Kepala Pakdhe nongol aja gitu di balik pintu waktu dia bukain buat gue. Horor banget, hampir aja dia gue timpuk pake tas tangan. Alisnya terangkat, ekspresinya polos kayak anak bocil disuruh bukain pintu sama emaknya karena ada yang ngetok pintu.
"Paket?"
Bangke emang bapak-bapak.
"Bukan. Gofud." jawab gue jutek.
Pria itu tertawa kecil. "Dih, ngambek."
Takut gue kabur, ia langsung menegakkan tubuhnya, lalu melebarkan bukaan pintu sambil mempersilakan gue masuk ke apartemennya. Pakdhe babi emang. Gue setengah mati dandan dari pagi, bingung tujuh keliling dari semalem mau pake baju apaan, pake make up kayak mau main lenong, mandi lulur, dateng-dateng kemari malah dikata kang paket. Kan emosi jiwa.
Tapi gue nggak jadi kesel begitu ngeliat cengiran Pakdhe. Emang mureh banget gue kayaknya, disodorin cowok cakep dikit langsung nggak jadi marah.
Gue mengikuti Pakdhe yang berjalan masuk dan duduk di sofa ruang tengah, dengan kaos putih kedodoran dan celana gombrong warna cokelat. Kadang gue mikir, kok bisa boomer satu ini stylenya hip hop abis. Sebenernya mengingat karakter Pakdhe yang rada jadul, dia bukan berniat hip hop sih kayaknya, lebih ke nyaman pake barang-barang kedodoran aja.
Gue baru ngeh sesuatu ketika berjalan ngikutin dia di belakangnya, dan akhirnya kami berdua duduk berdekatan, tapi beda sofa. Sofa ruang tengah Pakdhe bentuknya siku-siku, jadi gue bisa ngeliat side profile Pakdhe yang cakep itu dengan jelas. Gue menyipitkan mata ngeliatin dia yang sibuk ngebuka kresek hitam di atas meja.
Pakdhe ... cukur rambut.
Emang ya, cowok itu brengsek. Padahal gue yakin itu dia potong rambut cuma di tukang cukur pinggir jalan aja, yang harganya paling dibawah lima puluh ribu. Tapi efeknya bos ... gantengnya langsung tiba-tiba naik pangkat, dari tingkat Kecamatan jadi Provinsi. Rambutnya dipotong pendek model overgrown short-layered, dengan poni pendek yang dibuat belah samping. Rambut bagian belakangnya yang kemarin sedikit kepanjangan udah jauh lebih rapi, membuat tengkuknya yang kokoh jadi lebih kelihatan. Garis rahang tegasnya juga jadi makin terpampang nyata, apalagi kalau jambangnya itu udah mulai numbuh lagi. Beh, lesu darah langsung gue ngeliat dia.
Mengingat Pakdhe yang pemalas, kayaknya dia sengaja request potongan rambut model simpel ke abang tukang cukurnya. Emang simpel, kalo dulu dia harus sisiran supaya nggak keliatan acakadut, sekarang kayaknya nggak perlu. Meskipun acak-acakan tapi tetep keliatan keren kayak habis disisir.
"Gimana? Ganteng kan gue?"
Mata gue langsung melebar begitu ngeh ternyata Pakdhe udah cengar-cengir norak ngeliatin gue, sambil menyisir rambut pendeknya dengan jari. Kayak iklan minyak rambut.
"Cakep ye? Kang cukurnya aki-aki, ahli bet dah tangannye. Langganan gua, nyeberang dikit di pertigaan sono, noh. Mureh lagi."
Gue cuma tersenyum kecut. Rasanya pengen gue pukulin mukanya kalo tiba-tiba dia pake logat betawi pas lagi ganteng. Lu bayangin aja gimana keselnya ngeliat cowok ganteng model Johny Depp waktu umur 40 tahunan, tapi ngomongnya pake logat Kalideres. Kan bingung otak gue, ini jadinya ngebayangin ala film Sleep Hollow apa si Pitung.
Ia mengulurkan sebuah rambutan dari dalam kresek yang tadi dibukanya. Rambutan ace rupanya. "Coba deh. Tadi pagi sih gue coba lumayan manis."
Gue menerima rambutan itu, sementara Pakdhe lanjut mengupas rambutan lainnya. Kocak bener dipikir-pikir hidup gue. Sabtu-sabtu, orang mah aturan pada jalan-jalan ya. Kalau punya pacar, jalan-jalan ke mall, makan di restoran, nonton bioskop, atau ke pantai berdua. Lah gue, makan rambutan di apartemen bos gue. Ngakak abis.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tasha! (A Sequel of Pakdhe!)
RomanceWelcome again sama gue dan bos gue, Jatmiko Nasution, alias Mas Tion, alias Pakdhe. Om-om yang biarpun cakep nggak ketulungan, tapi sayang nggak waras-waras banget. Dua tahun berlalu dan gue heran, gue masih betah kerja sama dia dengan segala tingka...