Delapanbelas

2K 123 1
                                    

waktu di gudang SD, gudang itu kan gelap. gua ga melihat wajahnya secara utuh, si bapak-bapak itu duduk tapi ketika di depan rumah gua. wajah si bapa yg sebelah kiri itu gosong, lihat kakinya penuh lumpur.

setelah itu, si bapa membalikan badannya dan terlihat setengah badannya pun gosong. dia berjalan lalu menghilang.

gua balik ke kamar dan masih gemeteran dalam hati gua berkata "itu bukan manusia, siapa dia? kenapa datang ke gua?"

keesokan harinya, gua bangun tidur, mandi lalu sarapan. gua berangkat ke sekolah. pas nyampe sekolah gua lihat anak-anak lagi pada ngumpul.

gua tanya "lagi pada ngapain?" temen gua jawab "kemarin sore kakek temen kita meninggal, terkena petir waktu di sawah"

disitu gua jadi inget kalo semalam pas gua pulang dari rumahnya kakak nyokap gua, gua denger tentang orang yg meninggal tersambar petir.

dalam hati gua berkata "apa yg meninggal itu kakeknya temen gua?" ga lama suara bel berbunyi, kita masuk ke dalam kelas.

di kelas, temen gua ga masuk sekolah. wali kelas pun mengatakan bahwa nanti jam istirahat kelas kita akan ke rumahnya.

jam istirahat, kelas gua bersama guru-guru yg lain datang ke rumah temen gua itu. waktu di rumah temen gua, jenazah kakeknya sudah di makamkan.

gua ketemu sama temen gua, gua sedih lihatnya. dia lagi nangis, gua bilang "turut berduka cita ya Lis, semoga almarhum diterima amal ibadahnya. kamu yg tabah ya"

disitu gua lihat foto bapak-bapak, gua tegesin lagi dalam hati gua ngomong "hah? itu kan yg kemaren di gudang sekolah. itu kan bapak-bapak yg semalem gua lihat di depan rumah"

gua tanya ke temen gua yg lain yg merupakan tetangganya Lisa "Ya, itu foto bapaknya Lisa bukan?" Tya jawab "bukan, itu kakeknya. itu yg meninggal"

mendadak hati gua deg-degan, gua aneh aja kenapa kakeknya temen gua itu ada di gudang sekolah lalu ke rumah gua.

setelah itu kita semua balik lagi ke sekolah, pulang sekolah SD gua ke rumah, makan siang, tidur lalu berangkat ke sekolah madrasah.

pulang sekolah madrasah gua langsung ke lapangan SD, maen bola. baru sebentar maen bola, tiba-tiba hujan turun begitu derasnya. hari ini, petir lebih banyak dari hari kemarin.

biasanya, mau hujan, mau ada petir, anak-anak ga pernah berhenti main bola. tapi hari itu anak-anak menghentikan permainan karena mereka takut soalnya kemarin ada orang yg meninggal tersambar petir.

saat itu anak-anak pada pulang ke rumahnya, gua masih di SD nunggu hujan reda. tapi, bukannya reda. hujan semakin deras dan petir tidak henti-hentinya menyambar sampai-sampai pohon kelapa yg ada di sekitar sekolahpun terkena petir.

gua ketakutan, pas gua mau pulang. gua seperti melihat seseorang yg sedang berdiri di gudang sekolah. gua lihat ke belakang, tapi ga ada siapa-siapa dalam hati gua ngomong "ah, perasaan gua aja"

gua lari, mungkin sekitar puluhan meter gua lari. gua baru inget "lah? tas gua?" gua lupa belum bawa tas gua yg gua simpan di dekat gudang.

gua balik lagi ke sekolah, gua ke gudang. pas gua di gudang, lagi-lagi, gua lihat lagi bapak-bapak itu. ya, kakeknya temen gua.

kali ini gua bisa melihat seutuhnya, jelas banget. dia berdiri, dia menggunakan kaos yg sama seperti yg semalam gua lihat, wajah kirinya gosong. gua langsung lari.

gua pulang ke rumah kakaknya nyokap gua, setelah mandi, gua makan lalu gua pulang ke rumah lalu berangkat ngaji.

malam itu hujan gerimis, pas pulang ngaji, gua itu kan ngelewatin sawah. malam itu temen gua si Amat ga ngaji, dia nginep di rumah angker.

waktu di sawah, gua lihat ada orang yg lagi mencangkul di sawah. awalnya gua biasa aja soalnya memang para petani suka ada yg kerja di malam hari.

pas gua lewat, gua bilang "permisi" si bapak-bapak itu bilang "hmm" saat itu petir kenceng baner, cahayanya terang, gua langsung lari karna itu adalah kaleknya temen gua yg mati tersambar petir. lalu...

PULANGLAH KE RUMAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang