RAHASIA DAN TUJUAN IBADAH PUASA
-
-ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺪﺍﺩ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :
ﻭﻣﻦ ﺁﺩﺍﺏ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ : ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﺜﺮ ﺍﻟﻨﻮﻡ ﺑﺎﻟﻨﻬﺎﺭ ، ﻭﻻ ﻳﻜﺜﺮ ﺍﻷﻛﻞ ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ ، ﻭﻟﻴﻘﺘﺼﺪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺣﺘﻰ ﻳﺠﺪ ﻣﺲ ﺍﻟﺠﻮﻉ ﻭﺍﻟﻌﻄﺶ ﻓﺘﺘﻬﺬﺏ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﺗﻀﻌﻒ ﺷﻬﻮﺗﻪ ، ﻭﻳﺴﺘﻨﻴﺮ ﻗﻠﺒﻪ ﻭﺫﻟﻚ ﺳﺮ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻭﻣﻘﺼﻮﺩﻩ.
(ﺍﻟﻨﺼﺎﺋﺢ ﺍﻟﺪﻳﻨﻴﺔ ﺹ 138)
-
-Berkata Al-Imam Al-Haddad,
"Termasuk diantara adab-adabnya orang yang berpuasa adalah hendaknya ia tidak memperbanyak tidurnya disiang hari dan tidak memperbanyak makan dimalam harinya, maka hendaknya ia bersikap wajar/sedang-sedang saja akan hal tersebut sehingga ia tetap merasakan rasa laparnya disiang harinya (karena tidak dipakai tidur saja) pun dimalam harinya (karena tidak terlalu kenyang saat berbuka) dengan demikian jiwanya akan terlatih dan nafsu syahwatnya pun akan melemah dan hatinya akan bercahaya, nah inilah rahasia dan maksud tujuan dari ibadah puasa itu sendiri."
-
-Kitab Nashoihu Ad-Diniyah Wal Washoya Al-Imaniyah Hal. 138
#untaian.mutiara
🌼🍃🌼🍃🌼🍃🌼🍃🌼🍃🌼
RAMADHAN DI TAREEM, YAMAN .
.Salam Ramadhan Kariim
Terpanggil untuk berbagi tentang pesta ibadah di bumi auliya Tarim, Yaman.
Di antara amalan-amalan di Tarim di bulan Ramadhan :
-
-
-
✅ Ramadhan di sana ibarat Hari raya.
Meriah dengan ibadah. Semua berebut untuk shaf pertama bagi banaat Dar Zahra'. Tidak sholat jama'ah ibarat suatu aib. Sholat di awal waktu menjadi kewajiban.
Al-Quran, Wirid dan amalan2 sunnah menjadi rutin harian.
-
-
✅ Kurangkan tidur malam di bulan mulia ini.
Mereka menghidupkan malam selepas tarawih dengan al-Quran, zikir serta pembacaan kitab. Tidur yang diamalkan pada bulan ini adalah selepas wirid pagi beserta kelas tafsir dan diikuti sholat dhuha. Kemudian baru pulang ke kamar masing-masing untuk tidur.
Boleh dikatakan waktu ini sunyi, sebab semua menggunakan masa untuk tidur agar dapat bangun malam.
-
-
✅Sholat Sunnah Tasbih 4 rakaat(2+2) setelah sholat sunnah ba'diyah maghrib.
Dikatakan ganjarannya adalah Qashr fil jannah.
-
-
✅Bersiwak, yang merupakan sunnah Rasulullah sallallahu'alaihi wasallam.
Banyak kelebihan bersiwak. Diamalkan setiap kali memulai suatu amal. Baca quran, wudhu', sholat, ta'lim, tidur, dan sebagainya.
-
-
✅ Qodho' sholat fardhu. Setiap kali lepas sholat fardhu, akan berdiri untuk terus menunaikan sholat qodho'. Biasanya 2 kali sholat setiap kali solat fardhu. Hal ini untuk menambal lubang-lubang sholat-sholat kita yang kemungkinan ada yang tak diterima, ataupun tak sempurna dan sebagainya.
Dan setiap amalan fardhu digandakan ganjarannya 70x pada bulan mulia ini.
Yaa Robb!
-
-
✅ Menghadirkan hati dengan Allahu Robbul 'alamin dalam setiap amalan dan pekerjaan. Contoh: Ambil wudhu' dihadirkan hati serta setiap anggota ada niatnya.
Diakhiri dengan do'a setelah berwudhu'. Serta surah al-qadr 3 kali. Dan diusahakan agar tidak
berbicara setelah berwudhu' dan terus sholat sunnah wudhu' 2 rakaat.
Dikatakan kisah ahli tasawuf yang mengibaratkan omongan tentang duniawi yang melalaikan akan membatalkan wudhu'. Itu pandangan mereka yang mementingkan kekhusyu'an dalam setiap amal.
-
✅ Mengambil berat tentang khidmah. Misalnya: Menyusun sandal, menyediakan makanan untuk yang berbuka puasa, membersihkan musholla dan sebagainya.
-
✅ Mementingkan adab serta menjaga hati (husnudzon) dalam setiap perkara.
✅ Mementingkan, memperbanyakkan serta memperbesar niat dalam setiap majlis ilmu.
✅ Senantiasa menganggap orang lain lebih baik daripada kita. Akan ada sesi bersalaman setiap lepas shubuh dan ashar.
Pada akhir daurah Ramadhon, salah seorang peserta muallaf, mengatakan itu adalah sesi yang paling disukai, bila saling bersalaman, saling bermaafan. Dan dalam hati dia akan berkata, "you're better than me". Ya Robb!
✅ Menghidupkan sunnah Rasulullah sallallahu'alaihi wasallam dalam segala hal.
✅ Di antara zikir yang dibaca berulang-ulang di bulan mulia ini adalah :نشهد ألا إله إلا الله نستغفر الله نسألك الجنة ونعوذبك من النار.
...اللهم إنك عفو تحب العفو عنا. .
.يا كريم...Dzikir ini dibaca pada segala keadaan, baik ketika duduk, berdiri, berbring, berjalan, memasak, dan lain-lain.
✅ Selepas Ramadhan terus sambung puasa 6 hari pada 2 Syawal. Hari Raya yang sebenarnya bagi mereka adalah setelah habis puasa 6 Syawal.
Yaa Robb.. Alhamdulillah syukru LILLAH 'ala kullu hazihin ni'am.
Semoga memberi manfaat bersama.
Istiqomahlah hatta sekecil perkara.
Boleh jadi amal kecil itu tinggi derajatnya disisi Allah. Boleh jadi juga amal yang besar itu kurang derajatnya disisi NYA.
ALLAHU 'ALAM..
semoga Ramadhan kali ini lebih baik daripada sebelumnya.
InsyaAllah.
Sama-sama saling mendo'akan.رمضان كريم
" اللهم اعنا على ذكرك
وشكرك وحسن عبادتك "Ini diantara doa Rasulullah SAW, yang beliau nasehatkan untuk dibaca setiap kali habis sholat.
Diantara usaha kita untuk istiqomah dalam beribadah !
Fastabiqul Khoiroot... Semoga kebahagiaan dari akhirat milik kita...#untaian.mutiara
KAMU SEDANG MEMBACA
Artikel & Quotes Islami [[Lengkap✔]]
DuchoweKumpulan-kumpulan artikel dan quotes islami, dari berbagai sumber yang memotivasi dan menginspirasi pembaca agar lebih mendekatkan diri pada ALLAH. Semoga bermanfaat dan selamat membaca ☺ . . ( Mari belajar berhijrah bersama-sama karna hidayah itu...