"Mas Galuh mau Subway nggak?"
Muka Mas Galuh yang nyunda pisan keliatan kocak kalau dia lagi bingung. Jelas bingung, karena ini masih pagi dan gue tiba-tiba nongol sambil nawarin makanan favoritnya. Tangannya yang tadi lagi nyoret-nyoret report langsung berhenti waktu ngeliat gue berdiri di depan booth-nya dengan cengiran lebar yang misterius.
"Kunaon?" kadang dia kelepasan pakai bahasa sunda, tapi gue dikit-dikit udah ngerti maksudnya. "Kamu teh ulangtaun?"
"Enggak sih."
"Terus kenapa gitu? Lagi ada pocer bogo yah?"
Gue udah mulai terbiasa juga sama dia yang kebalik melafalkan 'v' dan 'f' jadi 'p'. "Nggak kenapa-kenapa. Pengen traktir Mas aja."
Matanya makin memicing. Ngeliatin gue dari atas sampe bawah.
"Lu suka yah sama gue?"
Mantap. Muncul satu makhluk lagi di dunia yang bikin usus gue makin panjang.
"Yaudah deh kalau nggak mau."
"Ah, bukan gitu." Mas Galuh mencegah gue yang bersiap ninggalin boothnya. "Gue kaget aja tiba-tiba lu tawarin. Lagian, Subway kan mahal. Masa iya lu nawarin cuma-cuma."
Bangke. Dikata gue miskin kali, nawarin gitu cuma kalo ada maunya. Emang iya sih.
Gue menghela nafas, lalu mendekat dan duduk di atas kursi kecil di sampingnya. Kursi itu macem kursi bakso, tapi mahalan dikit. Sengaja dia beli, karena dia suka nongkrongin anak-anak buahnya edit workingpaper kalau waktunya udah mepet.
Mas Galuh menatap gue, masih dengan mata yang penasaran. Laki-laki ini nggak banyak berubah setelah beberapa bulan kerja bareng, masih tetep dengan stylenya yang cuek. Sebenernya ya, sebenernya, Mas Galuh itu item manis. Dia bisa aja jadi om-om menarik kalo dia mau, meskipun tetep nggak bisa menyaingi Pakdhe atau Mas Danang.
Tapi dia memilih buat stay kumal. Bagus, gue suka gayanya yang nggak peduli kata orang, toh nggak melanggar ketentuan kantor juga. Dia cuma rapi kalo ketemu klien dan ketemu bos-bos petinggi kantor doang. Hoodienya ganti warna, sekarang jadi cokelat. Dan, rambutnya sekarang udah tumbuh tipis-tipis, jadi keliatan sedikit bermodel. Diem-diem gue kangen sama rambut cepaknya, gue kangen bentukan dia yang dulu kayak cimol.
"Saya berasa utang budi aja sama Mas." gue tersenyum lebar. "Makasih ya Mas, udah mau sabar ngajarin saya dari bego, sekarang saya ngerti banyak hal karena Mas Galuh. Maaf juga, karena saya suka ngeselin kalau diajarin."
Gue nggak menduga Mas Galuh bakal makin mengerutkan alis. Bukannya terharu kayak adegan sinetron, tampangnya malah jijik.
"Siapa bilang lu udah ngerti banyak hal? Orang kemarin pajak aja lu masih salah-salah. Jangan cepet puas deh. Lu emang jadi lebih cepet kerjanya, tapi teknikal lu teh masih harus banyak belajar."
Kepala gue tiba-tiba jadi gatel. "Ya, iya deh ... tapi saya mau berterimakasih aja sih Mas ..."
"Simpen terimakasih lu buat lain waktu." Mas Galuh lanjut memeriksa report dengan tampang datarnya. "Gue udah janji sama Mas kesayangan lu, gue bakal ajarin lu sampai selesai. Nanti aja lu traktirnya, kalau udah gue akuin bahwa lu jago."
Kalau Mas Galuh ngomong gitu waktu pertama kali ketemu gue, mungkin gue udah baper parah karena ditolak traktirannya. Tapi sekarang, gue ngerti kalau Mas Galuh sebenernya nggak sejahat itu. Dia cuma simply pengen bilang, gue nggak boleh cepet puas.
"Kalau gitu, sekarang makasihnya kata-kata aja deh. Makasih ya Mas." gue nyengir lebar, yang cuma disambut deheman dari bos gue itu.
"Udah jadian sama Mas Tion?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Tasha! (A Sequel of Pakdhe!)
Storie d'amoreWelcome again sama gue dan bos gue, Jatmiko Nasution, alias Mas Tion, alias Pakdhe. Om-om yang biarpun cakep nggak ketulungan, tapi sayang nggak waras-waras banget. Dua tahun berlalu dan gue heran, gue masih betah kerja sama dia dengan segala tingka...