4-EKONOMI

374 38 21
                                    

"BUNDAAAA FAREL BERANGKAT DULU,SARAPANNYA DIBUAT BEKEL AJA BIAR DIBAWA SAMA RANI. KITA UDAH TELAT ASSALAMMUALAIKUM"Teriak Farel dari lantai atas disusul Rani yang juga buruburu ambil bekel,salim, terus berangkat.

Kalau ga garagara pak satpam yang tibatiba sakit dan ijin ga nugas, mereka berdua udah jelas banget dihukum suruh motongin rumput pake potongan kuku atau bersiin kamar mandi pake sikat gigi. Salahin Rani yang jam 11 malem kebangun terus tibatiba pengen nonton tv. Akhirnya juga Rani ngajak Farel ke ruang tamu,nonton tv sampe subuh terus ketiduran.

Bilang makasih juga ke pak dika, si guru pkn yang tibatiba berhalangan ga masuk karena ada acara. Sial tapi menyenangkan, itu yang ada di pikiran mereka berdua

Ngobrol ngobrol ringan sama geng masing masing, sampe ga kerasa kalo sekarang udah ganti jam dari pkn jadi ekonomi. Pelajaran yang bener bener bikin Rani jengkel tapi justru bikin Farel semangat.

Dulu waktu mpls, Farel pengen banget masuk ipa sedangkan Rani yang gajago ngitung pengen ke ips aja. Tapi mereka berdua udah buat kesepakatan kalo SMA harus bareng satu jurusan, akhirnya setelah diberi formulir untuk milih 2 dari tiga jurusan. Ipa,Ips, sama bahasa mereka mutusin buat milih ipa sama ips. 4 hari setelah mpls setelah liat papan pengumuman ternyata mereka berdua masuk ips semua, sekelas lagi. Farel agak kecewa karena gabisa masuk ipa, tapi ya apa boleh buat. Pindah jurusan berarti Rani harus diajak pindah juga dan Farel gamau kalo Rani jadi tambah tolol gara gara ngitung terus. Astagfirullahaladzimmm:(

Padahal ekonomi itu pelajaran peminatan di jurusan IPS, tapi Rani ga ngambil pusing karena besok kelas 12 dia bakal ngambil geografi. Dia itu jagonya geografi, beberapa bulan yang lalu dia menang osn Geografi tingkat nasional dan dapet juara satu. Padahal kalo dikelas waktu pelajaran geo dia banyak ngobrolnya daripada merhatiin guru, entah dia dapet ilmu darimana bisa menang osn

"Assalammualaikum anak-anak" ucap bu sri,

"Waalaikumsallam warrohmatullahi wabarokatu" jawab anak anak

"Absen dulu ya"

Biasanya, kalau bu sri mau ngabsen pasti dikasih pertanyaan dulu sampe muridnya bisa jawab. Minggu kemaren, dimas yang lagi tidur tibatiba dikasih pertanyaan sama bu sri dan gabisa jawab, akhirnya 2jam pelajaran diisi sama pertanyaan dimas. Dan itu pun bu sri masih bilang gini "Dimas masih punya hutang jawaban sama saya,pertemuan berikutnya segera dicari".

Tapi ada sekitar 70 dari 100% murid yang ngambil jurusan ips suka sama pelajaran ekonomi. Entahlah, mungkin IQ mereka yang terlalu tinggi jadi gampang kalo pelajaran kaya gini

"Saya acak" kata bu sri sambil liat nomor absen di data kelas "Yudistira Putra Adyatma" tunjuknya

"Saya bu"

"Apa yang kamu ketahui tentang kewirausahaan?"

Dengan gampang Putra menjawab semua soal yang diberikan oleh bu sri. Lancar tanpa ada pemenggalan kata. Dia sama Farel itu bener bener jago ekonomi, meskipun Farel selalu lebih tinggi beberapa persen, tapi kita gabisa ngeraguin kemampuan dia. Bisa dibilang juga Putra ini murid kesayangannya bu sri.

"Anjir, putra jago banget" guman Rani sambil ngeliat putra seakan akan "wah cocok nih kalo disuruh belajar ekonomi sama farel"

Bu sri tersenyum lebar, beliau merasa kalo pelajaran yang selama ini diajarkan tidak terbuang sia-sia. Ya meskipun ada beberapa murid yang bodoh dan selalu mengganggap bahwa 'ekonomi itu pelajaran yang bikin gw mikir terus sampe keluar jerawat'

Ya seperti sekarang ini, setelah 34 dari 35 murid sudah diabsen sama bu sri, kini tinggal satu orang yang belum diabsen. Siapa? Rani lah.

"Azzura fatharani shanata, apa yang kamu ketahui tentang pembangunan ekonomi?"

Mampus. Ucap Rani dalam hati, apa lagi ini? Pembangunan ekonomi? Bahkan dari bab 1 sampai sekarang sudah mau menuju bab 4 Rani sama sekali tidak mengerti pelajaran ekonomi, lksnya masih kosong, belum dikasih nama. Buku tulisnya lama lama abis bukan karena dibuat nulis, tapi disobek buat ngelap meja kalo ada air bekas marimas yang ga sengaja tumpah.

Semuanya nunggu jawaban Rani, yang duduk didepan jadi nengok semua ke arah bangku Rani. Tak terkecuali Putra, dia yang awalnya nyatet ringkasan ekonomi aja tibatiba jadi nengok ke arah Rani.

"Hehe, bentar bu 2 menit lagi" kata Rani

Sambil pura pura buka lks nyari jawaban, Rani narik narik celana Farel diikutin mimik wajahnya yang seakan akan berkata "rel bantuin dong"

"Bab 1 Halaman 3 atas sendiri" ucap farel ketus

Ternyata kelewatan, saat ini Rani sedang membuka halaman 46 yang jelas jelas sudah sangat sangat jauh dengan jawaban yang sesuai.

"Jadi gini bu, pembangunan ekonomi itu suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundament dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemeratan pendapatan penduduk suatu negara"

Bu sri ikut seneng akhirnya Rani bisa ngejawab soal dari bu sri lebih cepat daripada biasanya. Di pertemuan sebelumnya, 5/10 menit setelah bu sri memberi soal Rani akan mau menjawab, itu juga kadang sesekali salah menjawab padahal sudah dibantu oleh farel. Tapi beruntung kali ini otak Rani ingin diajak berfikir lebih cepat dan beberapa saat setelah diberi soal oleh bu sri, langsung dijawab oleh Rani.

"Tingkatkan lagi belajarmu Rani. Jangan selalu bertanya kepada Farel. Dia bukan robot"

"Iya bu"
.
.
.
.
.

Voment gais!

Putih Abu-Abu(END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang