Chapter 23

221 26 7
                                    

Sebelum mulai Jangan lupa Baca basmalah

بسم الله الرحمن الرحيم

°°°

ااَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ.

Jangan lupa vote and komen 💙

Happy reading📖


Dan barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya

-Qs. An-Nisa:93-

*****


Aisyah membuka matanya setelah menyelesaikan hafalannya. Bibirnya tersenyum mengucap hamdalah ketika hafalannya berjalan dengan lancar walau ada sedikit bantuan dari Ali. Aisyah menatap suaminya menunggu penilaian tentang hafalannya malam ini.

"Alhamdulillah cara bacaanmu bagus dan tajwid nya juga benar. Hanya saja satu kekurangannya yaitu kepekaan mu terhadap ayat selanjutnya. Kamu terlalu pokus pada satu titik hingga membuatmu kesulitan untuk melanjutkan ayat selanjutnya. Dan ya tadi saya melihatmu kesulitan bernapas saat membaca Ayat 33. Coba baca ulang ayat 33 tadi." jelas Ali meminta Aisyah kembali membaca Ayat yang kurang bagus tadi.

Aisyah menurut kembali membaca surah al-isra ayat 33 dengan hati-hati seraya memejamkan kedua matanya.

وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّۗ وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهٖ سُلْطٰنًا فَلَا يُسْرِفْ فِّى الْقَتْلِۗ اِنَّهٗ كَانَ مَنْصُوْرًا ۝٣٣

   
Ali mengangguk setelah Aisyah membacanya kembali dengan benar. Sebenarnya tadi tidak salah, hanya saja di ayat tadi Aisyah terlihat gugup makanya Ali memintanya membaca ulang.

"Coba disaat kamu menghafal usahakan pikiran kamu tenang. Pokus kan pada tujuan bacaan kamu dan jangan memikirkan hal lain. Dan satu lagi cobalah setiap membaca Ayat tersebut sempatkan membaca artinya agar kamu tahu apa isi dari ayat yang kamu baca," ujar Ali memberi pengertian.

"Setiap ayat yang kamu baca tadi, apa kamu tahu artinya?" tanya Ali kembali. Aisyah diam mencoba untuk mengingat putaran-putaran ayat tadi. Setelah mengingatnya, ia pun mengangguk lalu membacakan artinya.

"Dan janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barang siapa dibunuh secara zhalim, maka sungguh, Kami telah memberi kekuasaan kepada walinya, tetapi janganlah walinya itu melampaui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan." Aisyah membacanya dengan tenang kembali menatap Ali yang hanya terus menganggukkan kepalanya. Apa ia tidak berniat untuk memujinya?

"Saya boleh memintamu untuk menjelaskan makna atau maksud dari arti tersebut?" Aisyah menatap Ali dengan tatapan cengonya. Mengapa Ali malah mempersulit dirinya? Harusnya setelah selesai menyetor hafalan dan memberi penilaian kegiatan selesai dan ia dibolehkan untuk istirahat. Walaupun begitu Aisyah tidak bisa mengutarakan nya langsung, ia hanya bisa membatin dan sabar menuruti permintaan sang guru.

Aisyah mulai menjelaskan yang diminta Ali dengan pengetahuan yang ia dapat. Aisyah berusaha menatap ke arah lain untuk mengindari Ali yang tengah menatapnya.

"Dalam ayat yang tadi saya bacakan Allah swt melarang hamba-Nya membunuh jiwa yang diharamkan Allah. Maksudnya 'membunuh jiwa' ialah menghilangkan nyawa manusia. Sedangkan yang dimaksud dengan 'yang diharamkan Allah membunuhnya' ialah membunuh dengan alasan yang tidak sah atau tidak dibenarkan agama.

Kamu Pilihanku [ SELESAI ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang