Author's Note:
Bab kali ini panjang, jadi siapin popcorn ya. Hehehe.
Dah, gitu aja, enjoy!
***
Akhir-akhir ini gue ngerasa muka gue makin keriput. Bukan apaan sih, lu tau kan umur gue udah 30 tahun. Lu mungkin menuju usia itu, atau sudah melewati usia itu. Lu mungkin mulai khawatir sama kulit lu yang gampang keriput, yang kalo ketawa kerutannya suka nggak balik. Mulanya lu kira itu fatamorgana, tapi lama-lama menerima kalau itu fakta.
Gue sih terima-terima aja, tapi akhir-akhir ini gue mulai menjaga keremajaan kulit. Ceilah. Iya, beneran. Pakai day sama night cream, pakai anti-aging, makan sayur dan buah, minum vitamin kolagen, gitu-gitu lah. Namanya juga menuju jompo, bukan menuju puncak. AFI kali menuju puncak.
Salah satunya adalah gue mulai membiasakan tidur cepat disaat low season.
Low season itu berasa surga buat gue. Low season sebenernya secara umum, artinya adalah bulan dimana kerjaan kita lagi selo. Periodenya bisa beda-beda, tergantung apa kerjaan lu. Buat gue, itu cuma terjadi di bulan-bulan Juli sampai September karena di bulan-bulan itu Pakdhe nggak punya klien aktif. Kerjaan gue di kantor cuma nyiapin admin-admin buat persiapan tahun berikutnya.
Di masa-masa itu, gue bisa ngerasain jadi manusia. Pulang seperti manusia normal (normal menurut gue), sampai kos sebelum jam tujuh malam itu buat gue sebuah privilege. Gue masih punya waktu sekitar lima jam sebelum tidur untuk diri sendiri, itu karunia terindah di dunia gue.
Gue ngerti, sebenernya itu masih tergolong nggak normal karena cuma berlangsung tiga bulan setahun. Bahkan buat sebagian orang, kondisi terindah gue itu mungkin masih jadi kondisi terburuk mereka. Tapi itu yang bikin gue nggak pernah iri sama kerjaan orang lain, karena gue yakin setiap kerjaan pasti ada suka-dukanya masing-masing. Ceileh (2).
Jadi bijak kan gue. Udah ah, gue mau tidur. Daritadi gue cuma scrolling instagram sambil berbaring di kasur, melukin si Popo. Biasanya emang gitu ritual gue sebelum tidur, scrolling-scrolling, baca zodiak, mantengin gosip sampai gue ngantuk.
Dan gue sekarang ngantuk.
Mata gue udah terpejam di jam 10 malam. Nyawa gue udah melayang separohnya waktu tiba-tiba handphone gue bergetar.
Gue bangun, tapi diem aja. Ah, palingan notif SMS promosi entah darimana. Bingung juga gue sebenernya darimana mereka dapet nomer gue. Kan data gue sangat amat terjaga di negara tercinta ini.
Bergetar lagi. Agak bertempo getarannya, beberapa detik sekali.
Ah. Palingan juga si Eve ngirimin meme instagram. Bocah kampret itu emang kalo ngirim meme nggak liat jam. Ngirimin DM tiba-tiba jam dua pagi isinya cuma quotes lucu, udah biasa.
Masih bergetar lagi. Masih berirama.
Gue ngamuk dalam hati karena terpaksa buka mata yang udah sepet. Roh gue yang tadi udah melayang ke Dubai terpaksa gue panggil balik. Dalam hati gue agak nyesel mengaktifkan mode silent, jadi gue nggak tahu getaran itu sebenernya getaran pesan masuk, notifikasi spam, atau telepon. Tangan gue meraih handphone dengan malas, dengan mata yang masih sipit melihat layarnya.
Oh, telepon ternyata. Telepon WhatsApp.
Aduh, masih burem mata gue. Apaan bacanya? Bentar pake kacamata.
Pandangan gue pelan-pelan jadi jelas waktu kacamata selesai terpasang. Mata gue, dari sipit tiba-tiba langsung melotot sampai mau keluar begitu ngeliat siapa yang telepon.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tasha! (A Sequel of Pakdhe!)
DragosteWelcome again sama gue dan bos gue, Jatmiko Nasution, alias Mas Tion, alias Pakdhe. Om-om yang biarpun cakep nggak ketulungan, tapi sayang nggak waras-waras banget. Dua tahun berlalu dan gue heran, gue masih betah kerja sama dia dengan segala tingka...