Tareem_lovers. SABAR DAN MEMAAFKANDiriwayatkan Jabir, bahwa Nabi SAW ditanyakan tentang iman, maka beliau menjawab:
"Sabar dan suka memaafkan".
Dikatakan bahwa Allah Ta'ala menurunkan wahyu kepada nabi Daud as :
"Berakhlaklah dengan akhlak-KU! Sesungguhnya sebagian dari akhlak-Ku, ialah, bahwa Aku Mahasabar".
_
Pada hadits yang diriwayatkan 'Atha' dari Ibnu Abbas, bahwa ketika Rasulullah SAW masuk ke tempat orang-orang Anshar, lalu beliau bertanya: "Apakah kamu ini semua orang beriman?".
Semua mereka diam.
Maka menjawab Umar ra : "Ya, wahai Rasulullah!".
Nabi SAW lalu bertanya: "Apakah tandanya keimanan kamu itu?"
Mereka menjawab: "Kami bersyukur atas kelapangan. Kami bersabar atas cobaan. Dan kami rela dengan ketetapan Tuhan (qadha Allah Ta'ala)".
_Lalu Nabi SAW menjawab: "Demi Tuhan pemilik Ka'bah! Benar kamu itu orang beriman!".
Nabi SAW bersabda: "Pada kesabaran atas yang tidak engkau sukai itu banyak kebajikan".
Terdapat pada surat khalifah Umar bin al-Khatab r.a. kepada Abu Musa Al-Asy'ari r.a., yang bunyinya sebagai berikut:
_Haruslah engkau bersabar! Dan ketahuilah, bahwa sabar itu dua.
Yang satu lebih utama dari yang lain : sabar pada waktu musibah itu baik. Dan yang lebih baik daripadanya lagi, ialah sabar (menahan diri) dari yang diharamkan Allah Ta'ala. Dan ketahuilah, bahwa sabar itu yang memiliki iman. Yang demikian itu, adalah bahwa takwa itu kebajikan yang utama. Dan takwa itu dengan sabar.
_Ali Bin Abi Thalib berkata pula: "Sabar itu dari iman, adalah seperti kedudukan kepala dari tubuh. Tidak ada tubuh bagi orang yang tidak mempunyai kepala. Dan tidak ada iman, bagi orang yang tiada mempunyai kesabaran."
Adalah Habib bin Abi Habib Al Bashari, apabila membaca ayat: "Sesungguhnya dia (Ayub) kami dapati, seorang yang sabar. Seorang hamba yang amat baik. Sesungguhnya dia tetap kembali (kepada Tuhan)" (Q.S. Shad [38]: 44),
lalu beliau menangis dan berkata :
"Alangkah menakjubkan! Ia yang memberi dan Ia yang memujinya."Ya Rabb, Jadikanlah kami orang-orang yang sabar dan pemaaf.
_
Dari @pecinta_habib_quraisy_baharun
_
#nasehat
#renungan
#habaib
#HabibQuraisybaharun#tareem_lovers
#tareemlovers➖➖➖
Tareem_lovers.
قال النبي صلى الله عليه وسلم: رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ خَيْرٌ مِنْ سَبْعِينَ رَكْعَةً بِغَيْرِ سِوَاكٍNabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Dua roka'at dengan siwak itu lebih baik daripada tujuh puluh roka'at tanpa dengan siwak”.
-
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: السواك مطهرة للفم مرضاه للرب. رواه أحمد والنسائي.
-
“Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.”Faedah-faedah SIWAK :
1.Membersihkan mulut
2.Di ridhoi oleh Allah Ta’aala
3.Memutihkan gigi
4.Menyegarkan bau mulut
5.Meratakan punggung
6.Menguatkan gusi
7.Memperlambat ketuaan
8.Membersihkan perangai
KAMU SEDANG MEMBACA
Artikel & Quotes Islami [[Lengkap✔]]
EspiritualKumpulan-kumpulan artikel dan quotes islami, dari berbagai sumber yang memotivasi dan menginspirasi pembaca agar lebih mendekatkan diri pada ALLAH. Semoga bermanfaat dan selamat membaca ☺ . . ( Mari belajar berhijrah bersama-sama karna hidayah itu...