@lambe_smantara Minceun mau juga dums dikerjain UTS Fisikanya.
Ah, tapi apa daya Minceun hanyalah remahan upil berdompet tipis dengan isi penuh dosa---eh maksudnya penuh kertas tagihan belom dibayar :(
Sontak saja, kasus joki pengerjaaan soal UTS berbasis komputer yang dilakukan Rayhan anak XI IPA 1, dengan Verga sebagai pembeli kelas XI IPA 6 menggemparkan saentro SMANTARA, yang kependekan dari SMA Nusantara.
Rekaman audio percakapan serta beberapa bidikan gambar mereka yang sedang melakukan transaksi di gudang sekolah tidak terpakai merupakan bukti yang cukup untuk menyeret Rayhan dan Verga masuk ke ruang BK.
Komentar netizen perihal kasus tersebut menuai pro dan kontra, akan tetapi, lebih banyak dukungan memihak. Ada yang bergembira lantaran salah satu murid kasta borjuis berkurang, dan ada pula yang beranggapan---Minceun, admin di balik akun lambe_smantara---- pengecut kelas kakap yang bisanya hanya bersembunyi di balik akun gosip sekolah terfenomenal.
"Anjissss, coba gue tahu identitas Minceun, gue sate tuh orang. Kurang ajar banget ngangkat kasus gue ke akun gosipnya," rutuk cowok yang berambut acak-acakan di dalam ruang BK. Ia melayangkan tatapan malas terhadap Bu Nufha---waka kesiswaan---di hadapannya yang terus mengintrogasi.
"Dapet info darimana kamu kalau Rayhan buka jasa kotor begitu?" tanya guru tersebut dengan tatapan menikam.
Argh! Sial. Ini semua gara-gara Minceun.
Sementara dua orang tersangka tengah dieksekusi akibat perbuatan amoralnya di ruang BK, tak jauh dari sana berdiri seorang cewek berkacamata tebal dengan gigi atas yang dibehel. Cewek itu memerhatikan pemandangan tersebut melalui gorden jendela ruang BK yang sedikit tersingkap. Mencuri dengar pembicaraan adalah keahliannya kedua setelah mengendap-endap.
Senyum miring penuh kemenangan terpatri samar di wajah ovalnya, bibir merah mudanya berdesis pelan, "Mampus lo kasta borju."
Takut memancing perhatian jika terlalu lama menginvestigasi di depan ruang BK, ia pun akhirnya meneruskan langkah menuju kantin sekolah. Selama perjalanan, ia menunduk dalam-dalam. Menghindari tatapan angkuh dan sok berkuasa dari kasta atas.
Memang, di sekolah ini terdapat empat pembagian kasta dan peraturan tidak tertulis jika kasta missquen diharamkan berteman dengan kasta borjuis. Atau, kasta missquen selalu dikucilkan dan ditindas.
Pembagian kasta pertama ialah kasta borjuis. Di kasta borjuis diisi murid-murid borju dengan koneksi dan eksistensi di sekolah. Sederhananya, merekalah yang paling berkuasa di sini. Contohnya saja Verga dan Almeera kapten pemandu sorak yang harga dirinya diinjak-injak lantaran aib-nya yang terkuak di akun lambe_smantara beberapa minggu kemarin.
Kedua, kasta holkay. Tidak sekaya borjuis, tapi masih bisa dikatakan berduit. Tidak memiliki koneksi sama sekali. Mereka-mereka ini yang sering menjadi kaki-tangan para borju.
Ketiga, kasta menengah. Sesuai namanya, kasta ini berisi murid-murid menengah yang tidak termasuk kasta missquen tapi juga tidak bisa masuk kasta holkay-borju. Tidak jarang pula kasta menengah sering ditindas.
Dan yang terakhir serta paling menggenaskan, kasta missquen. Tidak berkuasa. Tidak berduit. Tidak memiliki koneksi. Pangsa utama menjadi objek bully. Jumlah mereka hanya segelintir, maka dari itu mudah untuk mengetahui siapa saja murid SMA Nusantara yang termasuk kasta tersebut.
Gadis berkacamata silinder dengan gigi atas berbehel itu masuk ke kasta mana?
Ah, jangan ditanya. Sudah jelas ia termasuk kasta missquen.
"Eflata." Seseorang tiba-tiba menghalangi langkahnya. Diikuti dua orang dayang-dayang yang menatapnya ilfeel dari atas sampai bawah.
Merasa namanya dipanggil, ia pun mendongak. Berpura-pura takut tentu. Cewek itu hanya tidak mau penyamarannya gagal. "Iya, Ren?"
"Kerjain PR gue. Semua," ancam Renatta, sambil menarik kerah bajunya.
Kalau sudah berhadapan dengan kaum borju, satu-satunya cara untuk cari aman adalah mengiyakan jika tidak mau bernasib apes.
Renatta tersenyum puas, ia pun berlalu dari hadapan Eflata bersama dayang-dayangnya.
Dasar bibit kecebong! Awas aja lo. Siap-siap gue hancurin image lo di akun lambe-lambe yang fenomenal.
Eflata merapikan kerah seragamnya yang ditarik Renatta. Lalu, melanjutkan langkah sambil menunduk. Meski begitu, indra pendengarannya siap siaga mencuri dengar segala informasi.
"Iya, Verga bakal dikeluarin dari sekolah."
"Rayhan gimana?"
"Cuma di-skors beberapa minggu."
"Kok gitu?"
"Iyalah, Verga kan naik bersyarat dengan percobaan satu semester. Saat dia bikin ulah, ancaman kepsek nggak main-main."
Percakapan dua orang itu mengiringi langkahnya menuju kantin.
"Emang joss banget deh lambe smantara, bisa nemuin gosip se-hot ini. Gue jadi kepo Minceun itu siapa."
Bolehkah Eflata membusungkan dada? Misinya sukses besar. Verga dikeluarkan. Itu keinginan semua kasta missquen.
Bagaimana tidak! Verga si raja bully itu kerap kali menindas kasta missquen dan menengah dengan perlakuannya yang semena-sena. Termasuk, dirinya dulu yang pernah diguyur ramuan susu basi bercampur kaus kaki basah serta dua buah telur busuk ketika tidak sengaja menyenggol lengan Verga.
Sumpah demi apa pun, Eflata tidak sengaja.
Tapi, Verga dan para kloningannya justru mencegat Eflata saat istirahat kedua dan memaksanya ke gudang belakang sekolah untuk diguyur ramuan menjijikan itu. Kroyokan. Satu lawan delapan. Toh, ia juga cewek yang tak memiliki kemampuan bela diri sama sekali. Jadi, satu-satunya hal yang dilakukan Eflata pada saat itu adalah: pasrah.
Sesampainya di kantin, hot news tentang Verga dan Rayhan menjadi sorotan utama topik pembicaraan. Eflata berusaha menahan senyumnya melihat kehancuran Rayhan dan Verga. Ia memilih tempat di sayap barat pojok kantin yang jarang terjamah kasta holkay dan borjuis
Eflata mengeluarkan bekalnya di tas tenteng mini. Membukanya tidak sabar, lalu menyuapkan sesendok penuh nasi goreng. Getaran ponselnya yang berisik membuat dirinya terpaksa menghentikan aktivitas.
Pasti notif hapenya penuh karena komentar di akun lambe_smantara, batin Eflata.
Setelah memastikan aman dan tidak ada yang memperhatikan, gadis berbehel itu pun mengeluarkan ponselnya hati-hati. Hal pertama yang ia lakukan tentu mengecek notif kebanjiran komentar dari para followers-nya yang ribuan.
Hal yang pertama yang menarik perhatiannya adalah DM masuk dari anonymous yang berisi:
@anonymous2093 Minceun, gue kasta missquen. Sebel banget tiap hari ditindas ama borju-holkay. Sekali-kali dong Min share foto-foto nista kaum borju-holkay wqwq. Request gue.
@lambe_smantara Tunggu, bakal Minceun update secepatnya. Yuq, kita ketawa onlen dulu HAHAHA.
to be continue
KAMU SEDANG MEMBACA
Investigasi Jeng Minceun
Teen Fiction(COMPLETED) Haus gosip terbaru seputar SMA Nusantara? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini! 1. Buka akun Instagram @lambe_smantara. 2. DM Minceun tentang apa saja yang terjadi, bisa juga berupa gosip kontroversional di SMA Nusantara. 3. Kirimkan...