Oriza ~ Gara-gara Apel Kegigit

1.9K 196 9
                                    

"Lagi masak apa, Ma?" tanyaku pada mama yang kulihat sedang sibuk berkutat dengan bahan masakan di dapur.

Mama menoleh sebentar, "Masak sop ceker ini. Kan kamu yang minta kemarin." ingat mama.

Aku menepuk jidadku. Kok bisa lupa sih. Kemarin kan aku yang merenggek ke mama minta dibuatin sop ceker.

"Ada yang bisa Za bantu, Ma?" Aku menawarkan bantuan.

Bandel-bandel begini aku suka kok berurusan dengan keriuhan dapur. Aku suka memasak, tapi tidak ahli. Yang penting aku tahu cara menggunakan pisau. Tahu membedakan mana panci mana kuali. Dan tahu mana jahe dan lengkuas. Jadi tidak malu-maluin kalo bertandang ke rumah orang trus diajak bantu-bantu di dapur.

Mama menyerahkan wortel dan beberapa bahan pelengkap sop padaku  "Potong kayak biasa." instruksi beliau.

Aku mengangguk disertai ucapan, "Oke."

Setelahnya kami sibuk dengan tugas masing-masing. Mama sibuk menyiangi ceker yang jadi objek utama. Aku sibuk dengan tugas yang diberikan mama.

"Habis ini apa lagi, Ma?" Aku sudah menyelesaikan tugas memotong-motongku.

"Panasain wajan trus tumis bumbu-bumbu itu." mama menunjuk mangkok yang berisi bumbu yang sudah dihaluskan.

Segera aku melaksanakan perintah mama. Masak itu gampang. Apalagi yang dimasak adalah makanan yang kita mau. Akan lebih semangat  pastinya.

"Za nggak boleh nyicip dulu, ma?" Aku sudah tidak sabar untuk mencicipi hasil masakanku barusan. Tapi mama belum membolehkannya. Mama bilang tunggu papa pulang dulu.

"Ma," aku merenggek.

"Bentar lagi Za," Mama tetap keukeh.

"Mama ihh, Za udah laper maaa."

Mama tetap nggak ngasih, "Tahan bentar lagi Za, nyemil apel sana!" tega banget kan mama ku itu. Masa anak kelaparan disuruh nyemil.

Dengan bersungut akhirnya aku keluar dari ruang makan. Percuma ngerayu-ngerayu Mama nggak bakal dikasih juga. Tau banget kebiasaan anaknya yang bilangnya cuma nyicip tapi akhirnya bisa ngabisin dua mangkok sup. Trus nanti nggak ikut makan siang bareng.

Padahal makan siang bareng itu kesempatan emas buat ngobrol bareng keluarga. Karena malam aku nggak makan di rumah sibuk kuliah.

Tapi aku sering gitu sih akhir akhir ini, kabur pas makan siang. Menghindar sih lebih tepatnya. Jadi suka nyari-nyari alasan biar nggak makan bareng. Yang ketiduran lah. Yang udah kenyang lah. Banyak pokoknya alasannya.

Semua karena papa sih. Suka banget bikin anak gadisnya ngelawan. Masih inget kan kejadian yang aku kehilangan tas pas jalan-jalan itu. Nah, pas kejadian itu kan hapeku juga ikutan hilang. Trus aku minta beliin hape baru dong, yang terkini. Papa beliin tapi bukan hape yang kumau.

Kesel nggak sih rasanya kalo nggak dapetin apa yang kita mau. Nah karena itu aku ribut dong sama pak Salim, iya pak Salim, papaku itu. Nggak ngertiin banget ama selera anak muda.

Emang sih yang dibeliin pak Salim juga canggih tapi aku nggak mau itu. Aku maunya yang apel kegigit seri terbaru. Pas aku bilang ke pak Salim masa pak Salim bilang gini, 'Ya udah kalo kamu nggak mau, nggak usah pake hape aja sekalian, gitu aja kok repot.'

Coba kalo kalian yang ada di posisiku, mangkel nggak sih  dengernya. Nggak mangkel? Ya udah kalian nggak ngerti sih jadi aku. Aku tuh biasa dapetin apa yang kumau. Biasa diberikan apapun yang kuinginkan jadi sekarang ketika pak Salim udah mulai hitung-hitungan gondok dong aku.

Pak Salim itu gimana ya kalo ke aku, tegas iya, tapi suka manjain gitu. Kalo kemana-mana pasti beliin oleh-oleh buat aku. Kadang akunya suka kesel karena oleh-oleh yang dibeliin udah dobel gitu di rumah.

Couple Goals Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang