Hei semua! Saya Kandar dan saya akan memberi tips bagi kalian yang ingin pergi road trip! Kali 'aja ada yang mupeng mau pergi setelah membaca kisah persahabatan saya dan Rora~
...........
Oke, mungkin bukan kisah persahabatan juga—but anyway, here they are!
1. TENTUKAN RUTE DAN ESTIMASI WAKTU.
Kemana destinasi akhir kalian dan tempat-tempat mana saja yang akan disinggahi? Buat daftar dan buat jadwalnya, sehingga kalian bisa membuat estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai semua tempat tersebut. Kenapa? Misal begini, kalian menjadwalkan untuk kembali di rumah tanggal 10, beristirahat di tanggal 11, dan mengikuti pesta perpisahan sekolah tanggal 12. Tapi, apa yang terjadi jika kalian mengalami hal di luar rencana dan terpaksa pulang tanggal 13? Nah, sekarang mengerti maksud Kandar kenapa kita harus membuat rencana, kan? Ada baiknya jika kalian pulang seminggu atau minimal tiga hari sebelumnya dari tanggal kepulangan yang sudah ditentukan di awal, apalagi kalau ada acara penting.
Berhubung ini pertama kalinya kalian bepergian, pastikan kalian tidak off road dan gunakan rute yang aman dan dilalui banyak orang. Kejahatan masih bisa terjadi bahkan di tengah kerumunan, apalagi yang sepi dan mengundang tindak kriminal?
Menentukan dimana kalian akan tidur tidak kalah pentingnya. Pilih penginapan yang memiliki reputasi bagus, bahkan jika kalian mencari sesuatu yang murah. Tidak apa agak mahal sedikit, asal selamat. Kalau kalian berniat tidur di jalan, menepilah di pom bensin yang banyak orangnya atau lahan parkir yang ramai. Kecuali kalau kalian yakin benar tempat itu benar-benar bersih dari hant—err, orang jahat.
2. BUAT ANGGARAN.
Estimasikan budget untuk makan, penginapan, obyek wisata yang akan dikunjungi, bensin, dll. Tambahkan juga biaya tak terduga kalau-kalau ban bocor di tengah jalan atau mobil kalian butuh perbaikan, atau jika ada yang sakit dan butuh obat. Saranku, misal kalian punya budget satu juta, tambahan lagi lima ratus ribu atau bahkan sejuta lagi. Percaya deh, lebih baik lebih daripada kurang.
3. PACKING DAN COOLER BOX.
Berbenahlah seminimal mungkin, sisakan ruang di mobil kalian untuk oleh-oleh nanti. Bawa lebih banyak atasan daripada bawahan, karena celana bisa dipakai berkali-kali sementara atasan harus diganti saat kalian berkeringat. Jangan bawa baju-baju yang ribet, kalian akan lebih nyaman memakai kaus dan celana pendek saat sedang travelling. Jangan lupa bawa topi, jaket, dan baju renang ya, dan meski kalian akan singgah di penginapan, tidak ada salahnya membawa selimut tipis. Pakaian dalam sebenarnya adalah yang paling penting, karena mereka harus teratur diganti. Tapi tenang 'aja, kalian bisa mengecek mini market terdekat kalau-kalau kehabisan pakaian dalam, mereka biasa menjualnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
ROAD TRIP! (COMPLETE)
Подростковая литератураAurora; cerdas, disegani, dan ditakuti. Ratu es sekolah yang doyan belajar, membuat manusia lain merasa kecil, dan hobi menyelamatkan lingkungan--sama sekali nggak menyangka kalau ia akan bepergian dengan Iskandar; si pemuda baik hati, luar biasa ta...