"Kok cepet?" tanya Fahri saat melihat Reinald kembali ke kafe setelah tadi pergi ke rumah kakak Putri.
"Mo ikutan kita gak? Additional gitarisnya lagi mangkir mulu abis kabur sama pacarnya kemaren!" tambah Ujang.
Reinald tertawa. "Minggu depan lah. Gue masih capek banget sebetulnya."
"Lah, loe ngapain ke sini lagi, Malihhh!! Bukannya pulang!!" gerutu Satria.
"Mampir bentar, elah!!!" balas Reinald sambil mengeplak kepala Satria.
"Bae-bae, Sat! Kasta dia sekarang lebih tinggi dari loe, loh! Loe kalo mau minang Rena, yang jabat tangan loe biar sah bisa jadi dia loh!" ledek Dani.
"Ah elah! Gue kaga mikir sampe sono lagi! Maafkan aku kakak ipar!" seru Satria.
Reinald bergidik, geli. "Ni Rena harus gue getok kepalanya apa gimana sih biar sadar? Kok ya mau-mauan sama kukang? Udah mana si Bangsat lebih tua dari gue! Komedi amat hidup gue astagaaa!!" keluhnya.
"Cuma beda 6 bulan doang sama loe! Loe sama Kriwil aja tuaan dia 4 bulan kan?" Satria membela diri dan Reinald kembali mengeplak kepalanya.
"Loe sama Rena beda 4 tahun ya, Bangsat!" sembur Reinald.
"Yang penting sama-sama udah gede!" balas Satria lagi yang tak kapok dikeplak Reinald.
"Udah, Sat.. udah! Rei masih sulit buat terima kenyataan. Tolong dikasihani. Siapa tau masih jet lag!" bela Raka.
"Baru balik 3 hari udah penuh banget kepala gue!" keluh Reinald.
"Gimana nyokapnya Kriwil?" tanya Raka.
"Hmmm... oke sih. Kan memang sebelumnya gue udah sempet ngomong juga sama Mbak Rani pas dia ulang tahun 3 bulan lalu."
"Eh, gimana?" tanya Fahri tak mengerti.
"Ya gue ngucapin met ultah kayak biasa... trus dia nanya-nanya kabar gue, nanyain juga hubungan gue sama Puput gimana sebetulnya? Soalnya Puput paling gak suka kalau ditanya-tanya soal hubungan dia dan gak akan mau jawab juga. Mungkin Mbak Rani worried juga kali ya... kita udah pacaran lama tapi belom keliatan ujungnya. Dia gak mau adeknya nunggu sia-sia. Jadinya gue telpon lah... jelasin kalau nanti gue balik, ya gue mau langsung ngelamar.
Toh gue juga udah bahas sama Ibu pas dia gue ajak ke Paris. Gue bilang gue serius sama Puput... minta izin sama restu ibu buat ngelamar dia kalau gue udah di Indo lagi... minta maaf juga kalau kami mau childfree jadi ibu gak perlu desek-desek minta cucu dari gue. Well, thats before... hmmm...." Reinald tak sanggup melanjutkan ucapannya.
Fahri yang berada paling dekat dengan Reinald menepuk-nepuk punggungnya menguatkan.
Reinald tersenyum tipis, melanjutkan ceritanya. "Ibu jelas setuju ya... udah cinta banget dia sama Puput. Bahkan bilang kalau dia udah ngumpulin tabungan buat lamaran gue ntar. Udah beli beberapa perhiasan juga yang dia bilang bakal cocok buat Puput."
"Itu gue yang nganterin, tuh! Bareng Rena. Udah gue ledekin, 'beuhh... ibu mau pamer emas di acara arisan ya?' Ehhh... ternyata buat calon mantu. Rena yang pilihin modelnya, jadi bagus gitu lah... Kriwil suka kupu-kupu, kan?" ucap Satria.
Tersenyum lebar, Reinald menjawab. "Iya, dia suka banget. Suka sama lebah juga sih... burung hantu apalagi. Gak tau lah! Emang aneh aja selera dia! Nahh, jadi tadi pas di sana... ya udah gak ada yang kaget sih, ketika gue bilang bulan depan mau lamaran resmi. Minta maaf juga baru bisanya bulan depan soalnya harus nyocokin jadwal Mas Raya sama Mas Rama dulu. Mamanya oke, sih. Gak keberatan. Intinya gue direstuin lah... nah, tadi tuh gue sekalian ngasih tau budget yang gue sediain berapa. Jadi semisal mamanya mau bikin pesta gede, masih bisa lah gue cover walau tadi yang ngomel-ngomel malah anaknya ya... gak rela dia abis banyak buat pesta doang. Itu pas gue tinggal masih sibuk berdebat mereka berdua. Mbak Rani sama Mas Angga nyuruh gue balik aja soalnya bakal alot debatnya. Kata mas Angga, kabur dari pertempuran yang ini masih terhormat, kok. Jadi gue cepet-cepet cabut soalnya Puput juga dipaksa nginep sama mamanya. Paling besok pagi gue jemput trus gue anterin ke kantor," jelas Reinald panjang lebar.
