Dedek Kuki

1.9K 167 7
                                    

Gue sama adek gue yang namanya Kuki, sekarang lagi ada dikolam ikan depan mushola. Si kuki seneng banget tuh lihat ikan koi warna-warni berenang di kolam.

Dia berkali-kali ketawa dan manggil nama gue sambil nunjuk ikan nya. Tangan mungilnya kadang juga dicemplungin ke air. Terus diciprat-cipratin. Biasa lah anak kecil.

"Nuna! Nuna liat deh kuki megang ikan!" Si kuki teriak manggil gue yang lagi duduk santai dibangku deket kolam. Gue langsung nolehin kepala dan ngelihat kuki lagi megang ikan koi kecil warna orange.

Kasian anjir ikan nya kejepit. Mana dia megang nya erat banget pula. Si ikan mangap-mangap gitu yawla.

"Eh! Kuki jangan dipegang gitu, kasian ikan nya gabisa nafas." Gue langsung ndedeket kearah kuki dan ngambil ikan itu. Ikan nya gue balikin lagi kekolam dan langsung berenang ngejauh.

"Ikan nya gabisa nafas?" Kuki ngelihatin gue dengan ekspresi bingung yang imut.

Gue senyum dan nyubit pipinya.

"Iya. Ikan itu gabisa nafas kalo di darat. Mereka bisa nya nafas di air. Kan ikan punya insang."

"Insang? Apa itu?"

Gue ngehela nafas. Si kuki ini emang kepo banget. Dia sering banget tanya apa yang gak dia tau. Kadang juga pertanyaan nya gamasuk akal. Sangking pinternya. Kata mama.

"Insang itu alat pernafasan nya ikan."

Si kuki diem aja. Dia balik ngelihatin ikan dikolam. Tapi alisnya naik sebelah. Keren kan ade gue.

"Kita punya insang gak nun?"

Plak!

Gue nepuk jidat gue sendiri.

"Ga punya dek. Kita nafas nya pake paru-paru."

"Kuki gapunya paru-paru nuna!" Si kuki langsung masang wajah sedih.

Kan gue bingung. Ko bisa dia bilang gapunya paru-paru. Mati dong.

"Kuki punya lah, semua orang punya kuk."

Gue ngejelasin dengan nada yang gue tahan biar gak ngegas. Soalnya gue biasanya kelepasan ngegas ke kuki kalo uda emosi. Terus dianya nangis. Gue dimarahin papa ending nya.

"Kuki gapunya! Hwaa.." Kuki malah nangis. Gimana sih ni bocah.

"Kok kuki nangis? Semua orang punya paru-paru kuki sayang.."

"Gak nun! Kuki gapunya! Kuki punya nya hidung! Gimana dong!"

"..."















End.

-333 words-

ʙᴛꜱ x ʏᴏᴜ ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang