Oriza ~ Hal baik itu ada di saat yang tidak tepat.

5.7K 383 15
                                    

Aku berjalan tak acuh, meninggalkan cowok pelit yang mengataiku kampret gara-gara pockynya ku ambil satu. Sebodolah tuh cowok mau ngomel-ngomel ampe mulutnya berbusa pun aku nggak peduli yang penting aku dapet pocky. Ihiww, senangnya.

Lagian, jadi manusia itu kan harus saling berbagi, masa nggak ikhlas gitu pockynya diambil satu. Diambil loh ini, bukan dia yang bayarin. Pelit banget 'kan?

Jujur aja nih, kalo tuh pocky masih ada di raknya nggak bakalan aku ambil punya dia. Tapi berhubung pockynya nggak ada lagi di rak, trus cowok itu kesusahan ngebawainnya ampe jatuh gitu, ya kubantuin lah. Biar dia nggak kesusahan ngebawanya. Trus duitnya selamat beberapa perak karena nggak harus bayar pocky itu. Kurang baik apa lagi aku coba. Tapi liat tuh cowok rese, segitunya kehilangan satu pocky ampe maki gitu. Hadehh, pusing lah pala berbie kalo sering nemu manusia pelit yang nggak bersyukur kayak gitu.

Udah pada tau aku belum nih. Ok, mari kukenalkan diriku. Aku Orion Zada Salim. Biasa di panggil Ori atau Oriza. Umurku 18 lewat dua bulan.

Aktifitasku sehari-hari kuliah di salah satu universitas swasta. Selain kuliah aku nggak ada kesibukan lainnya. Eh ada ding, aku punya kesibukan yaitu ngabisin uang pak Salim.

Jadwal keseharianku itu, kuliah sore karena aku ngambil kelas malam. Pulang kuliah aku suka nongkrong di Cafe sama temenku yang kebanyakan orang-orang yang udah kerja. Sekali-kali aku ikut dugem —duduk gembel— ke diskotik bareng temen-temenku. Siangnya aku habiskan untuk tidur. Begitu aja terus rutinitasku.

Eh, kenapa sih pada ketawa pas aku bilang duduk gembel. Beneran itu, aku cuma duduk-duduk aja, nggak ngelantai karena aku nggak bisa goyang gitu. Kalo minum-minun paling banter soft drink. Kalo semacam alkohol. Paling koktail gitu. Itupun cuma sekali-kali. Bisa dimarah sama Pak Salim kalau ketahuan minum. Walaupun temen-temanku memamastikan apapun minuman yang kupesan gratis tetep aja aku nggak mau.

Bagus juga sih, coba kalo aku bayar pake kartu yang dikasih ortu, bisa ketahuanlah aku suka nongkrong. Gawat itu kalau ketauan. Nggak bisa nongki-nongki syantiek lagi. Dicabut semua fasilitas. Orang tuaku terutama papa itu kan keras. Banyak larangan yang dibuatnya.  Tapi aku kan bandel. Semakin dilarang semakin aku lakuin. Dilarang minum alkohol, malah kuminum itu alkohol. Lagian masa anak Batam nggak kenal alkohol,  nggak lucu kan ya. Bisa dibully teman-temanku yang umumnya anak rantau ini aku.

Tapi aku ngelakuinnya diam-diam. Parah,  kalo pak Salim —papaku— tau bagaimana kelakuanku di luar sana, bisa dipaksa kawin. Pak Salim itu kan kerasnya minta ampun. Apalagi aku emang salah, ngelanggar aturannya. Tambah parah deh.

Dulu pernah orang tuaku dapat panggilan dari sekolah karena aku ketauan cabut, pak Salim ngamuk. Aku mau dimasukin asrama biar nggak badung lagi. Untung Mama bisa nenangin, pake tangisan air matanya. Kalau nggak? Alamat hidup di asrama aku.

Lagian ya pak Salim itu tega banget sama aku anak tunggalnya ini. Kalo galaknya kumat, jangan macam-macam deh, bisa nggak dapet uang jajan sebulan aku.

Aku heran aja sebenarnya, pak Salim sama Mama itu kan jarang di rumah. Sering ada urusan keluar kota gitu makanya aku bisa sedikit bebas. Tapi, pak Salim tauan aja kalau aku suka kelayapan. Mata-matanya ada dimana-mana. Tiba-tiba nelpon pas aku lagi nongkrong, trus langsung nyuruh pulang, kalo aku nggak nurut bakal ada orang yang seret aku, begitu katanya.

Nah, ini contohnya. Pak Salim nelpon aku.

'Halo, Pak.' aku kalo lagi kesel sama papaku emang suka manggil 'Pak' gitu.

'Lagi dimana?' pak Salim langsung nanya gitu.

'Di jalan.' jawabku asal. Tanggung ini mah, sekalian aja buat pak Salim ngamuk.

Couple Goals Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang