Gue nggak ngerti mau jawab apa ke Emak.
Perempuan itu masih menatap gue dalam-dalam. Emang nada pertanyaannya tadi kayak ngajak gosip tukang sayur, tapi gue yakin maksudnya lebih serius dari itu.
Muka Emak beneran serius. Dia mau tahu status kami berdua. Dan feeling gue mulai nggak enak, gue mulai insecure kalau-kalau Emak nggak suka gue deket-deket sama anak laki-lakinya. Apalagi tadi dia bilang gue masih anak kecil.
"Jadi?" tanyanya lagi. "Lu bedua pacaran?"
Gue reflek menggeleng cepat. "E-enggak, Bu ..."
"Trus ngapain lu dimari?"
Tangan gue mengangkat charger. "Ngambil ini aja sih, Bu. Tadi disuruh Mas Tion - maksudnya, Miko, ngambil sendiri kesini."
"Ngambil colokan ape disuruh ketemu gue?"
"Hah?"
"'Hah'?"
Mata Emak menyipit waktu gue ber-hah ria. Sialan. Kalo lagi gini, muka ngeledeknya persis kayak Pakdhe. Kocak tapi minta dipukulin.
"Gue ngasih tahu Miko gue mau maen pagi-pagi. Sekalian nengokin anak gue yang kata Gadis habis mabok." jelasnya perlahan. "Miko nggak bilang gue mau dateng?"
Gue menggeleng cepat.
"Terus lu ngape kagak langsung balik abis ngambil colokan lu itu?"
"Disuruh ... Mas Miko ... tungguin disini. Dia bilang mau masakin saya."
Mata Emak makin menyipit. "Masakin lu?"
"Bukan apa-apa, tanda terimakasih aja." potong gue cepet-cepet. "Saya yang bantuin Mas Miko pas mabok kemaren ..."
"Kulkasnye kan kosong. Masak ape anak gue? Masak kentut?" suara emak makin skeptis.
Lah iya ya?
"Dikibulin lu ye ama anak gue?"
Lu jangan tanya gimana muka gue sekarang. Merah. Merah padam. Kalo nggak ada emak, kayaknya gue udah berubah jadi ogoh-ogoh terus ngejar Pakdhe ke bawah, buat gue caplok palanya.
Pakdhe babiii!! Iya juga ya?! Kenapa gue percaya aja sama dia ya? Kan emang mulutnya kadang-kadang diragukan, kenapa gue masih percaya-percaya aja sama ongol-ongol satu itu? Tolol emang Tasha!
Eh tapi bentar.
Ngapain gue disuruh ketemu sama Emaknya?
Suruh menjalin bisnis? Atau apa? Atau supaya emaknya bisa nitipin anaknya buat gue jagain, macem baby sitter gitu?
Tiba-tiba Emak mundur sedikit sambil manggut-manggut. Dia masih ngeliatin gue. Alisnya terangkat, kayak tiba-tiba menyadari sesuatu.
"Jadi elu? Bocah yang diceritain si Lingga?"
Aduh.
Bentar dulu! Ini masalah satu belom kelar, jangan nambah yang laen dulu Mak! Bang Lingga cerita apaan lagi?!!
"Oooh, jadi lu bocahnye. Ya ya ya ... Mirip sih ama ceritanye."
Bocah ape ya Tuhan ...
"Kok bisa sih lu demen ama anak gue?"
Duar. Rasanya jantung gue kaya kena senapan petrus di era orde baru. Mantep bener rasanya. Ni boleh nggak sih gue mencair aja sekarang? Apa gue pura-pura mencret aja ya?
KAMU SEDANG MEMBACA
Tasha! (A Sequel of Pakdhe!)
Roman d'amourWelcome again sama gue dan bos gue, Jatmiko Nasution, alias Mas Tion, alias Pakdhe. Om-om yang biarpun cakep nggak ketulungan, tapi sayang nggak waras-waras banget. Dua tahun berlalu dan gue heran, gue masih betah kerja sama dia dengan segala tingka...