2003.
gua lulus SD untuk melanjutkan ke SMP.
di waktu itu, keadaan nyokap sama bokap lagi "perang dingin" mereka pisah rumah, bahkan saat sebelum itu pun mereka sudah pisah.
bahkan beberapa minggu sebelum UN SD, gua ga bisa belajar karna mereka berantem mulu.mereka yg berantem tapi gua yg malu sama tetangga, karna kalo mereka lagi berantem, suaranya itu udah kaya metelica lagi konser.
atau, suara mariah carey yg lagi duel vocal versus mas kriwil yg ada di acara dangdut itu.
gua malu, mereka ?? ah gatau malu, berantem teruuus...gua itu butuh waktu buat belajar, gua juga butuh tidur.
akhirnya gua sering nginep di rumah (alm) nene gua.
mungkin anak-anak yg lain baru mau belajar kalo udah di omelin sama ortu nya.
ortu gua ?? boro2 nyuruh belajar, gua belajar di rumah aja mereka asik battle dance.hubungan ortu gua makin kacau, gua ngungsi ke rumah nene (pihak bokap) awalnya.
tapi karna setiap malam suka ada hal-hal aneh.
setiap malam gua sering pindah-pindah tempat ngungsi.
kadang ke rumah bibi, ke rumah kaka nyokap, ke rumah temen kadang gua tidur di masjid.dari sebelum UN sampai akhirnya gua lulus dan melanjutkan ke SMP. hubungan ortu gua masih "perang dingin" kaya USA sama Soviet waktu dulu. saking asiknya perang, mereka lupa kalo anaknya mau UN lalu ke SMP.
untung gua masih punya banyak sodara, makan sama uang jajan mah ada mulu.waktu gua mau masuk ke SMP, disana kan ada tes untuk bisa diterima di SMP itu.
gua ikutan, kebetulan gua masuk 10 besar nilai paling tinggi.
artinya gua diterima dan masuk kelas unggulan.
disaat ortu yg lain bahagia anaknya diterima dan ortu lainnya kecewa karna anaknya ga lolos~ortu gua ??
mereka mana peduli.
gua bilang "aria ke terima di SMP Negeri" yg satu bilang "bagus" yg satunya lagi bilang "oh"
ok yg penting aing harus sekolah, karna waktu kecil gua punya cita-cita pengen jadi arsitek, tapi pas udah gede malah jadi orang ganteng..SMP, hari itu anak2 yg lain datang dengan orang tuanya. gua? sendirian.
ortu kan lagi perang, lempar bacot sembunyi dari tanggung jawab.
kebetulan disana gua bawa uang 150rb.
itu uang yg gua kumpulin dari hasil bayaran main bola di berbagai tarkam.
dulu mah gua jago gocek bola.waktunya gua daftar ulang.
guru tanya, ortu nya mana ?? gua bilang, mereka dua-dua nya kerja.
padahal gua bohong, mereka berdua ga peduli sama gua.
gua masih inget, uang bangunan itu 250rb ditambah seragam dll yg mencapai 1jt.
gua gemeteran lihat rincian biaya sekolah.guru itu bilang, nanti aja daftar ulangnya sama ortumu.
guru itu juga bilang, ini harus dibayar lunas, kalo dicicil juga bisa tapu harus ada tanda tangan dari ortu.
kalo ga bersedia, kursi gua bisa hilang.
artinya sudah ada orang lain yg berminat beli kursi gua di SMP itu.saat itu, keinginan gua sekolah melebihi rasa benci gua sama ortu gua.
disitu gua nangis sama guru itu, gua nangis sambil ngeluarin uang yg gua punya "ini saya punya 150rb, nanti saya bayar, saya pemain bola, itu bayaran saya main bola, saya mohon, saya mau sekolah"disaat itu ada guru lain yg datang, dia wakepsek, terus wakepsek tanya "namamu siapa?"
"arangga aria pa" jawab gua, disitu dia lihat absen lalu bilang "kamu peringkat 9, nanti saya jadi wali kelasmu. bawa uangmu, itu urusan ortu mu, kalo mereka ga mampu, saya yg bayar semuanya"akhirnya gua bisa sekolah, udah ngerasa kalo kursi gua aman. gua langsung ke pasar. gua mau beli seragam, awalnya.
ditoko yg menjual seragam banyak ortu sama anaknya.
gua minder, gua ga jadi beli seragam.
gua juga takut duitnya ga cukup, sedangkan gua belum punya apa-apa.uang 150rb itu gua beliin tas sama perlengkapan yg lain.
si ibu yg punya toko tanya "ko beli sendirian?"
gua bilang aja ortu gua pada kerja.
si ibu ngasih berbagai macam perlengkapan, gua pikir gua ga bakalan bisa bayar, soalnya banyak banget.
gua bayar "ibu, ini cukup ga?"
KAMU SEDANG MEMBACA
PULANGLAH KE RUMAH
Детектив / ТриллерOrang-orang selalu bercerita tentang kejadian aneh atau membicarakan tentang hantu yg mereka lihat di Hutan, Gunung, Pantai, Rumah Sakit, Jalan Raya atau Tempat Ibadah sekalipun. tempat yg gelap, kotor, sepi, jauh dari keramaian atau tidak berpenghu...