Pulang sekolah gw buruburu nyopot sepatu dan nyari keberadaan Bunda. Setelah gw muterin rumah yang ga gede gede amat, gw nemuin Bunda yang ngasih makan siang Openg kucing gw di halaman belakang.
Openg bukan kucing ras anggora persia dan semacamnya. Openg ini kucing biasa, bahkan gw nemunya waktu dia dibawa sama mbah gendong(orang gila di daerah gw) yang lagi digendong di atas kepala. Agak miris gw liat openg waktu itu, kurus banget mana kayanya umurnya baru beberapa minggu. Gw ijin ke si mbah gendong terus dia ngeiyain dan sampe sekarang openg jadi peliharaan gw satu satunya setelah ayam jagonya Farel mati.
Udala malah bahas openg.
"BUNDAAAAAAAA RANI MENANGGGG" Teriak gw kenceng banget sambil meluk punggung Bunda yang kecil. Tapi nyaman hehe
Bunda balik badan dan ngeliat gw yang senyum lebar banget. Sambil bawa piala tadi, sertifikat, dan segala peralatan sekolah gw.
"Lomba apa?" Tanya Bunda yang. Sedikit kaget.
Tibatiba Farel datang dan ngerangkul pundak gw "Geografi Bun, hebat kan? Rani bisa mertahanin juaranya. Ga kaya Farel yang sekali ikut lomba aja cuma bisa tingkat sekolahan. Rani sampe nasional, bahkan kata kepsek piala bergilirnya udah milik sekolahan. Bangga deh sama Rani" celetuknya yang tangannya pindah jadi ngacak rambut gw
"Ck,apasi Rel lo berlebihan" kata gw sambil nyikut pinggang dia
Emang tadi gw minta ijin sama kepsek buat minjem pialanya bentar. Besok juga gw kembaliin lagi. Dan ternyata pialanya udah milik sekolahan, gw kira bakal sekali atau dua kali, ternyata sebelum gw ada kakel yang juga menang. ADUH ANJIR GW BERASA BERPENGARUH BANGET DI SEKOLAHAN.
Sombong dulu bentar, mumpung ada yang disombongin. Eheq
"Selamat ya, Bunda ikut seneng" ya meskipun ngucapinnya flat tapi gw yakin pake banget kalo Bunda itu bangga sama gw. Ya meskipun cuma 2 atau 3%
Bunda narik kita ke ruang makan setelah tadi beliau nawarin buat masak cilok sambel kacang. Kalo kata gw ma ini hadiah dari Bunda meskipun ga seberapa. Tapi gw udah seneng kok. Banget malahan
Bunda itu sayang sama gw. Tapi karena dia udah ke gep duluan larinya malah ke gengsi mau nunjukkin sayangnya ke gw.
Orang tua yang gasayang sama anaknya itu gaada. Sebenci bencinya bunda ke gw, pasti ada sedikit rasa sayangnya buat gw. Buktinya kalo bunda ga sayang sama gw mana mau dia ngasih fasilitas yang sama persis kaya punya Farel?. Kalo diitung pake otak, semua fasilitas Farel dari masuk SMA sampe sekarang bisa buat beli puluhan iphone 11pro dan naikin haji sekeluarga. Itu baru waktu dia SMA dan semuanya itu juga gw punya. Dari mulai hp,tas,laptop,kamera,baju,dan segala macemnya punya gw sama Farel itu sama merk. Cuma beda warna sama motif doang. Itu berarti Bunda sayang sama gw kan?
Gw bisa bedain kok. Mana rasa sayang, mana rasa kemanusiaan.
.
.
.
.
.Hari ini rumah gw ada syukuran kecil kecil an. Dan yang ngerayain cuma gw sekeluarga ditambah Dimas sama Putra yang tibatiba ikut ikut an acara kita.
Gapapa. Itung itung latian jadi calon mantu. AZIK AZIK JOS
Syukuran dalam rangka gw menang lomba sama kerjaan bapak yang katanya dapet untung yang lumayan.
