Tarendra ~Dasar Bocah Emang.

3.6K 304 13
                                    

#Hari tersial dalam hidup

Ada nggak ya hastag kayak gitu. Kalo ada, gue bisa kasih hastag itu di setiap postingan sosmed gue.

Gimana nggak sial coba,  belum genap empat jam gue udah ketemu lagi sama bocah nyebelin yang bikin gue mengumpat di depan khalayak ramai. Iya, gue mengumpat! Nggak gue banget itu loh itu. Lose control banget gue tadi saking keselnya.

Dan sekarang bocah itu duduk di samping gue. Bocah itu. Bocah yang sudah mengambil ... Ah sudahlah,  malas gue nyebutnya. Bikin emosi gue naik kalo mengingatnya lagi.

Dan satu lagi. Gara-gara tuh bocah gue bakal di sidang bokap ntar. Double, triple, quarted entah apalagi istilah yang bisa ngungkapin betapa sialnya gue jumpa tuh bocah. Gue nggak masalah sih ama omelan bokap nanti. Yang bikin masalah itu orang yang menyebabkan gue diomeli. Dongkol aja gue dibuatnya.

Luna juga,  polos-polos ngeselin. Suka banget dia kayak gitu. Ngebulusin gue. Hobinya bikin gue dimarahin bokap. Dapat kepuasan tersendiri mungkin dia ngeliat gue dimarah bokap.

Adakalanya gue pengen ngamuk ke dia, tapi nggak bisa. Ngesel-ngeselin gitu dia ngangenin. Perhatian juga. Kalo gue kalem dikit dia curiga. Langsung nanya, sambil gelendotan, "Abang kenapa? Sakit? Kok kalem." trus tangannya meraba kening gue. Meriksa panas apa enggak. Panik sendiri dia nggak ada teman ributnya.

Sama Yasa, adek gue yang laki dulu lebih parah lagi. Mereka bisa sparing berdua. Bener-bener berantem gitu, adu otot. Nggak ada yang mau ngelerai. Dibiarin aja, sampe salah satu dari mereka nangis. Luna sih yang brutal. Yasa dari awal udah sering ngalah. Nggak begitu ngelawan kalo Luna ngamuk. Dibiarin deh tuh badannya jadi samsak hidup si Luna.  Kesini-kesini  udah tambah kalem dia. Mungkin karena udah dewasa juga. Nggak mau dia balas adeknya. Luna juga rada insyaf, nggak mau lagi aniaya Yasa. Eh,  nggak tau juga gue tuh anak insyaf beneran, apa capek sendiri nggak ada temen berantemnya lagi.

Malah sekarang itu tiap Yasa pulang, Luna suka ngintilin Yasa. Kemana-mana pengen ikut. Bikin kakaknya kesal aja. Tapi sekesal-kesalnya gue dan Yasa ama Luna nggak akan bisa ngamuk kalo liat tampang polos minta disayangnya itu. Ilang deh jin marah yang lagi bercokol di kepala. Luna akan tetap jadi adek kecil gue dan Yasa yang ngeselin tapi ngangenin.

"Oriza kuliah dimana? Tinggal dimana? Kenapa ambil kuliah malam?" banyak pertanyaan yang dilontarkan nyokap ke bocah yang di samping gue. Tapi tak satupun gue masukin ke telinga gue. Intinya, gue nggak dengerin jawaban dia apa. Nggak penting juga sih. Gue sibuk sama dunia gue sendiri, ngelamunin adek-adek gue sembari baca berita online tentang olahraga.

"Bang,  main hape aja. Tuh makanannya udah dingin." tegur nyokap. Karena keasyikan baca berita bola gue sampe nggak sadar pesanan kami datang.

Segera gue santap makanan dihadapan gue. Kesel bikin lapar. Karena lapar gue nggak peduli ama sekitar. Sibuk sendiri gue ama piring gue. Ampe gue lupa ama kebiasaan gue yang suka gangguin nyokap makan.

"Nggak enak ya, Nak? Kok nggak dihabisin?" Gue menatap piring gue. Bersih, licin. Jadi nyokap ngomong ama siapa nih? Luna?

Gue angkat kepala gue,  rencananya mau negur si Luna, kenapa nggak ngabisin makanannya. Di keluarga  gue itu pantang buang-buang makanan. Dosa hukumnya. 'Diluaran sana banyak orang sampai mengais tong sampah buat dapet makanan, lah kita yang bisa makan enak malah dibuang-buang. Itu yang sering nyokap gue bilang sejak gue dan adek-adek gue masih kecil. Gue dan adek-adek gue selalu diajarkan hidup prihatin. Peduli sama makanan berarti peduli dengan orang-orang yang kelaparan di luaran sana.

Belum mulut gue ngelontarin teguran buat Luna,  si bocah di samping gue ngejawab omongan nyokap. "Maaf Tante, porsinya terlalu banyak, saya nggak kuat ngabisinnya." jawab tuh bocah.

Couple Goals Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang