Setelah jamuan makan berlangsung cukup lama, Nangong Rang tiba-tiba bertanya: "Menteri Lu yang terhormat telah melakukan kebajikan yang tak tertandingi, hadiah apa yang harus saya berikan kepada Anda?" Begitu dia mengatakan itu, dia menyipitkan matanya yang sedikit mabuk dan melihat sekeliling. Ia berkata lagi: "Setiap menteri yang baik juga harus mempunyai pendapat. Apa yang harus saya berikan kepada Komandan?"
Aula besar yang ramai menjadi sunyi dalam sekejap. Sebagian besar pejabat militer mengungkapkan ekspresi kegembiraan, sedangkan pejabat sastra yang lebih sadar menundukkan kepala seperti mabuk, tidak berani berbicara.
"Yang rendahan ini diliputi rasa syukur karena menerima limpahan rahmat Yang Mulia. Karena hal ini dilakukan karena kesetiaan kepada kedaulatan dan tugas kepada kerajaan, yang rendahan ini tidak berani meminta imbalan."
"Apa yang dibicarakan oleh Menteri Lu? Jika saya tidak mengungkapkan apa pun terhadap kebajikan duniawi seperti itu, bukankah hal itu akan mengecewakan para pemuda di dunia?" Lu Quan tetap diam, sementara Nangong Rang mengelus jenggotnya sambil mempertimbangkan sejenak: "Mungkin sebaiknya aku menyegel menteri tersayang itu sebagai Adipati Pertahanan Kerajaan?"
Lu Quan berdiri. Dia berjalan mengitari mejanya, lalu dia berlutut di aula besar: "Hal ini menakutkan, dan memberanikan diri untuk meminta Yang Mulia mencabut dekrit itu."
Meskipun Komandan dan Adipati Pertahanan Kerajaan keduanya merupakan posisi tingkat pertama, namun yang pertama bukanlah posisi turun-temurun. Sebaliknya, yang terakhir adalah gelar bangsawan dan merupakan kedudukan turun-temurun. Tampaknya itu bukanlah hadiah yang tidak pantas.
Namun tidak peduli apakah itu adalah Nangong Rang yang duduk di belakang meja kekaisaran atau Lu Quan yang berlutut di bawah peron, kedua belah pihak memahami dengan jelas makna di baliknya. Ini adalah penyelidikan retoris pertama bagi keduanya.
Akan sangat menyenangkan jika Lu Quan berterima kasih atas anugerah ini secara terbuka, namun dia malah mengambil langkah catur yang berisiko dengan berlutut mengucapkan terima kasih tanpa menerima tawaran tersebut.
Nangong Rang memiliki motif tersembunyi. Untuk menyegel Lu Quan sebagai bangsawan hanyalah permulaan dalam mendapatkan kembali kekuatan militernya. Lu Quan mengetahui hal itu dengan jelas, tetapi dia tidak ingin mundur selangkah pun. Suasana jamuan makan yang mewah mulai berubah tegang.
Saat itu, seorang kasim masuk dari pintu samping kecil. Dia berjalan cepat menyusuri dinding sampai ke meja kekaisaran, lalu dia bersujud di lantai: "Melaporkan Yang Mulia, pelayan ini punya sesuatu untuk dilaporkan."
Nangong Rang mengalihkan pandangannya, lalu dia memberi isyarat agar Sijiu turun dan bertanya.
Sida-sida itu menggumamkan banyak hal di telinga Sijiu, kemudian yang terakhir kembali ke sisi Nangong Rang untuk menyampaikan pesan: "Melaporkan Yang Mulia, Yang Mulia Putri telah pulih dari demamnya hari ini. Dia membuat keributan untuk menemui Yang Mulia. Perawat basah tidak bisa menghalangi Yang Mulia, jadi mereka menunggu di luar aula besar sekarang."
"Biarkan ibu susu membawa Putri masuk!"
"Dipahami."
Sijiu pergi untuk memenuhi perintahnya. Berkat jeda kecil ini, Nangong Rang melambaikan tangannya dengan acuh tak acuh: "Menteri yang terhormat boleh bangkit, masalah hadiah ini akan dibicarakan di lain hari."
"Terima kasih kepada Yang Mulia."
Empat orang kasim mendorong pintu aula hingga terbuka. Perawat yang basah menggendong seorang gadis kecil yang lembut melewati pintu masuk utama aula.
Gadis itu tampak berusia sekitar empat hingga lima tahun. Baru saja sembuh dari demam, dia tampak sedikit lemas. Rambut tipisnya digulung menjadi sanggul kembar dan diikat dengan jepit rambut emas yang disematkan batu permata. Dia mengenakan gaun istana brokat berlengan lebar dengan pola seratus bunga bersulam, meski tertutup di bawah mantel kecil berwarna merah tua.
KAMU SEDANG MEMBACA
Clear and Muddy Loss of Love (JWQS)
Historical FictionParit alami yang disebut sungai Luo membelah daratan besar menjadi dua. Jing di utara, dan Wei di selatan. Salah satunya adalah Pangeran dataran rumput yang tidak memiliki kekhawatiran atau kesedihan. Salah satunya adalah Putri sah yang menerima ban...