Alhamdullilah Bapak sekarang punya pabrik batik sendiri dan Bunda ada toko baju khusus batik. Melengkapi gitu jadinya. ASOI
Syukurannya juga sederhana. Kita buat cilok bareng sama goreng ceker ayam terus minumnya boba. Gitu aja udah pada sumringah hehe
"Lo mendingan beli boba sana ah sama Dimas, gw risi Put lo tempel tempel mulu. Benalu banget sih heran" kata gw ngusir dia. Gimana engga? Dari tadi dia nempel mulu samping gw, mainin rambut gw sampe acak acak an udah kaya kesengat listrik, muka gw juga banyak tepung garagara dia yang niup tepung di depan muka gw. Emang bego banget dia udah gw maklumin.
"Sama lo aja gimana?" Tawarnya
"Gak, gw sibuk"
Tiba tiba dia ngadu ke bunda"BUNNNN RANI GAMAU BELI BOBA KATANYA MALES"
Lah anjir sejak kapan Bunda gw punya anak tukang ngerusakkin tupperware kaya dia?
"Apaan anjir bunda bunda, gada Bunda bundaan!. Sembarangan banget, udah punya bunda sendiri juga" oceh gw. Dia malah senyum sambil gandeng tangan gw"Kali kali latian jadi calon mantu"
.
.
.
.
.Sampe boba depan kantor desa, gw mesen dengan jumlah orang yang ada di rumah. 5 orang. Dan semuanya cuma abis 30ribu sedangkan Bapak ngasih ke gw 60ribu. Lumayan kali ah buat beli es cincau depan kantor pos.
Kita. Asek kita
Kita tadi kesininya jalan kaki, itung itung juga jalan jalan sore. Tempatnya juga ga jauh jauh amat jadi ya ga terlalu capek.
"Lo kalo manggil Farel biasanya gimana?" Tanya dia basa basi. Tapi basi banget asli
"Ya Farel lah, orang cuma beda berapa menit doang" jawab gw
"Kalo ke kakak kelas?" Tanyanya lagi
"Ya tinggal kakelnya. Kalo cewek gw panggil mbak, kalo cowok gw panggil mas. Lo apaan sih? Nanya gajelas banget"
"Lo lair taun?"
"2003"
"Gw lair taun?"
"2002"
"Jadi lo manggil gw?"
"Putra kan?"
"Ck, kan gw lebih tua dari lo, gimanasih?"
Apaan sih Putra, gangerti gw. Belibet banget dia ngomong heran.
"Ya gimana? Gw manggil lo mas Putra gitu?" Ucap gw santai
"Gw ga nyuruh lo manggil gw mas padahal, gw tadi cuma iseng doang. Tapi karna lo yang bilang gitu ya, yaudah. Itung itung kan biar ga durhaka sama yang lebih tua" katanya semangat
Apaansih, kemakan omongan sendiri gw.
"Jadi?"
"Mulai sekarang lo manggil gw Mas Putra. Gaada penolakan. Kalo lo ga manggil gw Mas Putra wajib traktir gw lesehan 88. Dan itu berlaku kelipatan. Deal?"
Mas putra? Canggung banget. Kita cuma beda 3bulan anjir, gw Januari tanggal 15 dia Oktober tanggal 15 juga.
"Dih kagakaga, tadi becanda doang"
"Mau nolak? Lesehan 88 sih lumayan buat ganjel perut"
Ga ga ga, udah gapapa malu. Demi menyelamatkan duit gw ini. Lesehan 88 paling murah 20ribu anj, bisa miskin gw
"Ck,iya put- MAS PUTRA" Sengaja keras. Biar dia puas.
Dia senyum setelah ngacak rambut gw pelan, terus kita jalan lagi sambil ngobrol hal yang lain yang lebih absurt. Wkwkwk
Mas putra ya? Entar juga bisa terbiasa.
.
.
.
.
.Voment!
KAMU SEDANG MEMBACA
Putih Abu-Abu(END)
HumorYang humornya dollar gausah baca tq. . . . . . Dia itu candu banget, setiap pelajaran MTK buku belakang gw selalu isinya nama dia. Namanya Yudistira Putra Adyatma. Si ketua basket yang bikin seantero sekolahan muji muji dia karena tampan. Ga salah...