"Bunda yakin, akan bekerja keluar negeri?" Karina kurang setuju dengan keputusan bunda untuk bekerja sebagai TKW. Tapi mau bagaimana lagi, keadaan yang memaksa. Karina beserta kakak dan adiknya harus tetap sekolah sebagaimana harapan ayah dulu.
"Iya, bunda yakin Karin. Kita butuh uang untuk melanjutkan hidup, kita tidak boleh terlalu lama terpuruk dan mengharapkan belas kasihan dari orang lain."
"Lalu bagaimana dengan kami bunda? Karin, Kak Angga, dan Dira butuh bunda untuk menemani kami disini. Jika bunda pergi kami tinggal dengan siapa?"
"Bunda percaya kalian dapat menjaga diri kalian masing-masing, bunda juga percaya kamu dan kakakmu dapat menjaga Dira. Kalian berdua sudah dewasa, pasti kalian sudah tahu mana yang baik dan buruk."
"Tapi bun..."
"Sst, bunda percaya kalian bisa."
***
Tidak terasa, hari ini adalah hari di mana sang bunda akan berangkat keluar negeri. Karina takut, ia tidak mampu hidup tanpa bunda.
"Angga, selama bunda pergi tolong jaga adik-adikmu." pesan bunda pada kak Angga.
"Baik bun, tapi Angga khawatir Angga tidak mampu menjaga amanah dari bunda." ternyata Angga sama khawatirnya dengan Karin.
"Karin, tolong bantu kakakmu menjaga adikmu, jangan terlalu merepotkannya, dan ingatkan kakakmu apabila ia salah. Bunda tahu kamu anak yang baik, jadi jangan buat bunda kecewa sama kamu." Karin hanya bisa mengangguk, ia tidak mampu berkata-kata. Ia takut akan mengecewakan bunda nantinya.
"Dan kamu Dira."
"Iya bun."
"Tolong kamu patuhi apa yang dikatakan kakak-kakakmu."
"Siap bun."
Mereka berempat berpelukan. Sampai tiba saatnya sang bunda harus segera menuju ke pesawat, karena pesawat akan segera berangkat.
Karina tidak dapat membendung air matanya, begitu juga Angga dan Nadira. Mereka merasa tidak mampu hidup tanpa bunda.
#tobecontinue
KAMU SEDANG MEMBACA
Broken Home ✔
Ficção AdolescenteKeluarga adalah tempat di mana seseorang mendapatkan perlindungan, kenyamanan, serta kasih sayang. Keluarga juga merupakan tempat di mana seseorang berbagi suka dan duka. Namun bagaimana jika salah seorang anggota berusaha memecah belah keluarganya...