11.

19 3 0
                                    

Siswa yang ingin mengikuti tes pra-siswa sudah mulai memasuki kota sebelum langit cerah. Sejak Nangong Rang naik takhta, dia melakukan upaya keras untuk membuat kerajaan makmur. Dia menghargai pencarian intelektual, dan dia menjunjung tinggi keterampilan bela diri. Itulah sebabnya standar ujian pra-siswa sangat tinggi. Jalan dari gerbang kota menuju ruang ujian dibersihkan dengan cermat pada pagi hari. Semua toko dan kios di dekatnya sepi.

Provinsi Yun adalah provinsi besar dan berbatasan dengan ibu kota. Banyak murid yang memiliki ide yang sama dengan Qi Yan bergegas datang dari negeri yang jauh. Mayoritas dari mereka bepergian sendirian dengan membawa koper di punggung, sementara beberapa dari mereka membawa serta asisten atau pembantu anak.

Nangong Rang sangat menganjurkan berhemat, oleh karena itu sebagian besar siswa berpakaian sederhana. Jika seseorang ingin membedakan latar belakangnya, ada cara untuk melihatnya secara langsung: dari cara berjalannya.

Mereka yang berjalan dengan langkah cepat dan mengayunkan lengan bajunya sambil melihat sekeliling adalah murid dari keluarga miskin.

Sedangkan yang memiliki pandangan terfokus, langkah mantap dan tenang, bahu rata dan lurus, sebagian besar berasal dari keluarga ulama.

Jika seseorang mengangkat dadanya tetapi kepalanya sedikit menunduk, tangannya tepat di atas perut tetapi di bawah dada, dan tangan yang lain dibiarkan bergoyang sedikit di dalam lengan baju yang lebar sesuai dengan langkah kakinya, berjalan tanpa suara tanpa gerakan yang berlebihan; orang itu pastilah tuan muda penting dari keluarga bangsawan.

Cara berjalan seperti itu diturunkan dari Dinasti sebelumnya. Itu dikenal sebagai: sikap yang berbudaya dan halus.

'Sikap yang berbudaya dan halus' tidak hanya berarti berjalan. Ini mencakup banyak aspek seperti ucapan dan tingkah laku. Jika seseorang ingin memahami esensinya, mereka tidak hanya harus mulai mempelajarinya sejak usia dini; mereka juga harus membayar mahal agar seorang ahli etiket dapat mengajari mereka dengan sangat hati-hati. Qi Yan telah melihat sikap yang berbudaya dan halus ini sebelumnya, pada tubuh Shifu-nya. Tapi dia belum pernah mengajarkannya sebelumnya.

Qi Yan selalu penasaran dengan identitas orang bertopeng itu. Tapi orang bertopeng telah mengumpulkan semua bahan bacaannya, jadi dia hanya bisa menyimpulkan dari sedikit petunjuk bahwa orang bertopeng itu dulunya adalah bangsawan.

Ini belum waktunya untuk memasuki tempat ujian. Enam meja persegi ditempatkan di depan gerbang ruang ujian. Para murid menunggu dengan sabar dalam enam baris yang teratur.

Tiba-tiba, keributan terdengar. Para murid mengerutkan kening saat mereka melirik ke arah suara itu. Mereka melihat seorang tuan muda mengenakan pakaian brokat, tergeletak malas di atas tandu yang dibawa oleh dua orang.

Qi Yan menoleh, lalu dia segera mengalihkan pandangannya: Ding Fengshan telah datang.

Para pembantu rumah membawa sampah itu sampai ke barisan paling depan. Salah satu dari mereka mendorong murid pertama dengan kasar: "Keluarlah dari posisi ini!"

Murid itu tidak terlihat lebih tua dari empat belas tahun, dan dia mengenakan jubah dari kain kasar yang berwarna putih pudar. Wajahnya memerah karena marah: "Ini ruang ujian, bagaimana kamu bisa bertindak begitu brutal di tempat formal seperti ini?"

Pembantu rumah tidak menghasilkan apa-apa. Dia berteriak: "Ini adalah keberuntungan hidupmu bagi tuan muda yang hebat dari perkebunan Ding untuk menggunakan posisimu! Minggir!"

Pemuda itu terkejut sejenak. Rupanya, dia tahu tentang status Ding Fengshan. Sikapnya melemah, lalu dia menatap Ding Fengshan. Dia bergumam: "Baiklah, aku akan pindah.", lalu dia mengambil kopernya dan pergi ke antrian paling belakang.

Clear and Muddy Loss of Love (JWQS)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang