Materi: Menuangkan Ide yang Menarik
Hari/Tanggal: Sabtu, 10 Juni 2017
Tutor: Alnira Alnira03
Notulen: Isthy bulanbiru_
Moderator: Umy dan Nadia
Disclaimer: @theWWG=====>>>>>=====<<<<<=====
Hai...
Assalamu'alaikum.
Aku Alnira.
Oh iya, aku kasih materi dikit ya. Temanya tentang 'Cara mengembangkan ide', kan, ya.
-----⏩ M A T E R I ⏪-----
⚫Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan sebuah ide cerita adalah:
1. Tulislah apa yang kita kuasai. (Apa yg sudah kita pahami dan mengerti, carilah ide cerita dari hal-hal di sekeliling kita)
2. Ungkapkan semua yang ada dipikiran kita secara mengalir.
3. Uraikanlah dengan gaya bahasa kita sendiri.
4. Jangan pernah takut jika hasilnya jelek dan tidak menarik, karena itu adalah hasil karya kita sendiri.
5. Sering belajar dan berlatih, akan membuat kemampuan menulis kita semakin bagus.
6. Baca buku-buku lain sebagai bahan referensi untuk menulis.
⚫Untuk aku pribadi sih, enam pilar itu yang selalu aku gunakan untuk menulis dan mengembangkan ide.
-----⏩ TANYA JAWAB ⏪-----
✖ Q1.
Gimana caranya untuk memotivasi diri sendiri kalo lagi males nulis dan selalu anggap tulisan kita itu jelek?✖ A1.
Cara memotivasi diri, kalau bagi aku nulis itu hobi ya. Dulu aku juga nggak pede untuk nulis, ngerasa tulisan aku nggak sebagus orang lain dan cerita pertama aku makan waktu 5 tahun untuk menyelesaikannya. Tapi sekarang aku ubah pola pikir aku. Aku nulis untuk diri sendiri aja, perkara bagus atau nggaknya urusan nanti. Anggap aja itu latihan, lama kelamaan pasti akan bagus, kalau aku nyerah di tengah jalan, nggak akan pernah bagus tulisannya. Jadi nulis aja, pede itu kunci utamanya. Dan jangan lupa baca buku-buku lain untuk bahan referensi supaya tulisan kita lebih berkembang.Karena kalau cuma mengandalkan imajinasi aja nggak cukup. Kita harus punya referensi lain dari mereka-mereka yang udah sukses dalam dunia kepenulisan. Supaya perbendaharaan kata kita juga lebih kaya lagi.
Kuncinya percaya diri.
Aku kalau baca tulisan lama juga berasa ini tulisan absurd banget. Tapi kan semakin latihan pasti kita semakin bagus. Pisau kan kalau diasah pasti tajam.
Perkara males itu memang yang susah dikendaliin.
------------
✖ Q2.
Kalau ada kesamaan/kemiripan ide dengan cerita lain, apakah itu termasuk plagiat, Kak? Contoh: kesamaan alur/konflik di beberapa part, kakak pernah mengalami hal serupa nggak? Sejauh apa batasan plagiat ide cerita menurut kakak dan bagaimana tips untuk membuat cerita yang bener-bener fresh?✖ A2.
Jadi gini, kesamaan alur, konflik dan ide cerita itu kalau menurut aku wajar. Karena penulis di dunia ini kan banyak, sedangkan ide cerita ya rata-rata begitu semua, apalagi di novel romance.Contoh kayak novelnya Kak Ika Natassa, yang Critical Eleven, ceritanya tentang kedua orang yang menikah terus kehilangan anak mereka. >>>Ini kan banyak banget sebenernya di dunia ini kejadiannya.
Bukan hanya di novel tapi di kehidupan nyata.
Karena memang pada dasarnya cerita di novel itu kan di adaptasi dari kisah nyata. Terus ketika ada sebuah cerita yang punya konfilk yang sama, belum tentu dia plagiat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelas Menulis The WWG
RandomBuku ini berisi kumpulan pelajaran, teknik menulis, tips-tips, dan langkah-langkah dalam menulis yang dikumpulkan dari pembelajaran kelas di grup @theWWG dan mungkin beberapa sumber lainnya. Materi pembelajaran kami di sini menjadi disclaimer 'Wri...