Suara tapak kuda terdengar dari luar tenda. Ketiga anak itu menajamkan telinga mereka dengan tajam.
Orang yang datang adalah salah satu pengawal dekat Khagan Sukhbaru. Sukhbaru pergi berburu bersama sekelompok orang di kedalaman padang rumput beberapa hari yang lalu; dia pasti sudah kembali.
“Khatun, Khagan ingin Pangeran Agula datang.”
"Apa yang telah terjadi?"
"Khatun bisa santai, Khagan telah menangkap harta karun kuda Ferghana. Cukup intens, beberapa pelatih yang sangat terampil tidak bisa menjinakkannya sama sekali..."
Furong mengangguk mengerti. Tanpa memanggil mereka, Agula sudah menggandeng Xiao-Die keluar dari tenda besar, diikuti oleh Bayin.
“Ibu, aku juga ingin membawa meimei kesana.”
Melihat Furong ragu-ragu, Agula diam-diam meremas tangan Xiao-Die. Yang terakhir bekerja sama sekaligus dengan bertindak manja: "Bu, ibu~."
"Kalau begitu... lebih berhati-hati."
"Ibu yakinlah, kuda-kuda itu pasti tidak akan menyakiti siapa pun selama aku ada. Ayah juga ada di sana."
Bayin juga berkata: "Khatun bisa santai. Tidak ada kuda di dataran rumput ini yang belum bisa ditaklukkan oleh Anda."
Semua orang di suku Chengli mengetahuinya: Pangeran Agula mereka memiliki bakat ajaib yang diberikan oleh surga. Tidak peduli seberapa kuatnya seekor kuda, ia akan langsung patuh begitu berada di tangan Agula.
Saat Agula pertama kali belajar menunggang kuda saat berusia tiga tahun, Sukhbaru memerintahkan seseorang untuk menuntun kuda poni untuknya. Namun tak disangka, Agula malah berteriak meminta Black Wind, kuda milik ayahnya. Kuda harta karun Sukhbaru hanya mengenali satu majikan. Siapapun yang berjalan di dekatnya akan terkena tendangan, dan hanya Sukhbaru yang bisa mengurusnya setiap hari. Tak kuasa menahan kegigihan putranya, Sukhbaru berjalan menuju Angin Hitam sambil menggendong Agula. Tak disangka, Agula hanya menepuk leher Black Wind, lalu ia berlutut di tanah, rela membiarkan Agula menungganginya...
Awalnya Sukhbaru mengira kudanya cerdas dan diakui keluarganya. Namun seiring bertambahnya usia Agula, Sukhbaru terkejut menyadari: betapapun kuatnya seekor kuda, mereka akan patuh begitu berada di tangan 'putranya'. Agula berkata: dia bisa mendengarkan hati kuda.
Sukhbaru membawa putranya menemui imam besar, yang mengatakan bahwa ini adalah anugerah ilahi. Hanya mereka yang memiliki jiwa murni yang dipilih oleh keilahian yang dapat memanfaatkan kekuatan alam dan mendengarkan hati kuda dengan penuh perhatian.
Kerumunan mengelilingi padang rumput. Di tengah area, ada beberapa pendekar berbadan tegap yang mengayunkan tiang laso di tangannya, 'melawan' kuda tersebut.
Agula melihat lebih dekat: itu adalah seekor kuda hamil berwarna merah menyala. Tubuhnya anggun, anggota tubuhnya kuat dan tinggi. Meski lelah dan terengah-engah, ada rasa permusuhan yang tak henti-hentinya terlihat di matanya. Lapisan tipis warna merah mewarnai rumput di bawah kuda itu. Hati Agula dipenuhi kegembiraan: itu benar-benar kuda Ferghana!
Kerumunan itu membuka jalan begitu mereka melihat Agula. Agula mengencangkan lengannya pada Xiao-Die, lalu dia meremas perut kudanya untuk memasuki lingkaran.
Seorang prajurit maju untuk membawa Xiao-Die. Agula dan Bayin turun dari kudanya, lalu mereka berlutut di depan Sukhbaru: "Ayah."
"Khagan."
Sukhbaru mengambil Xiao-Die dari prajurit itu. Menggendongnya dengan satu tangan, dia memberi isyarat dengan dagunya: "Bukankah kamu selalu mengeluh kepada ah-ba bahwa kudamu tidak cukup cepat? Nah. Begitu kamu menaklukkannya, itu milikmu."
KAMU SEDANG MEMBACA
Clear and Muddy Loss of Love (JWQS)
Ficção HistóricaParit alami yang disebut sungai Luo membelah daratan besar menjadi dua. Jing di utara, dan Wei di selatan. Salah satunya adalah Pangeran dataran rumput yang tidak memiliki kekhawatiran atau kesedihan. Salah satunya adalah Putri sah yang menerima ban...