06.

15 2 0
                                    

Agula dan Xiao-Die melarikan diri bersama kelompok Qiyan Gergen. Hari-hari berlalu satu demi satu. Yang menemukan mereka bukanlah Sukhbaru, melainkan ribuan prajurit yang dipimpin oleh Khan dari suku Tuba, Erihe.

Prajurit Chengli yang kelelahan tidak punya kekuatan lagi untuk melawan mereka. Penatua penting Gergen mengabaikan saudara Qiyan saat dia memimpin sekelompok besar orang dan kuda melarikan diri dalam kekacauan. Untungnya, Sukhbaru telah mengatur seorang pejuang yang setia di antara kelompok tersebut. Prajurit itu memimpin ratusan prajurit untuk melindungi Agula dan Xiao-Die saat mereka mati-matian keluar dari pengepungan. Mereka melarikan diri ke arah selatan.

Hari-hari pengasingan mereka berlanjut selama setengah tahun. Musim semi telah kembali ke dataran rumput. Saat itu baru musim penggembalaan ternak, namun kelompok Agula sudah berhari-hari memakan umbi-umbian. Saat istirahat, Agula sering berpikir: apakah adik laki-laki saya sudah lahir dengan selamat? Apakah ayah dan ibu aman dan sehat?

"Gege, aku lapar."

Xiao-Die bersandar dengan sedih di pelukan Agula. Dia menatap kakaknya, lalu bertanya lagi: "Kapan ah-ba dan mama akan mengantar kita kembali?"

Agula menepuk punggung Xiao-Die sambil menenangkannya dengan lembut: "Segera."

Mendengar perkataan Putri kecil itu, Buqin menguatkan hatinya. Dia berjalan menuju Agula, lalu dia berlutut dengan satu kaki: "Pangeran, ini tidak bisa berlangsung lebih lama lagi. Mungkin aku harus menyembelih kudaku!"

Semua orang memusatkan pandangan mereka pada Buqin. Dia menundukkan kepalanya sedikit juga, seolah-olah dia sedang menanggung beban seribu jin.

Kuda bukan hanya kaki orang-orang di dataran rumput. Mereka juga merupakan pasangan seumur hidup mereka. Di mana ada manusia, di situ ada kuda.

Agula berdiri, lalu dia membantu Buqin berdiri dari tanah: "Paman Buqin, Xiao-Die hanya bersikap kekanak-kanakan, jangan menganggapnya serius. Sebagai penduduk dataran rumput, kita tidak bisa membunuh kuda meskipun itu berarti mati kelaparan!"

Buqin memandang Agula dengan rasa terima kasih, namun hatinya sakit melihat wajah kuyu kedua anak ini. Khagan masih belum mencapai mereka, namun tentara suku Tuba dan orang Selatan mengejar mereka tanpa henti. Mungkin...

“Pangeran, kemana kita harus pergi selanjutnya?”

Agula memikirkannya, lalu menjawab: "Paman Buqin, mungkin kita harus terus menuju ke selatan."

"Selatan? Tapi kita sudah mencapai perbatasan dataran rumput, apakah kita menuju lebih jauh ke selatan?"

"Ya. Kita bisa beristirahat sebentar di tepi sungai Luo."

Buqin mengerutkan alisnya, tapi dia memikirkannya dengan cepat: "Saya mengerti, Pangeran benar-benar pintar."

Selama lebih dari belasan hari setelah itu, mereka tidak lagi bertemu tentara yang mengejar musuh. Tapi saat semua orang menghela nafas lega, mereka bertemu dengan pasukan tentara Selatan!

Saat ini, jumlah pengawal Agula telah berkurang menjadi kurang dari seratus. Baik manusia maupun kudanya kelelahan, sementara pasukan musuh berbaris rapi. Semua orang mengenakan baju besi berkilauan.

Buqin berpengalaman dalam pertempuran. Melihat formasi prajurit yang seolah tak ada habisnya, ia pun putus asa.

Dia segera memerintahkan: "Temur, bawa setengah dari orang-orang dan antarkan Putri ke utara, aku akan mengambil sisanya dan mengawal Pangeran ke selatan!" Satu-satunya hal yang bisa dia lakukan saat ini adalah mati-matian melindungi garis keturunan Khagan yang terakhir dengan nyawanya.

"Gege, aku tidak ingin berpisah denganmu!"

Buqin menarik kendali. Dia berkata dengan mendesak sambil melihat ke arah Agula: "Pangeran! Mungkin masih ada kesempatan untuk bertahan hidup jika kita lari secara terpisah, kita hanya bisa mengikuti rencana Surga sekarang!"

Clear and Muddy Loss of Love (JWQS)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang