17. Kata Depan, Partikel, dan Klitik

2.9K 135 9
                                    

Materi: Kata Depan, Partikel dan Klitik
Date: Selasa, 17 Januari 2017
Oleh: Ray Amur

Ray_Amur
Notulen: xxgyuu
Disclaimer: theWWG

=====>>>>>=====<<<<=====

Salam kenal semuanya. Panggil aja Amur.

Kalau mau baca-baca tulisanku silakan mampir di akun wattyku, ray_amur. Tapi untuk sementara beberapa tulisan aku unpublish.

Kesempatan ini aku dikasih mandat untuk berbagi masalah Kata depan, partikel dan klitik.

***

Kata depan terdiri atas:

di, ke, dari, oleh, dsb.

Kalau kata depan harus dipisah, berbeda dengan awalan. Menyatu.

Sedangkan di awalan menyatu seperti diterjang, dikeluarkan, diubah.

Perbedaannya sebenarnya dapat kita pahami bentuk katanya. Kalau di dipisah kebanyakan menyatakan tempat atau letak. Sedang di yang disatukan kebanyakan kata kerja. Seperti dilihat dan sebagainya.

Menyatakan tempat, menyatakan letak ke-nya dipisah.

Ke atas, ke sana, ke mana

Kemari disatukan.

Kalau ke luar ada dua. Ada yang disatukan ada juga yang dipisah. Bedanya sama, menyatakan letak atau tempat maka ke luarnya dipisah kalau menyatakan kata kerja disatu.

Seperti ini:

Handi kemudian keluar dari kamar. (Ini menunjukan bahwa Handi melakukan aktivitas)

Dia menatap ke luar (kalau ini menunjukan letak atau tempat)

***

I.  Cara Penulisan.

Klitik (kau-),
proklitik (ku-),
enklitik (-ku)

Penulisan {kau-}, {ku-}, dan {-ku}, bentuk ringkas atau klitik dari kata ganti orang {engkau} dan {aku} dalam bahasa Indonesia.

Apakah serangkai,
atau terpisah dari kata yang mengikuti dan mendahuluinya.

Penulisan yang benar: kautuliskan.

Tapi, apakah bisa ditulis dalam bentuk kaumenuliskan? Tentu saja tidak. 

Mari kita simak:

Klitik {ku-} bersifat sebagai proklitik.

Namun klitik {kau-} tidak wajib sebagai proklitik.

Sedangkan,

Penulisan enklitik {-ku} mutlak: harus serangkai dengan kata yang mendahuluinya.

Berikut adalah contoh penulisan klitik {ku-} yang salah ---bentuk ringkas kata ganti orang {aku}.

- Kau yang ku ingat tiap detiknya.

- Waktu kau yang ku bayangkan.

- Di siang malamku kau selalu ku rindu.

II. Arti klitik, Proklitik, enklitik.

Proklitik termasuk klitik. Enklitik juga bagian dari klitik. Jadi, klitik terdiri dari proklitik, dan enklitik.

Makna ketiga jargon gramatikal ini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

- Klitik: bentuk yang terikat secara fonologis, tetapi berstatus kata karena dapat mengisi gatra pada tingkat frasa atau klausa.

Kelas Menulis The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang