4. Berita Kematian

8.8K 1.1K 31
                                    

Untuk pertama kalinya Clarine mendatangi rumah Faenish di malam hari. Dari kesan pertama yang ditawarkan, Clarine akhirnya paham alasan Ryn yang sering menyebut tempat itu dengan sebutan rumah hantu. Namun bukan itu yang membuat Clarine merinding.

Les privat dengan Dazt mengungkap fakta bahwa selain bisa merasakan sensasi pembuatan segel dan keberadaan portal, Clarine ternyata bisa merasakan bakat yang dimiliki seseorang serta merasakan lapisan pelindung yang dipasang di suatu tempat. Untuk saat ini, ia memang belum begitu peka dalam merasakan dan membedakan sensasi-sensasi itu. Yang bisa Clarine rasakan barulah orang-orang berbakat besar seperti Valaria dan Faenish. Sementara dalam hal perlindungan, ia juga baru bisa merasakan lapisan perlindungan yang tebal.

Saat ini, seperti sebelumnya, Clarine bisa merasakan perlindungan di rumah Faenish. Perlindungan itu memberikan sensasi berbeda, seakan pernah ada lapisan yang sangat kuat dan tebal, tetapi perlindungan itu kini remuk menjadi serpihan-serpihan. Clarine memperkirakan perlindungan itu rusak bersamaan dengan kematian nenek Magda, sang pemilik rumah.

"Jadi apa yang ingin kita bahas malam ini?" tanya Faenish begitu mereka berada di perpustakaan.

"Bagaimana kalau tentang pemerintahan?" Clarine mengusulkan seraya mendudukan dirinya. "Selama belajar sejarah dengan Profesor Juen, tak pernah kudengar ada sistem pemerintahan khusus untuk Kaum Berbakat sebelum ini."

Faenish nampak tersenyum simpul sebelum balik bertanya, "Apakah kau pernah mendengar orang-orang yang memiliki bakat dalam melukis membentuk negara sendiri?"

"Tidak. Itu terdengar konyol."

"Kemampuan ajaib yang dimiliki Kaum Berbakat disebut bakat karena kemampuan itu dipandang setara dengan bakat-bakat pada umumnya," jelas Faenish. "Jadi membuat sistem pemerintahan sendiri untuk Kaum Berbakat, seperti yang saat ini dibentuk, dahulu tidaklah dianggap perlu. Kalaupun ada yang berpikiran demikian, ide itu tidak diterima secara umum saat itu.

"Pada setiap generasi." Faenish melanjutkan. "Kaum Berbakat biasanya menunjuk seseorang yang dituakan, entah itu dari jasanya atau kemampuannya. Penunjukan itu pun sebagian besar tidak terjadi secara formal, masyarakat hanya mendatangi orang yang dituakan tersebut dan menanyakan pendapatnya perihal permasalahan yang ada."

"Sejenis kepala suku?" Clarine memastikan.

"Bisa dibilang begitu," jawab Faenish. "Menurut Nenek Magda, sistem ini bisa berjalan baik selama beberapa generasi karena pada masa-masa silam Kaum Berbakat banyak yang percaya akan keberadaan Empat Pemimpin Tersembunyi. Sebenarnya tidak ada keterangan pasti tentang keberadaan keempat orang tersebut. Bahkan tidak ada yang tahu apakah mereka benar-benar berempat atau sekelompok orang atau mungkin hanya satu orang saja. Kerpecayaan akan keberadaan mereka hanya didasarkan pada cerita rakyat dan berbagai kejadian yang sulit dijelaskan.

"Kejadian yang kumaksud misalnya: jika ada tindakan penyelewengan bakat yang terjadi, dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, sang pelaku akan ditemukan. Entah karena sang pelaku dengan ajaib mengakui perbuatannya, atau karena beberapa penduduk mendapat surat kaleng berisi petunjuk. Ada juga kasus di mana sang pelaku ditemukan dalam keadaan tak bernyawa bersama bukti kejahatannya. Sayangnya, hal-hal ajaib seperti ini mulai jarang terjadi sejak kedatangan pendatang dari luar pulau. Kau sudah kuceritakan tentang kisah Zico dan Nenek Magda bukan?"

Clarine mengangguk sebagai jawaban. "Jadi bisa dikatakan bahwa keempat pemimpin tersembunyi seakan tidak menyukai kedatangan orang asing dan memutuskan untuk mengabaikan tugas mereka dalam melindungi Kaum Berbakat?"

"Bisa dikatakan itulah yang dipikirkan Kaum Berbakat pada masa itu." Faenish tersenyum sendu. "Seiring penderitaan dan penyiksaan yang dialami para penduduk, legenda tentang empat pemimpin bayangan pun mulai hilang. Lalu muncul Kelompok Pelindung yang kemudian berujung pada terbentuknya sistem pemerintahan yang ada sekarang."

CONNECTIONTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang