SPECIAL 3

263 19 0
                                    


Aku merasa P'Phop sangat tidak biasa akhir-akhir ini.

"Chuay, apa P'Phop sudah berangkat kerja?"

"Saya tidak tahu, tuan."

Pelayan yang selalu bersamaku menjawabku saat aku melihat sekeliling balkon rumah untuk mencari seseorang yang menarik.

Sekarang sudah pagi. Aku baru saja selesai mandi dan berganti pakaian lalu keluar dari kamar tidur. Biasanya, P'Phop akan duduk dan membaca buku setiap hari, atau duduk di paviliun sambil menunggu makan malam untuk membersihkan pedangnya atau senjata lain, tapi dalam dua atau tiga hari terakhir, Tidak ada tanda-tanda keberadaannya.

Aku melirik ke arah pintu kamar tidur P'Phop. Meski hanya berjarak beberapa langkah dari kamar tidurku, namun pintunya tertutup rapat. Bahkan pelayan pribadinya, Kong, pun hilang yang berarti P'Phop belum tidur. Di dalam kamar, walaupun aku mencari sosoknya, nyatanya aku tidak terlalu ingin melihatnya, dia suka menangkap kesalahanku, tapi entah kenapa aku merasa aneh saat dia menghilang.

Mungkin karena kelihatannya terlalu tidak normal, intuisi ku yang tidak pernah salah memberitahuku bahwa masalah ini patut untuk diperhatikan. Sekalipun aku tidak melihat siapapun di pagi hari, lupakan saja, tapi bahkan setelah pulang kerja di malam hari untuk mengajari ku cara membaca dan menulis, dia biasanya muncul sepulang kelas. Dia suka ngobrol denganku, atau sengaja menggodaku dan tidak akan membiarkanku pergi dengan mudah, tapi baru-baru ini dia pergi terburu-buru setelah mengajar dan menghilang tanpa jejak. Dia tidak kembali ke rumah sampai pelayan membawakan makan malam, hal ini membuat keraguanku muncul di hatiku.

"Pernahkah kau memperhatikan kalau P'Phop sering hilang akhir-akhir ini?"

Setelah aku mengucapkan salam pada Chuay dan Bibi Chuay, aku berbisik ke telinga Chuay lalu duduk di tempat biasa aku menunggu sarapan.

"Apa ada hal seperti itu?"

"Ya, itu aneh. P'Phop tidak seperti ini sebelumnya."

"Um... menurutku... uh... Tuan pasti punya banyak hal yang harus diselesaikan," Chuay tergagap dan menjawab dengan lembut.

Aku mengangkat alisku dan melihat senyuman orang lain yang tidak wajar. Chuay, yang selalu bersemangat berbicara denganku jika menyangkut gosip, tampak sedikit tidak nyaman hari ini.

"Kau pikir begitu?"

"Ya."

Chuay hanya bisa mengangguk, seolah dia senang melihat aku berhasil dibujuk olehnya, aku berkata "oh" dengan lembut dan tersenyum pada pelayan itu, tapi aku sedang memikirkan hal lain.

Nah, karena reaksi anak itu, masalah ini terlihat semakin mencurigakan. Chuay tidak pandai berbohong. Semuanya tertulis di wajahnya. Kau bisa mengetahuinya dengan melihat ekspresi malu dan matanya yang berkedip. Dia pasti menyembunyikan sesuatu dariku, yang berarti Chuay mengetahui kemana P'Phop pergi, yang membuatku semakin penasaran dengan apa yang dilakukannya!

Apa dia sedang mencoba mencari cara untuk berurusan dengan ku?!

Aku menyembunyikan keraguanku dalam hatiku dan memikirkannya sendirian. Tak butuh waktu lama bagi pelayan untuk membawakan makanan ke dalam kamar. Aku melihat ke arah tangga. Makanan P'Phop diletakkan di sebelahku. Tak lama setelah pelayan pergi, P'Phop sudah mengenakan pakaian rumah.

Ini juga menjadi kecurigaan, biasanya dia akan berganti seragam setelah mandi dan bersiap berangkat kerja, tapi sekarang dia masih memakai pakaian rumah dan menunggu sampai makan selesai untuk berganti pakaian. Bagaimana aku tidak curiga?

"Phop, apa kau baru saja pergi berlatih pedang?"

"Krap, Pho." P'Phop menjawab ayahnya sambil tersenyum, lalu segera duduk untuk makan.

Winter Part 2 - ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang