Qi Yan membawa buku yang ditranskrip beserta dua karya tulisnya ke toko buku. Mata penjaga toko berbinar ketika dia melihat Qi Yan, lalu dia berjalan mengitari konter dengan tergesa-gesa: "Kamu di sini? Silakan lewat sini."
Keduanya sampai di kompartemen tersembunyi. Qi Yan mengeluarkan buku yang ditranskrip dan buku sumbernya, lalu dia memberikan keduanya kepada penjaga toko: "Buku itu sudah ditranskripsi, pak tua boleh memeriksanya."
Penjaga toko membolak-balik beberapa halaman dengan santai, lalu dia mengangguk puas: "Orang tua ini akan segera membayar cek master juren."
“Pak tua, mohon tunggu. Junior ini telah membawa dua karya sederhana kali ini, silakan lihat.” Qi Yan mengeluarkan dua gulungan kertas dari kopernya, satu besar dan satu kecil.
Qi Yan membuka yang kecil terlebih dahulu: "Ini adalah lirik pendek yang ditulis oleh junior ini sebagai inspirasi selama perjalananku, bolehkah pak tua melihatnya."
Penjaga toko menerimanya dengan kedua tangannya, melihat taburan garis-garis yang ditulis dengan tinta putih di atas kertas hitam: Sebuah paviliun yang dikelilingi salju seputih batu giok, mengosongkan warna malam. Beragam bunga bersaing dalam pesona musim semi. Kemudian tibalah musim panas, dengan lengan tipis dan topi pendek. Orang-orang terikat dengan lagu-lagu mabuk. Puisi lama yang sama dituliskan pada kipas kertas, sementara hujan musim gugur turun seperti kabut di luar. Terbungkus dalam notasi baru seruling giok dan nyanyian merdu yang indah. Wanita, aku tiba di tempat angin musim semi.
(TN:李彭老《浣溪沙·题 草窗词》kalimat terakhir mengalami beberapa perubahan, 'ikuti' diubah menjadi 'di sini/jangkau', 'angin timur' diubah menjadi 'angin musim semi')
Ditandatangani dengan- gembala pertapa.
Penjaga toko menggumamkan lirik itu pada dirinya sendiri dua kali. Dia menjadi lebih terharu saat membacanya: "Ini... benar-benar naskah yang luar biasa!"
“Pak tua memberi lebih banyak pujian daripada yang seharusnya.”
Penjaga toko mengangkat kepalanya. Dia memperhatikan bahwa Qi Yan mengenakan satu set pakaian yang berbeda hari ini, tetapi masih ada tambalan yang ditutupi tambalan. Meski begitu, pemuda ini tetap menjaga punggungnya tetap lurus seperti kuas. Dan meskipun dia menerima pujian, ekspresinya lembut tanpa sedikit pun kesombongan.
Penjaga toko telah mencoba ujian tiga kali tanpa hasil. Karena tidak punya pilihan lain, dia mengambil alih toko buku ayahnya. Sekarang, usianya sudah mencapai enam puluhan. Dia tahu bahwa dia tidak bisa menulis karakter yang begitu bagus, apalagi naskah yang begitu brilian. Pemuda sebelum dia ini belum mencapai usia dua puluhan, tapi dia sudah memiliki gelar juren. Masa depannya tidak dapat dibatasi.
Memikirkan hal ini, penjaga toko semakin menghormati Qi Yan. Qi Yan tampaknya tidak menyadarinya saat dia mengambil gulungan lainnya, yang mereka berdua buka gulungannya bersama-sama.
Gulungan kedua panjangnya tiga puluh sentimeter dan lebarnya sekitar lima belas sentimeter: "Ini... ini?"
"Prasasti di mata air manis di istana Jiucheng'. Junior ini lahir di provinsi Jin, dan prasasti batu ini adalah harta karun provinsi Jin. Prasasti ini berada di bawah wilayah Chencang, meskipun penulisnya tidak lagi dapat diverifikasi. Junior ini memiliki kesempatan untuk mengapresiasinya di masa mudaku dan tidak pernah melupakannya selama bertahun-tahun, oleh karena itu aku memberanikan diri untuk menyalinnya."
Benar saja, ada tulisan yang jelas di bawah transkripnya:
ditranskripsikan oleh pertapa gembala selama Jingjia Ketujuh Tahun.
Penjaga toko akhirnya menyadari ada sesuatu yang hilang. Dia bertanya: "Mengapa master juren tidak mencap ini dengan stempel tanda tangan?"
“Junior ini masih pemula dan belum mempersiapkannya.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Clear and Muddy Loss of Love (JWQS)
Narrativa StoricaParit alami yang disebut sungai Luo membelah daratan besar menjadi dua. Jing di utara, dan Wei di selatan. Salah satunya adalah Pangeran dataran rumput yang tidak memiliki kekhawatiran atau kesedihan. Salah satunya adalah Putri sah yang menerima ban...