TigaSatu

1.9K 118 3
                                    

malam itu, gua sama Amat pergi ke rumahnya Yono. dan benar saja, di rumah Yono ada bendera kuning. jelas gua sedih, gua juga ketakutan karna baru aja gua ketemu Yono. Yono datang ke rumah gua.

Yono di kuburkan malam itu juga, gua sama Amat ikut menguburkan. jam 11 malam mungkin. waktu Yono dikuburkan, Amat sering banget colek-colek gua, gua sempet kesel ko Amat ngajak becanda.

gua bilang "lu mah becanda mulu" lalu si Amat berbisik ke gua "bukan ngajak becanda, itu lihat" si Amat ngarahin kepala gua ke salah satu sudut TPU, ternyata Amat colek-colek gua itu karna dia ngelihat sesuatu.

setelah gua lihat, ternyata ada Yono yg lagi duduk di salah satu tanah kuburan. meskipun saat itu banyak orang, tapi, melihat penampakan Yono tentu saja bikin gua merinding.

tadi Yono datang ke rumah gua, ternyata dia sudah meninggal. sekarang Yono ada lagi di acar pemakaman dirinya sendiri.

setelah acara selesai, gua sama Amat langsung pulang. di rumah, gua ke kamar mandi, cuci muka, tangan dan juga kaki. lalu gua ke kamar dan gua kepikiran Yono.

gua tidur, lalu gua mimpi. di mimpi itu, gua berada di satu tempat yg ga asing buat gua. gua berdiri dan melihat sekitar, gua jalan ga tentu arah. lalu gua bertemu dengan seseorang.

dia tersenyum lalu dia bilang "bangun sebentar" gua tanya "bangun apa?" dia bilang "kamu sedang tertidur, sekarang, bangunlah sebentar"

waktu itu gua sadar kalo gua lagi mimpi, gua sadar kalo gua lagi tidur. gua bangun, gua membuka mata dan di sudut kamar gua ada yg berdiri.

kepalanya menunduk, sesekali terdengar suara tangisan yg lirih. badan gua bergetar karna yg berdiri di sudut kamar gua itu adalah orang yg gua kenal. Yono.

Yono berdiri cukup lama dan dia menghilang, setelah Yono menghilang, gua langsung berdiri dan gua tidur di depan TV.

gua tidur lagi, ga lama gua dibangunin bokap. dia bilang "Ga, bangun. kenapa tidur disini?" gua bangun, gua lihat jam. waktu itu masih jam 6 pagi. gua pindah ke kamar, gua tidur lagi.

baru aja gua tidur, nyokap ngebangunin gua. dia bilang "A, bangun. udah pagi, sekolah" jarang-jarang gua dibangunin. pas gua buka mata, nyokap. bilang "katanya ada anak yg meninggal ketabrak mobil, Arangga jangan main jauh-jauh, kalo mau nyebrang, lihat kanan kiri atau minta tolong orang" berita soal Yono sudah sampai ke nyokap gua.

pagi itu, masih setengah 7. biasanya gua bangun jam 7. gua mandi, sarapan lalu berangkat sekolah. waktu itu gua ke rumah si Amat, gua berangkat bareng sama dia.

diperjalanan Amat cerita ke gua "Ga, semalem gua mimpiin Yono. pas gua bangun, eh tau-tau si Yono ada di deket kaki gua. dia duduk"

gua bilang "Mat, sama. semalem juga gua gitu. gua mimpi, lalu ada orang yg nyuruh gua bangun, pas gua mata, si Yono lagi berdiri di kamar gua. pas dia hilang, gua langsung pindah, gua tidur di depan TV"

gua bilang ke si Amat "gua ga ngerti Mat, makin sering aja gua lihat hantu. lu tau sendiri kan kalo di kolam belakang rumah gua suka ada kuntilanak yg mainin air. terus kejadian di rumah angker yg lu sering nginep itu, kakeknya temen kita yg tersambar petir, kejadian di rumah Teh Maya. ditambah si teteh yg meninggal karna overdosis, nah sekarang, setelah Ali, ada lagi Yono"

hari itu, setelah pulang sekolah SD gua sama anak2 main ke kebun. nyari buah-buahan. setelah itu kita semua mandi di sungai. udah puas mandi kita pun makan buah-buahan yg tadi kita petik.

sekitar jam 3 sore gua pulang ke rumah, gua ga sekolah madrasah karna waktunya latihan karate. gua lewat pertigaan. disana gua ingat Ali, anak kecil yg gua kenal dan sering gua anterin pulang ke rumahnya padahal dia sudah meninggal.

setengah 6 latihan karate usai, gua pulang. dijalan, gua inget lagi sama Ali. gua berdiri di tempat yg biasa Ali diam. gatau kenapa, waktu itu. meskipun gua takut karna sudah tau bahwa sebetulnya Ali sudah meninggal, tapi, gua ngerasa kehilangan juga.

gua pulang ke rumah, mandi, makan, sholat magrib lalu berangkat ngaji.

pulang ngaji itu kan jam 8 malam, waktu itu gua pulang sendirian karna si Amat ga ngaji. dia lagi tugas, nginep di rumah angker.

waktu itu, jalanan rame banget. banyak motor dan orang-orang yg lewat. pas di kebun, tiba-tiba ada kantong plastik yg terbang padahal waktu itu ga ada angin.

gua diem, gua tengok kanan kiri kanan belakang. ya kali aja ada orang yg jahil. gua jalan lagi lalu tiba-tiba ada orang yg manggil gua "Ga" gua berenti jalan, gua cari siapa yg manggil gua. lalu....

PULANGLAH KE RUMAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang