Sebelum malam tiba, Sukhbaru pergi memeriksa sendiri kandang ternak. Ia menginstruksikan para prajurit yang berpatroli malam untuk lebih berhati-hati, lalu ia bergegas kembali ke tenda besar.
Ternak menjamin kelangsungan hidup seluruh suku selama musim dingin. Kapanpun musim ini tiba, Sukhbaru akan melakukan inspeksi setiap hari tanpa henti. Hal ini terutama diperlukan saat ini karena suku Chengli dan suku Tuba terus berjuang baik secara terbuka maupun diam-diam selama beberapa tahun terakhir. Meski belum memutuskan hubungan secara resmi, suku-suku kecil yang bergantung pada suku Tuba kerap memprovokasi suku-suku yang bergantung pada suku Chengli setiap musim gugur. Bagaimana mereka berani melakukannya tanpa dukungan apa pun?
Sukhbaru mendengus dingin. Dia telah menghancurkan aliansi pernikahan dengan suku Tuba tiga tahun lalu. Padahal rupanya sang Putri malah menikah dengan Pangeran dari suku Weike. Mengingat istrinya sudah menunggunya di tenda, senyum hangat tersungging di wajah Sukhbaru. Dia mempercepat langkahnya sekali lagi.
Masih ada cahaya di dalam tenda. Sukhbaru melepas mantel dinginnya, lalu menggantungnya di rak dekat pintu masuk sebelum dia masuk ke dalam. Melihat Furong masih menjahit pakaian di bawah cahaya lampu minyak, dia berkata: "Kamu sedang hamil, serahkan saja tugas-tugas seperti ini kepada wanita lain di suku ini."
Furong mengangkat kepalanya dan menatapnya, lalu dia berkata pelan tanpa menghentikan gerakannya: "Bicaralah sedikit lebih pelan, Agula baru saja tertidur."
Sukhbaru memandang ke arah balita yang tertidur lelap itu, lalu tersenyum sambil berkata: "Mei-zi bisa tenang. Anak ini tidurnya nyenyak sekali, bahkan guntur pun tidak mampu membangunkannya."
Mendengar hal tersebut, Furong mengungkapkan ekspresi seorang ibu yang penuh kasih di matanya. Dia meletakkan mantel kecil dari kulit binatang yang setengah jadi, lalu dia menyentuh perutnya dengan lembut: "Saya harap anak ini akan menjadi laki-laki."
Sukhbaru tidak menangkap kekhawatiran dalam perkataan istrinya. Dia duduk dengan santai, lalu dia berkata dengan penuh semangat: "Mei-zi, Agula menarik busur lembut dan menembak jantung targetnya lima langkah jauhnya hari ini. Aku meminta seseorang menuntun kuda poni untuknya, tapi anak ini sebenarnya menolaknya; dia bersikeras untuk menunggang kuda Angin Hitamku." Sukhbaru mengungkapkan ekspresi bangga sambil melanjutkan: "Saya baru bisa menggambar busur lunak ketika saya berusia empat tahun! Sebagian besar anak-anak di suku tersebut hanya bisa menggambar busur ketika mereka berusia enam tahun. Dan bahkan jika mereka bisa menggambar busur, mereka mungkin tidak menembak jantung sasarannya. Agula kita ketika berusia tiga tahun sudah bisa melakukannya. Saya pikir di masa depan, tidak ada yang layak menyandang gelar 'Jebe' kecuali dia."
Furong menghela nafas pelan: "Benarkah? Anak ini berganti setiap hari. Mantel kecil yang saya buat sebelumnya sudah menjadi agak pendek..."
Furong merasakan perutnya menggembung lagi: semoga langit memastikan bahwa anak ini berjenis kelamin laki-laki, sehingga putrinya dapat segera memulihkan identitasnya.
“Anak kita baru berusia tiga tahun. Mungkin sebaiknya Anda tidak membawanya ke padang rumput?”
Sukhbaru mengangkat alisnya: "Kenapa?"
Furong ragu-ragu untuk berbicara. Di bawah pasien
perhatian suaminya, dia tetap mengatakannya pada akhirnya: "Hari ini... Agula melihat putra kecil keluarga Guqi..."
Wajah Furong memerah. Dia merasa sulit untuk melanjutkan.
Sukhbaru bertanya: "Ada apa? Apakah dia menindas Agula?"
"Bukan itu... Itu, Agula melihatnya mengeluarkan air. Ketika dia kembali, dia terus bertanya padaku mengapa mereka berbeda di sana."
Sukhbaru menepuk pundak istrinya, lalu meyakinkannya: "Putra kecil keluarga Guqi baru berusia empat tahun. Lagi pula, Agula masih anak-anak, dia akan melupakan semua ini dalam beberapa hari."
KAMU SEDANG MEMBACA
Clear and Muddy Loss of Love (JWQS)
Ficção HistóricaParit alami yang disebut sungai Luo membelah daratan besar menjadi dua. Jing di utara, dan Wei di selatan. Salah satunya adalah Pangeran dataran rumput yang tidak memiliki kekhawatiran atau kesedihan. Salah satunya adalah Putri sah yang menerima ban...