KEBUTUHAN AKAN ISTIRAHAT
Manusia tidak diciptakan untuk terus-menerus bekerja. Manusia harus bekerja, namun ia juga harus memerhatikan waktu-waktu istirahat. Alkitab mencatat bahwa Allah berhenti pada hari ketujuh. Itu bukan berarti bahwa Allah telah kecapaian sehingga tidak mampu lagi bekerja. Allah berhenti untuk memberi contoh pada manusia agar tidak semata-mata hidup untuk bekerja. Tuhan membuat manusia agar dapat tidur (). Salah satu alasannya agar manusia dapat terus hidup panjang dan otot-otot yang rusak karena aktivitas otot boleh diganti kembali. Dengan demikian, ketika bangun manusia memiliki kesegaran kembali.
Alasan Allah lainnya untuk berhenti pada hari ketujuh ialah agar manusia mengambil waktu relaksasi yang sangat berguna untuk tubuh. Tanah yang baik dan teras yang produktif adalah tanah yang tidak melulu ditanami padi dari waktu ke waktu. Harus ada tanaman selingan untuk menjaga kesuburan tanah itu. Demikian juga manusia tidak melulu mengerjakan banyak hal, tetapi perlu ada selingan untuk menyegarkan dirinya. Kesegaran itu bisa didapat dari waktu istirahat dan atau rekreasi. Selain itu, tujuan utama Allah berhenti bekerja pada hari ke tujuh ialah agar manusia memanfaatkan waktu itu untuk beribadah kepada-Nya.
Zaman yang serba cepat ini sudah menyeret orang pada sifat kecanduan kerja yang pada akhirnya lupa akan istirahat, sedikit tidur, dan juga kurang memberi waktu untuk keluarga dan beribadah.
KEBUTUHAN AKAN KESEHATAN
Apa artinya banyak harta, tinggi kedudukan, dan memiliki segalanya kalau tubuh ini selalu sakit? Inilah kalimat yang mengingatkan manusia untuk turut memerhatikan kesehatannya. Kesehatan diperlukan untuk hidup manusia bahkan dalam ibadah dan pelayanan manusia di hadapan-Nya. Kendatipun akan mati, itu tidak berarti bahwa manusia boleh mengabaikan kesehatannya. Verkuyl menulis, "Yang diminta Tuhan dari kita ialah supaya kita ingin tetap sehat, dan untuk itu kita harus memelihara badan kita ..., supaya dengan badan yang sehat itu kita boleh hidup, bekerja, memberi, dan melayani selama Tuhan menghendaki." Tubuh kita adalah Bait Roh Suci, oleh karena itu kita wajib memelihara serta mengupayakannya untuk tetap sehat. Berkaitan dengan kesehatan adalah sangat perlu bagi kita untuk memerhatikan pola makan, olahraga, tidak mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang, serta mengupayakan semaksimal mungkin kesembuhan jika tubuh terserang penyakit. Itu semua adalah respons positif terhadap anugerah Allah.
Sebagian orang Kristen sukamenuding bahwa merokok itu merusak tubuh yang adalah bait Roh Suci.Padahal iasendiri tidak menahan nafsu makannya dan mengonsumsi makanan yang membahayakankesehatannya. Jika demikian, orang tersebut sebenarnya juga merusak tubuhnyasendiri. Mengupayakan kesehatan adalah bentuk mengasihi diri sendiri yang dikehendakioleh Tuhan. Selain itu, untuk hidup sehat, manusia perlu menjaga bahkanmengupayakan kebersihan lingkungan. Tubuh sehat itu penting dan sangatberpengaruh. Mari kita ingat moto "Men Sana in Corpore Sano"yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.
YOU ARE READING
Manusia Abadi [SELESAI]
Non-FictionMembaca cerita ini, kamu akan memahami manusia lebih mendalam, agar dalam bertingkah laku dan berbudaya, dalam hidup di tengah-tengah masyarakat dan dunia ini, kamu akan diperlengkapi untuk menjalankan arti hidupnya di hadapan Tuhan dan sesama secar...