya, biarlah mereka melihatnya," ucapnya santai.
Sepertinya P'Phop tidak akan melepaskan tanganku dalam waktu dekat, jadi aku harus mengakhiri percakapan ini secepat mungkin.
"Baiklah. Apa yang ingin kau bicarakan?"
"Akhir-akhir ini, aku perhatikan kau menghindariku." Suaranya terdengar menyakitkan, membuat hatiku melunak.