"Gue pegang Kriwil!" seru Ujang tiba-tiba.
"Gue nyokapnya! Gue yakin batu-batunya dia pasti dia dapet dari nyokapnya!" Dani menambahkan, menoleh ke Satria.
"Kriwil, all in! Dia tuh tipe yang makin dilarang makin ngereog!" jawab Satria.
"Hmmm... kakaknya bilang apa? Eh namanya apa sih? Gue yakin sama ribetnya kayak nama asli Kriwil?" tanya Fahri.
Tertawa, Reinald menjawab. "Maharani Kamaniya. Panggil aja Rani. Kalau Puput lagi sebel biasanya dia panggil, Yang Mulia Maharani!!"
"Yang Mulia dukung siapa?" tanya Fahri.
"Kayaknya dukung adeknya. Tadi sempet denger dia bilang, mending uangnya dipake buat puas-puasin pergi honeymoon. Tapi mama ngasih argumen kalau keluarga besar mereka itu banyak. Gak enak kalau gak diundang semua," tambah Reinald lagi
"Oke... gue dukung nyokapnya! Gitu-gitu si Kriwil selalu hormat ke orangtua. Ya sama ibunya Rei aja segitunya, apa kabar ke ibu sendiri? Hubungan mereka baik juga, kok. Kebaca pas dia pingsan DBD dulu. Manja bener tu anak sama emaknya! Gue pas dateng nengokin, dia lagi mangap minta disuapin soalnya!" putus Fahri.
"Cakep-cakep ya itu keluarga. Baru ketemu semua pas di RS aja. Mamanya Kriwil pas muda pasti jadi kembang desa!" tambah Raka.
"Disatuin sama keluarga Rei pas foto nikahan, fotografernya seneng, deh. Matanya gak sepet!" seru Satria.
"Wah iya...." ucap Raka. "Eh, gue dukung Kriwil. Udah gak zaman nikah gede-gedean. Mending di sini aja kan... privat, makanan gue jamin bakal enak."
Dani mengeplak kepala Raka. "Si Anjir malah promosi!"
Reinald dan yang lainnya tertawa kencang.
"Lancar-lancar, lah, Bro... gak ada halangan apa-apa ke depannya," ucap Dani, tulus. Yang diamini oleh teman-temannya dan juga Reinald.
Satu-persatu mereka keluar dari ruangan Raka untuk tampil, menyisakan Raka dan Reinald saja.
"Ka...." panggil Reinald.
"Hmmm...."
"Makasih ya... udah jagain Puput...." ucap Reinald.
Raka menarik napas dalam. "Sayang banget gue sama dia. Udah berasa kayak adek gue sendiri."
"Iya... gue tau."
"Loe jangan pernah nyakitin dia ya, Rei!"
Tersenyum tipis, Reinald menggeleng. "Gue harap sih gak akan pernah," jawabnya jujur.
"Ya udah... loe jaga baik-baik deh tu bocah Kriwil."
"Hmmm... Ka.... Bisa gak loe ceritain ke gue kondisi Puput saat gue gak ada?" ucapnya ragu-ragu.
"Gue rasa Puput gak akan ngizinin gue buat cerita...."
"Please... gue juga mau berbagi beban yang sama. Loe tau dia kan! Dia tuh selalu hati-hati banget gak mau bikin gue kepikiran," bujuk Reinald.
Lagi-lagi Raka menarik napas dalam. "Iya... sebucin itu dia sama loe! Agak tolol sih kalau gue liat-liat."
Reinald terkekeh. "Sialan!!" makinya.
"Ya gapapa lah, toh loe juga sama bucinnya...." tambah Raka lagi.
"Ka... gimana Puput... pas keguguran? Dia sedih banget pasti!" tanya Reinald lagi.
Raka menggelengkan kepala. "You have no idea, Rei.... Pokoknya kalau loe sampe nyakitin dia, loe bakal gue gebukin sampe mati!"
———————————
Luv,
NengUtie
KAMU SEDANG MEMBACA
Second Chance
RomanceKetemu masa lalu yang sudah di flush jauh-jauh itu memang ibarat membuka pandora box atau makan sekotak coklat ala Forrest Gump. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Seperti yang dialami Putri saat dia bertemu kembali dengan cin...