Pada Sabtu pagi yang cerah, Alyssa telah bersiap-siap menuju kampus untuk mengikuti orientasi. Ia sudah bangun sejak jam 7 pagi dan kemudian memakan roti dengan selai kacang sebagai sarapannya. Penampilan Alyssa sangatlah santai dengan kaos dan celana panjang karet. Jaket panjang coklat yang dikenakan seminggu yang lalu, ia kenakan.
Gaya baju yang dipakai oleh orang-orang London terlihat sangat sederhana. Mereka tidak begitu memedulikan fashion, selama mereka nyaman dengan gaya berpakaian mereka masing-masing. Berbeda dengan Jakarta, orang-orang begitu memerhatikan penampilannya.
.....,
Tepat pukul 8 pagi waktu London, ia berjalan kaki dengan memakai sepatu sneakers nya menuju kampus. Tak sampai 10 menit, ia sudah tiba di pintu gerbang kampus itu.Di kampus itu, terlihat beberapa mahsiswa atau mahasisiwi yang lama ataupun baru sedang berkumpul di lapangan untuk
menunggu waktu orientasi tiba pada pukul 8.30 pagi. Kebanyakan mahasiswa mahsisiwi tersebut berasal dari Jakarta yang membuat Alyssa gampang untuk bersosialisasi."Hi" sapa Alyssa kepada salah satu mahasiswi Indonesia.
"Hi" sapa mahasiswi itu yang diketahui namanya Intan.
"Senang berkenalan denganmu, Intan."
"Senang berkenalan denganmu, Alyssa. Oh iya, asal kamu dari mana?"
"Jakarta " Alyssa menjawab malu.
"Aku juga dari Jakarta."
"Kamu mau ambil jurusan apa, Al?"
"Aku ambil jurusan Akutansi. Kalau kamu jurusan apa?"
"Aku jurusan Komunikasi, nih. Wah, berarti kamu orangnya pinter dan teliti ya, Al?"
"Iya, lumayan" Alyssa menjawabnya sambil malu-
"Ayo, masuk, yuks, kayanya sebentar lagi orientasinya bakalan mulai?" ajak Intan ke Alyssa.
"Ayo" Mereka berdua berjalan menuju aula dan mengambil tempat duduk yang bersebelahan.
........
Aula itu tampak besar dan luas. Di dalamnya terdapat bangku-bangku serta meja kecil yang dapat dilipat. Pada bagian tengah-tengah dinding terdapat layar OHP yang sangat besar sekali. Tak jauh dari layar OHP itu, tersedia sebuah podium yang dipakai untuk para dosen mengajarkan mata kuliah dengan menggunakan microphone.Orientasi itu memakan waktu 1 jam. Di sana para murid dijelaskan mengenai peraturan kampus, cara belajar mandiri dengan sistem online serta pengenalan akan kampus baru mereka. Murid-murid juga dibagikan sebuah brochure tentang sejarah kampus mereka dan mata kuliah apa saja yang ada di sana.
....
Setelah selesai, Alyssa dan Intan memutuskan untuk berjalan-jalan di pusat kota. Keduanya senang berbelanja, jadi tidak heran jika mereka membawa belanjaan yang sangat banyak. Lalu, sebelum pulang, keduanya melakukan lunch di salah satu cafe."Habis ini kita, ke mana lagi, Tan?"
"Kayanya aku balik deh, uda sore soalnya?" Intan melirik jam tangan yang menunjukkan pukul 3 sore.
"Ok. Aku juga mau balik. Tapi, ayo kita ke stasiun sama-sama, yuk?"
"Yuk."
....
Setibanya di stasiun, Intan dan Alyssa berpisah, dikarenakan arah rumah mereka yang berlawanan arah. Sebelum berpisah, keduanya saling bertukar nomor telepon.
KAMU SEDANG MEMBACA
Teman Lama Yang Berjumpa
Roman d'amourAyas dan Alyssa adalah teman SD yang sudah lama tidak pernah berjumpa kembali dikarenakan oleh Alyssa yang berkuliah di London. Takdir mempertemukan keduanya kembali saat Alyssa telah lulus kuliah.